DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Lebih dari 300 Ton Sampah Pantai Sukaraja Lampung Tekumpul, Berkat Pandawara dan 3700 Orang Relawan

image
Lebih dari 300 Ton Sampah Terkumpul Dari Pantai Terkotor di Lampung

 

ORBITINDONESIA.COM - Pada tanggal 10 Juli 2023, Pandawara Group mengajak masyarakat Lampung untuk membersihkan Pantai Sukaraja yang sangat kotor dan disebut-sebut sebagai pantai terkotor kedua di Indonesia.

Berkat ajakan tersebut, hampir 3700 orang ikut membantu aksi Pandawara Group membersihkan pantai Sukaraja di Lampung yang terkenal dengan tumpukan sampahnya yang memenuhi bibir pantai.

Pandawara Group dan ribuan masyarakat yang berpartisipasi berhasil mengumpulkan lebih dari 300 ton sampah dari Pantai Sukaraja di Lampung.

Baca Juga: Ajakan Pandawara Group Bersihkan Pantai Terkotor di Indonesia Berhasil, 3700 Orang di Lampung Turut Membantu

Menurut kelompok pemuda berisikan 5 orang ini, dalam satu hari mereka telah melakukan progres pembersihan dan perbaikan kurang lebih 35 persen dengan jumlah sampah yang terkumpul lebih dari 300 ton.

Kegiatan bersih-bersih ini dilakukan berawal dari ajakan Pandawara Group di media sosial yang kemudian viral dan diikuti ribuan relawan dari berbagai kalangan masyarakat khususnya sekitar lampung.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh dinas lingkungan setempat, aparat kepolisian, TNI, hingga petugas damkar yang juga ikut bergotong royong membersihkan pantai terkotor di Lampung.

Baca Juga: Ini Rekomendasi 5 Kafe di Nganjuk yang Cocok Dikunjungi Wisatawan, Bisa Buat Santai dan Bekerja sambil Ngopi

Selain itu, berbagai elemen masyarakat mulai dari mahasiswa, hingga masyarakat sekitar juga turut membantu.

Beberapa mobil truk pengangkut sampah juga ikut dikerahkan dalam kegiatan tersebut untuk membawa sampah yang telah dikumpulkan.

Meskipun sempat diguyur hujan, tak menyurutkan semangat dari ribuan orang yang memenuhi bibir pantai untuk membersihkan tumpukan sampah dengan jumlah tak terhitung.

Baca Juga: LRT Jabodebek Mulai Beroperasi Tanggal Ini, Yuk Cek Rute Resminya di Sini!

Bahkan beberapa alat berat juga ikut dikerahkan untuk mengeruk sampah yang sudah tertimbun lama di sekitar pantai.

Ratusan karung berisi sampah terlihat diangkut satu persatu ke dalam truk pengangkut sampah dengan total lebih dari 300 ton berhasil dikumpulkan.

Atas partisipasi masyarakat yang begitu banyak, Pandawara Group mengucapkan rasa terima kasihnya lewat akun Instagram mereka @pandawaragroup.

Baca Juga: Jalan Tol Cisumdawu Diresmikan Jokowi, Ini Rute dan Tarif yang Akan Diterapkan pada Oktober Mendatang

Selain itu, mereka juga berterima kasih kepada instansi pemerintah yang ikut hadir dan bersedia berkolaborasi melaksanakan kegiatan mereka tersebut.

Menurut mereka, untuk mencapai titik sempurna dalam memelihara kebersihan pantai tentunya membutuhkan waktu dan proses yang lumayan panjang.

Berdasarkan informasi yang mereka dapatkan, banyak sebab yang mengakibatkan sampah berlabuh di pantai tersebut hingga akhirnya menumpuk di bibir pantai.

Baca Juga: Menguak Misteri Masalembo: Segitiga Bermuda di Sumenep, Jawa Timur

“Terlepas dari mana sampah itu berasal, pada intinya itu semua adalah tanggung jawab kita semua,” ucap salah satu anggota Pandawara Group dalam penutupan video.

Menurut mereka, hal ini bukan menjadi ajang untuk saling memprovokasi dan saling menyalahkan.

“Daripada banyak menilai mending kita banyak aksi,” tutup anggota lainnya.

Baca Juga: Ini Dia Perbedaan LRT dan MRT! Warga Jabodetabek Harus Tahu, Jangan Sampai Tertukar

Kelompok pemuda ini juga berharap, segala permasalahan yang ada di pantai tersebut bisa terselesaikan dengan baik.***

Berita Terkait