DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Demam TikTok Shop, Begini Keunggulannya Dibandingkan Shopee, Mulai dari Live Streaming hingga Jumlah Pengguna

image
Jualan Live Streaming TikTok Shop Lebih Cuan Ketimbang Shopee

ORBITINDONESIA.COM - Berjualan secara live streaming di TikTok Shop kini menjadi alternatif bagi masyarakat yang ingin menjajakan barang jualannya secara online di media sosial (medsos).

Berjualan di TikTok Shop dinilai memberikan banyak keuntungan bagi penjual maupun pembeli dibandingkan dengan pendahulunya, semisal Shopee.

Penjual dan pembeli di TikTok Shop dapat terlibat interaksi aktif lewat saluran live streaming.

Baca Juga: WAH, TikTok Shop Bikin Penjual Banjir Uang Ratusan Juta Rupiah Daripada Jualan di Shopee, Ini Kata Seller

Fitur tersebut memungkinkan untuk penjual menawarkan barang yang dijual secara lebih interaktif.

Dari sisi pembeli, hal tersebut dapat membuat pembeli mengetahui detil barang yang dijual.

Di samping itu, TikTok Live Streaming memiliki jumlah pengguna yang besar.

Baca Juga: Geser Kejayaan Shopee, Ini Fakta Menarik dari TikTok Shop untuk Penjual dan Pembeli

Dalam rilis yang dilakukan perusahaan e-logistik Ninja Van pada November 2022 lalu, live streaming TikTok menempati urutan pertama dalam survei dengan torehan 27,5 persen mengalahkan Shopee yang berada di urutan kedua.

Survei tersebut dilakukan terhadap 316 pedagang market place dimana satu dari tiga responden menggunakan fitur live streaming seperti TikTok sebagai platform tempat mereka jualan online.

Tak hanya itu, responden yang terlibat dalam survei tercatat aktif berjualan beberapa komoditas seperti skin care, perlengkapan kecantikan, baju, aneka makanan dan minuman, bahkan hingga beragam isi perlengkapan rumah.

Baca Juga: VIRAL, Ini Kelebihan TikTok Shop Dibandingkan Shopee: Belanja Bisa, Nonton Konten Hiburan Juga Bisa

Di sisi lain, pengguna TikTok di Indonesia sebagian besar adalah anak muda atau Generasi Z.

Hal tersebut membuat penjual di TikTok Shop berpotensi mendapatkan pasar yang lebih besar di bandingkan pada platform belanja online lainnya.

Di samping itu, aturan 1.000 followers sebagai syarat untuk melakukan live streaming di TikTok justru menjadi verifikasi penting sekaligus meningkatkan tingkat kepercayaan calon customer terhadap akun si penjual.

Baca Juga: Budi Arie Setiadi Resmi Dilantik Jadi Menkominfo Gantikan Johnny G Plate, Jokowi Minta Proyek BTS Dituntaskan

Aturan ini berbeda dengan Shopee yang memungkinkan akun baru sekalipun untuk melakukan live streaming tanpa syarat minimal followers.

Lalu dalam hal interaksi, live streaming TikTok juga mempermudah penjual dan customer dalam tanya jawab seputar produk dengan adanya fitur Q&A secara real time dan tidak mengganggu tampilan.

Itulah uraian keunggulan TikTok Shop yang menjadi alternatif belanja online di Indonesia.***

Berita Terkait