DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

15 Aplikasi Arah Kiblat yang Paling Akurat Untuk Kalian Download di Smartphone, Cocok Dipakai Saat Bepergian

image
aplikasi penunjuk arah kiblat yang bisa kalian download di smartphone

 

ORBITINDONESIA.COM - Bagi kalian yang beragama Islam, mengetahui arah kiblat sebelum melaksanakan shalat adalah hal yang wajib untuk diketahui apalagi saat bepergian jauh dan tidak menemukan mushola atau masjid.

Di jaman modern dan serba canggih seperti sekarang, menentukan arah kiblat bukanlah persoalan yang sulit karena hanya dengan menggunakan smartphone, kalian sudah mendapatkan petunjuk yang akurat.

Dengan berbagai aplikasi penunjuk arah kiblat yang tersedia di Play Store atau App Store di smartphone, kalian bisa memilih salah satunya untuk digunakan saat menentukan arah kiblat.

Baca Juga: Profil Martin Hadi Susanto, Pelatih Paskibra di Sumatra Selatan, Paksa 13 Siswa Sodomi Dirinya

Arah kiblat, didasarkan pada titik lokasi Kabah yang berada di Masjidil Haram, Kota Makkah yang ditarik lurus dengan perhitungan tertentu sehingga dimanapun kita berada, shalat kita tetap menghadap ke satu arah kiblat yaitu Ka’bah.

Berikut adalah beberapa daftar aplikasi yang dapat memberitahu arah kiblat dengan akurat dan cocok digunakan saat bepergian:

1. Muslim Pro

Baca Juga: Segitiga Bermuda di Perairan Masalembo: Antara Mitos dan Sains

Aplikasi Muslim Pro merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan oleh banyak umat Islam di Indonesia karena diciptakan untuk kalian yang ingin jadi seorang Muslim 'profesional' alias lebih baik.

Saat kalian bepergian ke tempat asing dan kebingungan mencari arah kiblat, tentunya kalian bisa menggunakan aplikasi ini karena fiturnya sangat cocok dan akurat dalam menentukan arah kiblat.

Selain menentukan arah kiblat, aplikasi ini juga mempunyai fitur yang lengkap seperti pengingat shalat dan waktu adzan serta ada juga pengingat waktu berpuasa seperti imsak dan iftar selama bulan Ramadhan.

Baca Juga: Profil Lengkap Mark Zuckerberg, Sang Raja Medsos Pembuat Facebook, Instagram, dan Threads

Selain itu, fitur lain seperti Al Quran beserta tajwid, tasbih digital, kalender Hijriyah, dan masih banyak lagi bisa kalian dapatkan di aplikasi yang bisa di download secara gratis ini.

2. Salaam

Salaam merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh PT Samsung Electronics Indonesia dan menjadi aplikasi pengingat sholat pertama di Indonesia.

Baca Juga: Terungkap Praktik Pungli di Rutan KPK, Petugas Tawarkan Fasilitas yang Dilarang, Pasang Tarif Puluhan Juta

Fiturnya pun terbilang cukup banyak, seperti Al-Quran digital, jadwal shalat, penunjuk arah kiblat, konten harian dan kontekstual berisi hadits, doa, ayat dan kontekstual berdasarkan kalender hijriyah, hingga panduan haji dan umroh.

Aplikasi arah kiblat ini menggunakan Alquran versi digital yang telah mendapatkan Sertifikat Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

3. Qibla Finder

Baca Juga: KPK Panggil Menhub Budi Karya Sumadi, Jadi Saksi Kasus Suap Proyek Jalur Kereta Api di Sejumlah Daerah

Sesuai dengan namanya, ‘Qibla Finder’ tentunya dapat membantu kamu melacak lokasi Ka’bah dan menentukan arah kiblat yang akurat.

Selain itu, kalian juga dapat menemukan kalender hijriyah di aplikasi ini dan yang unik, kalian juga bisa memilih tema desain saat menggunakan aplikasi pencari kiblat ini.

4. Arah Kiblat 100%

Baca Juga: Kapan Tradisi Malam Satu Suro di Tahun 2023 Dilaksanakan? Simak Informasi Lengkapnya di Sini

Aplikasi arah kiblat ini menggunakan fitur GPS yang akan membantu kalian menentukan arah kiblat dengan akurasi tinggi sehingga bisa digunakan saat mengunjungi tempat baru.

5. Kiblat Kompas, Arah Kiblat Tekad, Kiblat Sholat

Aplikasi yang dikenal dengan nama Kiblat Kompas ini menawarkan penggunanya fitur penunjuk arah kiblat shalat yang diklaim akurat karena menggunakan algoritma terbaik untuk menemukan arah kiblat online di semua kota di penjuru dunia.

Baca Juga: Sinopsis Film Barbie, Akting Ryan Gosling yang Memukau Dibalut Serba Pink: Simak Jadwal Tayang di Bioskop

Selain penunjuk arah kiblat, aplikasi ini juga memilii beberapa fitur lain seperti Quran, Asmaul Husna, kumpulan hadits, dan masih banyak lagi.

6. Qibla Compass: A Minimal Qibla Direction Locator

Qibla Compass juga layak jadi salah satu pilihan aplikasi penunjuk arah kiblat shalat yang bisa kamu install di smartphone kalian yang juga bisa digunakan secara offline, namun untuk tetap bisa melakukan fungsinya, kalian harus tetap mengaktifkan GPS.

