DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Siapa yang Tidak Tahu Seblak Rafael? Di Balik Viralnya Resep Tersebut, Ada Asal Muasal yang Tak Terduga

image
Rafael Tan memberikan resep seblak yang cukup mudah di dapat dan dibuat

 

ORBITINDONESIA.COM - Beberapa waktu lalu, Seblak Rafael sangat viral di sosial media TikTok maupun Instagram karena resepnya yang sangat simpel namun menggiurkan.

Rafael Tan merupakan anggota boyband SM*SH yang pernah hits pada masanya, kini lebih aktif menjadi selebgram dan seleb TikTok yang tanpa sengaja membuat resep Seblak Rafael viral.

Lebih dikenal dengan Seblak Rafael, karena seblak tersebut dibuat oleh Rafael Tan yang kemudian viral dan rupanya asal mula seblaknya pun sangat kocak.

Baca Juga: Mantan Penyanyi Cilik Tina Toon Bagikan Foto Pernikahan Lewat Akun Instagram Pribadi: Hanya Dihadiri Keluarga

Rafael Tan yang dulu dikenal dengan ketampanannya di antara member SM*SH lainya, kini berubah drastis menjadi selebgram dengang vibes Akang Sunda yang khas.

Dalam sebuah podcast yang diunggah Deddy Corbuzier di channel YouTubenya, Rafael menceritakan asal muasal seblak viral tersebut.

Awalnya, saat ia pulang ke rumah orangtuanya di Garut, ia merasa lapar ketika tengah malam tetapi tidak ada makanan di rumahnya tersebut.

Baca Juga: Mario Teguh Diduga Lakukan Penggelapan Uang Rp 5 Miliar, Berikut Kronologinya

Ia pun akhirnya memesan makanan di warung langganannya yang buka 24 jam, namun chatnya tidak kunjung dibalas sehingga ia pun kebingungan karena rasa lapar terus menghantuinya.

Akhirnya ia pun menyerah dan menyuruh adik perempuannya memasakkan sesuatu untuknya dengan bahan seadanya di dapur karena ia sudah tak tahan dengan rasa laparnya.

Ternyata di rumahnya terdapat stok baso aci dan kerupuk putih yang biasanya dimasak dengan digoreng namun berubah fungsi menjadi direbus untuk seblak.

Baca Juga: Terungkap Praktik Pungli di Rutan KPK, Petugas Tawarkan Fasilitas yang Dilarang, Pasang Tarif Puluhan Juta

Awalnya Rafael sendiri pun tidak tahu jika kerupuk tersebut bisa digunakan sebagai seblak, namun adiknya tetap meyakinkan dia bahwa kerupuk tersebut bisa digunakan untuk seblak.

Akhirnya ia pun diberitahu cara memasak seblak tersebut oleh sang adik sehingga membuatnya berinisiatif merekam kegiatan memasak adiknya karena merasa resep tersebut unik.

Ia akhirnya merekam cara memasak seblak tersebut dan mencicipinya sambil melakukan vlog sederhana kemudian mempostingnya di sosial media.

Baca Juga: KPK Panggil Menhub Budi Karya Sumadi, Jadi Saksi Kasus Suap Proyek Jalur Kereta Api di Sejumlah Daerah

Meskipun konten tersebut dibuat tidak sengaja, rupanya video yang diunggahnya itu menjadi booming dan viral di sosial media hingga ditiru banyak orang.

Video yang diunggahnya tersebut telah ditonton lebih dari 29 juta kali di TikTok, ia bahkan dinobatkan menjadi duta seblak se-Indonesia oleh netizen.

Bukan hanya itu saja, karena viralnya seblak tersebut, ia pun sampai diajak berbincang-bincang oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Baca Juga: Profil Lengkap Mark Zuckerberg, Sang Raja Medsos Pembuat Facebook, Instagram, dan Threads

Resep tersebut juga telah dicoba oleh banyak netizen yang juga ikut me-review rasa dari seblak unik tersebut.

Cara pembuatannya pun cukup mudah, kalian hanya perlu menyiapkan kerupuk putih keriting yang biasanya di goreng dan ada di setiap warteg atau rumah makan.

Kemudian untuk bahan bumbu seblaknya gunakan cabai sesuai selera, bawang putih, dan kencur secukupnya lalu masukkan garam, gula dan penyedap rasa kemudian haluskan dan siram dengan minyak panas.

Baca Juga: Dewan Pers Apresiasi Langkah Erick Thohir Mengadukan Konten Podcast TEMPO

Setelah bumbu seblaknya siap, kalian hanya perlu mencampurkan kerupuk yang sudah direbus tadi kedalam bumbu seblak ini.

Sudahkah kalian mencoba seblak viral ini? Sangat mudah bukan?***

Berita Terkait