DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

UPDATE Kecelakaan Kereta Api Brantas: Satu dari Dua Jalur KA yang Tertutup Akhirnya Dibuka

image
Kecelakaan di Lintasan Rel Kereta Api Brantas yang Menabrak Truk Hingga Meledak

ORBITINDONESIA.COM - Salah satu jalur dari dua jalur KA yang tertutup akibat kecelakaan Kereta Api Brantas di perlintasan sebidang Madukoro Raya, Semarang Barat, Kota Semarang atau JPL 6 Km 1+523 petak jalan Jerakah - Semarang Poncol, akhirnya dapat dilalui KA, Selasa, 18 Juli 2023.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Ixfan Hendri Wintoko menyampaikan bahwa pada pukul 22.18 WIB, salah satu jalur KA sudah berhasil dilakukan normalisasi pascakecelakaan Kereta Api Brantas.

“Bakalan Truck Tronton yang menghalangi jalur hilir kereta api sudah dievakuasi, sehingga perjalanan KA dapat kembali normal,” ungkapnya terkait dengan normalisasi jalur KA pascakecelakaan Kereta Api Brantas.

Baca Juga: KRONOLOGI TERLENGKAP Kecelakaan Kereta Api Brantas di Semarang, Sopir Truk Sempat Minta KA Berhenti

Sementara itu, untuk jalur lainnya, yakni jalur hulu saat ini sedang proses evakuasi dengan membebaskan lokomotif dari bakalan sisa truck yang ada di depan lokomotif.

Kereta Api Brantas sendiri, lanjutnya, sudah diberangkatkan kembali dari Stasiun Jerakah pukul 22.23 WIB dengan keterlambatan selama 147 menit.

Meski jalur sudah dapat dilalui dengan kecepatan terbatas, masih terdapat beberapa KA yang mengalami keterlambatan karena menunggu antrian.

Baca Juga: Kereta Api Brantas Tabrak Truk Mogok di Semarang hingga Tutup 2 Jalur, PT KAI: Kami Minta Maaf

Saat ini terdapat 10 KA lainnya yang mengalami keterlambatan, yaitu KA 178 Kamandaka sebanyak 126 menit, KA 199F Kaligung 140 menit, KA 111 Brantas 86 menit, KA 129 Gumarang 115 menit, KA 220 Kertajaya 87 menit, KA 20F Argo Merbabu 107 menit, KA 160 Joglosemarkerto 74 menit, KA 58 Brawijaya 66 menit, KA 125 Harina 2 menit, dan 200F Kaligung 2 menit.

Dia menerangkan, pihaknya terus berupaya semaksimal mungkin untuk dapat menormalkan kembali seluruh jadwal perjalanan kereta api.

"KAI selalu berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan KA," tuturnya.

Baca Juga: Update Kecelakaan Kereta Api Brantas: Bagaimana Nasib Sopir Truk yang Hancur? Ternyata Sempat Lakukan Hal Ini

Selain ituz Ixfan juga mengatakan, KAI akan melakukan evakuasi menggunakan bus dan minibus selama terjadinya gangguan kepada seluruh pelanggan yang perjalanan KA nya terganggu.

Sebagai bentuk kompensasi kepada pelanggan, lanjutnya, KAI juga memberikan service recovery berupa minuman dan makanan ringan kepada para pelanggan yang perjalanan KA nya terdampak.

"KAI memohon maaf kepada seluruh pelanggan kereta api atas keterlambatan yang terjadi. Saat ini KAI sedang berupaya secara maksimal agar jalur KA dapat dilalui normal dan perjalanan kereta api kembali normal," tutup Ixfan.

Baca Juga: NGERI, Kereta Api Brantas Tabrak Truk Tronton Hingga Hancur di Semarang, Bagaimana Nasib Masinisnya?

Sebagaimana telah diberitakan, Kereta Api Brantas menabrak truk tronton yang mogok di tengah rel perlintasan sebidang Madukuro Raya.

Akibat tabrakan tersebut, truk meledak dan terbakar.

Sejumlah jadwal perjalanan kereta api juga terhambat.***

Berita Terkait