Baca Juga: Cara Menentukan Arah Kiblat Secara Manual Hingga Pakai Alat Canggih, Cocok Jika Sedang Bepergian atau Tersesat

Aplikasi yang dikembangkan oleh developer Naaz Apps ini memungkinkan kamu untuk bisa menemukan arah kiblat online yang akurat dan secara otomatis mendeteksi lokasi kamu berada.

Selain itu, aplikasi Qibla Compass ini juga memiliki tampilan antar muka yang sangat simpel sehingga mudah untuk digunakan oleh berbagai kalangan usia.

7. Arah Kiblat Indonesia

Baca Juga: Matahari Akan Berada Tepat di Atas Kabah, BMKG Ajak Cek Kembali Arah Kiblat, Ini Waktu dan Cara Kalibrasinya

Aplikasi arah kiblat ini sangat spesifik yang dibuat khusus untuk menentukkan arah kiblat bagi orang Indonesia, bahkan fitur kompas di sebelah pencari kiblat ini bisa digunakan tanpa memerlukan internet dan GPS.

8. Prayer Times and Qibla

Tak hanya menentukan arah kiblat, namun aplikasi satu ini juga bisa menjadi pengingat waktu sholat yang juga mendukung beberapa bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Baca Juga: Bocoran Sinopsis Drakor King the Land Episode 9, Emosi Cheon Sa Rang Pecah dan Bertengkar dengan Gu Won

9. Qibla Connect Find Direction- Prayer, Azan, Quran

Sesuai dengan namanya, Qibla Connect memang punya fitur utama yang akan membantu kalian menemukan arah kiblat shalat yang diklaim sebagai yang terbaik dan akurat.

Aplikasi ini mampu menunjukkan arah kiblat dengan akurasi tingkat tinggi meski kalian berada di pegunungan maupun di medan asing sekalipun, bahkan aplikasi ini juga bisa menampilkan jarak lokasi kalian ke Ka’bah dalam satuan kilometer.

Baca Juga: PSM Makassar Raih Kemenangan Perdana di BRI Liga 1 Musim Ini Usai Taklukkan Persikabo 1973

Fitur lain dari aplikasi ini yang juga sangat membantu adalah adanya pengingat waktu shalat yang secara otomatis akan menyesuaikan dengan lokasi kalian saat itu.

10. Jadwal Sholat, Kiblat & Adzan

Jadwal Sholat, Kiblat & Adzan adalah salah satu aplikasi untuk umat Muslim yang memiliki fitur cukup lengkap seperti namanya.

Baca Juga: PSM Makassar Raih Kemenangan Perdana di BRI Liga 1 Musim Ini Usai Taklukkan Persikabo 1973

Aplikasi ini bisa menentukan arah kiblat, memiliki perhitungan jadwal adzan dan shalat yang diklaim sangat akurat.

11. Waktu Adzan & Kiblat

Hampir serupa dengan rekomendasi aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga memiliki fitur yang menarik dan komplit seperti penunjuk arah kiblat, jadwal waktu shalat, kalender Hijriyah, suara adzan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Gol Cantik Bagas Kaffa Bungkam PSS Sleman di Pekan Ketiga BRI Liga 1

Menariknya, aplikasi ini memiliki fitur yang memungkinkan HP beralih ke mode sunyi secara otomatis pada waktu salat berlangsung.

12. Visual Qiblah.

Visual Qiblah menjadi aplikasi yang begitu menguntungkan banyak umat Islam, pasalnya aplikasi arah kiblat ini menghitung arah kiblat dari arah utara yang akurat dan mampu memberikan informasi tambahan soal arah kiblat.

Baca Juga: Survei Indostrategic: Elektabilitas PDI Perjuangan Masih yang Tertinggi

Aplikasi arah kiblat ini bahkan menggunakan rumus menghitung arah kiblat secara akurat untuk jarak 0,5 mm di bumi yang juga mendukung berbagai pilihan bahasa, mulai dari Indonesia, Turki, Rusia dan Prancis.

13. Muslim: Aplikasi Adzan, Kiblat

Aplikasi kiblat satu ini tidak hanya menunjukkan arah kiblat, tetapi juga dilengkapi Dzikir, Pesan Jumat, Hadis, Masjid Terdekat, Doa, dan Surat Al Quran.

Baca Juga: Anime Jujutsu Kaisen Season 2, Inilah Toji Fushiguro Si Pembunuh Bayaran Jadi Lawan Satoru Gojo yang Terkuat

Kamu bisa menentukan arah dengan cara yang paling akurat dengan kompas kiblat yang ada pada aplikasi ini. Aplikasi ini bisa digunakan tanpa koneksi internet.

Jadi, kamu bisa mencari arah kiblat kompas di tempat yang tidak disertai jaringan internet.

Saat menggunakannya, kamu direkomendasikan untuk meletakkan HP-mu secara horizontal pada permukaan yang datar. Jangan lupa untuk menjauhkan HP dari medan elektromagnetik agar hasilnya lebih akurat.

Baca Juga: Sinopsis dan Link Streaming nonton Anime Record of Ragnarok Season 2, lanjutan misi menyelamatkan manusia

14. Find Qibla Pro

Aplikasi arah kiblat ini menunjukkan arah kiblat dengan visualisasi kompas yang cantik, dan untuk bisa memastikan presisi kompas, kamu bisa memeriksa ikon matahari di dial kompas.

15. Islamic Compass Qibla Direction

Serupa dengan Find Qibla Pro, aplikasi arah kiblat ini akan membantumu menemukan arah kiblat dengan menggunakan kompas yang didukung fitur GPS pada smartphone dan juga bisa mengubah tema aplikasi ini sesuka hati. ***

Berita Terkait