DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Tes Tahap II Sudah Dimulai, TBI BUMN Jadi Trending, Tanggapan Peserta: Susah, Teksnya Panjang Banget

image
Online Tes Tahap II Sudah Dimulai, TBI BUMN Jadi Trending, Ini Tanggapan Peserta

 

ORBITINDONESIA.COM - Mulai tanggal 16 Juli hingga 18 Juli online tes tahap II Rekrutmen Bersama BUMN 2023 diadakan untuk pelamar lulusan D3, D4, S1 dan S2 dimana jenis tes yang dilakukan adalah tes Bahasa Inggris atau TBI.

Sedangkan untuk pelamar lulusan SMA, online tes tahap II Rekrutmen Bersama BUMN 2023 akan dilaksanakan pada tanggal 20 Juli dengan jenis tes yaitu tes akhlak.

Hari pertama online tes telah dilaksanakan pada hari Minggu, 16 Juli 2023 dimana beberapa orang telah membagikan pengalamannya melakukan TBI BUMN yang dianggap sulit oleh para peserta.

Baca Juga: Perhatikan Hal Ini Ketika Melakukan Tes Online Tahap 2 Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Berbagai komentar dan keluh kesah para peserta pasca-tes dicurahkan lewat cuitan di Twitter hingga menjadi trending topik di Indonesia.

Tak sedikit yang merasa soal TBI BUMN ini sangat sulit dan dianggap diluar nalar karena para peserta dibuat pusing olehnya.

Banyak yang membandingkan TBI BUMN ini lebih sulit dari tes bahasa Inggris lainnya seperti Toeic, IELTS, bahkan TOEFL.

Baca Juga: Budi Arie Setiadi Resmi Dilantik Jadi Menkominfo Gantikan Johnny G Plate, Jokowi Minta Proyek BTS Dituntaskan

“Kirain gue doang yang bego, gue tes TOEFL nyampe 577, ini TBI Cuma 356,” tulis akun @cinaminth yang menyebutkan skor nilainya.

Selain itu, ada juga yang membagikan cara mereka mengerjakan soal dengan pasrah dan asal pilih saking susahnya sambil mengirim beberapa meme menangis.

“Aku di sepanjang TBI cap cip cup kembang kuncup doang wealahhh,” cuit akun @cincauenak07 disertai gambar meme menangis.

Baca Juga: Demam TikTok Shop, Begini Keunggulannya Dibandingkan Shopee, Mulai dari Live Streaming hingga Jumlah Pengguna

Ada pula yang menyarankan bahwa tes ini seharusnya diuji dulu kelayakannya sebelum pelaksanaan.

“Kalau bisa, tester BUMN itu uji kelayakan soal dulu. Kalau mereka bisa baru di testkan. Mbok buat soal ngalor ngidul, buat kunci jawaban tinggal liat literatur,” kritik akun @ErnstRynld mengenai soal test yang diluar nalar.

Banyak juga yang mengeluhkan bahwa soal TBI BUMN ini memiliki teks yang sangat panjang sehingga sangat menyita waktu ketika membaca dan memahami soal tersebut.

Baca Juga: Ini Biaya yang Harus Dikeluarkan Untuk Bisa Nikmati Fasilitas Mewah Icon of The Seas, Kapal Terbesar di Dunia

Beberapa peserta bahkan menyarankan agar diberi tambahan waktu ujian karena teksnya yang panjang ini membuat mereka menghabiskan banyak waktu hanya untuk beberapa soal saja.

“Kondisi setelah ngerjain TBI BUMN. Kalau bacaannya panjang tambahin dong waktunya,” tulis akun bellaks99.

Walaupun banyak yang mengeluhkan soal TBI BUMN yang sulit dan teks nya yang sangat panjang, namun masih banyak orang yang lolos meskipun soal ini sulit.

Baca Juga: Penjelasan Karakter Avalo Pizarro, Tahanan Impel Down yang bergabung dengan Blackbeard di Manga One Piece

Mereka yang lolos pun mengatakan bahwa tes kali ini memang benar-benar sulit sehingga bisa melewati nilai minimum pun sudah sangat bersyukur walaupun entah akan tersingkir atau tidak oleh peserta lain di penyaringan berikutnya.

Nilai minimun TBI BUMN tahun ini adalah 450, sehingga untuk peserta yang ingin lolos seleksi online tahap II ini setidaknya harus melampaui angka tersebut.***

Berita Terkait