DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Sopir Truk Kontainer Terobos Perlintasan Kereta Api di Jember Terancam Pidana, Ini Pasal yang Digunakan KAI

image
Sopir Truk Kontainer Terobos Perlintasan Kereta Api di Jember Terancam Pidana, Ini Pasal yang Digunakan KAI

ORBITINDONESIA.COM- Sopir truk kontainer yang menerobos perlintasan kereta api (KAI) di Kabupaten Jember kini terancam hukuman pidana.

Aksi nekat sopir truk kontainer menerobos perlintasan kereta api membuat kereta harus berhenti mendadak. Peristiwa tersebut terjadi di perlintasan nomor 125 petak jalan antara Stasiun Rambipuji – Bangsalsari, Kamis 20 Juli 2023.

Pelaksana Harian Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Anwar Yuli Prastyo mengatakan, pihaknya telah melaporkan sopir truk kontainer ke polisi. Berikut pasal yang digunakan untuk menjerat sopir.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Baca Juga: Saiful Huda Ems: Terbenturlah dan Kau Akan Terbentuk

Disebutkan dalam Pasal 296 UU 22 Tahun 2009, pelaku penerobos palang pintu kereta bisa dikenakan sanksi pidana penjara selama tiga bulan. Atau denda maksimal Rp750.000,” kata Anwar.

Sopir truk kontainer dijerat dengan Pasal 124 Undang-undang (UU) 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian, Pasal 114 UU 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) dan Pasal 6 PM 36 Tahun 2011 tentang Perpotongan dan/atau Persinggungan Jalur Kereta Api dengan Bangunan Lain

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Disebutkan bahwa pada perlintasan sebidang pemakai jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api atau kereta api diberikan prioritas berlalu lintas.

Baca Juga: Prediksi Skor Pertandingan PSS Sleman vs PSIS Semarang di Pekan ke 4 BRI Liga 1: Live dari Stadion Maguwoharjo

“KAI Mengimbau saat sirine sudah berbunyi, atau palang pintu sudah mulai ditutup," katanya.

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Akibatnya, palang perlintasan kereta api patah akibat peristiwa tersebut.

"Lebih baik berhenti dan menunggu hingga kereta api melintas. Kita bersabar menunggu kereta lewat yang hanya 5 menit, tapi dampaknya dapat menyelamatkan diri kita dan orang lain,” tutup Anwar.

Baca Juga: Dijamin Betah, 5 Coworking Space di Jakarta Selatan Sangat Nyaman untuk Bekerja dengan Fasilitas Lengkap

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Melihat kondisi tersebut, petugas penjaga perlintasan segera berlari menuju arah datangnya kereta api sambil memperlihatkan semboyan kepada masinis untuk menghentikan kereta apinya.

Setelah KA Logawa berhenti, petugas penjaga pintu perlintasan memerintahkan supir untuk membebaskan truck yang dibawanya dari jalur kereta api.

Setelah jalur kereta api aman, KA logawa kembali berangkat dari kilometer pukul 06.25 WIB, melintas di lokasi dengan kecepatan terbatas sambil dipandu oleh petugas pintu perlintasan.

Baca Juga: Jadi Juri Zayed Award 2024, Megawati Diwawancarai Radio Vatikan

Selanjutnya Polsuska membawa tuck kontainer tanpa muatan dan supir nya tersebut ke Polsek Rambipuji untuk diproses secara hukum.***

Berita Terkait