DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

KISAH MOTIVASI: Sebuah Niat Kebaikan di Commuter Line

image
PenuIlustrasi suasana di dalam KRL Commuter Line, Jakarta.

ORBITINDONESIA.COM - Semalam saya naik commuter line dari Kota menuju Bogor. Penumpang tak terlalu ramai, hanya sebagian yang berdiri.
 
Saat commuter line berhenti di stasiun Gondangdia, naik seorang ibu hamil, bersama anak kecil, dan seorang ibu tua yang agaknya ibu dari perempuan hamil itu.
 
Tanpa dikomando, saya dan sekitar enam penumpang commuter line --termasuk dua penumpang wanita-- berdiri serentak dan menyilakan mereka duduk. Ibu itu tersenyum ramah, dan sempat agak kebingungan karena begitu banyak orang yang berdiri.
 
 
Sambil tersenyum mereka duduk dan tak lupa megucapkan terima kasih. Begitu duduk, mereka semua terus tersenyum. Di wajahnya tampak bahagia karena diperlakukan sangat terhormat.
 
Para penumpang yang menyaksikan pemandangan langka ini semuanya senyum senyum sendiri. Mereka saling berpandangan satu sama lain.
 
Tiga bangku masih kosong, penumpang yang duduk dan berdiri karena kedatangan saling berpandangan. Seharusnya perempuan yang juga ikut berdiri itu yang kemudian duduk tapi mereka agaknya enggan.
 
Penumpang lain, apa lagi yang sudah berdiri sejak awal, apa lagi. Sampai stasiun berikutnya bangku itu tetap kosong, sebelum kemudian diisi oleh penumpang yang baru naik.
 
Tiba tiba saya merasakan rasa nyaman yang luar biasa naik commuter line.
 
(Elza Peldi Taher) ***
 
 

Berita Terkait