DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Adanya Suporter Nekat Datang, Persebaya Hingga Arema dan Persik Kediri Kena Sanksi dari Komdis PSSI

image
Komdis PSSI berikan sanksi kepada empat klub peserta BRI Liga 1 karena lalai suporter mereka hadir di stadion dalam laga tandang

 

ORBITINDONESIA.COM – Sidang Komite Disiplin PSSI (Komdis PSSI) kembali mengeluarkan sanksi kepada empat tim peserta kompetisi BRI Liga 1.

Hal ini berdasarkan hasil laporan dan sidang Komdis PSSI yang digelar pada Kamis 20 Juli 2023 dengan menghasilkan beberapa keputusan.

PSIS Semarang menjadi tim pertama yang mendapatkan sanksi hukuman pasca laga pekan ketiga BRI Liga 1 ketika melawan Persebaya Surabaya yang digelar di Stadion Jatidiri, pada Minggu 16 Juli 2023 lalu.

Baca Juga: Komdis PSSI Hukum Muhammad Tahir Dan Asep Berlian Akibat Pelanggaran yang Dilakukannya

Panitia pelaksana pertandingan PSIS Semarang dianggap gagal menghalau datangnya suporter Persebaya Surabaya yang bertandang ke Stadion Jatidiri Semarang.

Akibat kelengahan ini, Komdis PSSI menghukum PSIS Semarang dengan denda sebesar Rp25 juta.

Persebaya Surabaya pun tidak luput dari hukuman Komdis PSSI karena supoter mereka hadir dalam laga tersebut.

Baca Juga: Hasil Pekan Keempat BRI Liga 1, PSS Sleman Berbagi Angka dengan PSIS Semarang

 

Akibat tidak mampu menahan suporter mereka datang, Persebaya Surabaya kena denda dari Komdis PSSI sebesar Rp25 juta.

Dua tim lainnya yang mendapatkan hukuman dari Komdis PSSI berasal dari Jawa Timur yaitu Persik Kediri dan Arema FC.

Keduanya bentrok pada laga ketiga BRI Liga 1 yang digelar pada 15 Juli 2023 lalu di Stadion Brawijaya, Kediri.

Baca Juga: Ini Lagu yang Dinyanyikan Cakra Khan Hingga Raih Standing Ovation dari Juri America's Got Talent 2023

Seperti kita ketahui, dalam laga tersebut terjadi kericuhan di tribun penonton, karena ada kabar terdapat supoter Arema FC yang memaksakan hadir langsung di stadion untuk mendukung timnya.

Mendengar kabar tersebut, supoter Persik Kediri pun tidak terima dan terjadilah kericuhan yang tidak bisaa terhindarkan.

Diperkirakan ada sekitar 25 supoter Arema FC yang hadir dalam laga tersebut dan akhirnya dievakuasi oleh pihak Kepolisian setempat.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Film Oppenheimer: Kisah Nyata Penyesalan Sang Bapak Penemu Bom Atom

Sanksi berlipat pun diberikan Komdis PSSI kepada Persik Kediri yang menilai adanya penganiayaan dan perkelahian supoter di Tribun Timur Stadion Brawijaya.

Akibat insiden memalukan ini, Persik Kediri harus menutup sebagian tribun tepatnya Tribun Timur yang menjadi tempat kejadian perkara dalam satu pertandingan terdekat.

Selain menutup Tribun Timur, denda pun harus dibayarkan oleh Persik Kediri sebesar Rp25 juta.

Baca Juga: Catat, Daftar Harga Tiket 15 Bioskop XXI Film Oppenheimer yang dibintangi Matt Damon di Kota Tangerang

Arema FC pun tidak luput dari hukuman Komdis PSSI, karena lalai membiarkan suporter mereka hadir dalam laga tersebut. Komdis PSSI pun menghukum Arema FC dengan denda sebesar Rp 25 juta.

Untuk diketahui, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir tegaskan bahwa kompetisi BRI Liga 1 musim ini masih melarang kedatangan suporter tamu.

Maksud dari larangan kedatangan supoter tamu tersebut untuk meminimalisir potensi kericuhan yang ada di Stadion saat laga pertandingan berlangsung atau diluar stadion.

Baca Juga: 15 Quotes Terbaik Sang Fisikawan Pencipta Bom Atom dalam Film Oppenheimer Lengkap dengan Artinya

Karena sampai saat ini sepak bola Indonesia masih dalam pantauan penuh FIFA, dan kemungkinan bisa mendapatkan hukuman dari FIFA bila kembali terjadi insiden laga Persik melawan Arema FC. ***

Berita Terkait