DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Survei Indikator Politik: Pemilih Erick Thohir untuk Maju Jadi Cawapres Didominasi Generasi Z dan Milenial

image
Erick Thohir.

ORBITINDONESIA.COM - Menteri BUMN Erick Thohir tetap stabil sebagai pilihan teratas untuk menjadi calon wakil presiden (Cawapres) mengungguli tokoh lainnya menurut survei terbaru Indikator Politik Indonesia.

Calon pemilih yang menentukan Erick Thohir sebagai  pilihan adalah mereka yang datang dari generasi z dan milenial.

“Dalam berbagai simulasi nama, Erick Thohir didukung oleh generasi muda,” kata peneliti utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi di Jakarta, Minggu 23 Juli 2023.

Baca Juga: Burhanuddin Muhtadi Indikator Politik: Erick Thohir Punya Daya Ungkit Elektabilitas 4 Persen kepada Capres

Menurut Burhanuddin, 26,5 persen responden yang berusia 17-26 tahun atau generasi z menilai bahwa sosok paling pantas untuk menjadi Cawapres adalah Erick Thohir. Begitu juga dengan 20,7 persen dari kelompok milenial atau mereka yang berusia 27-42 tahun memilih Erick.

Pada kesempatan tersebut Burhanuddin memaparkan survei nasional Indikator tentang Kepemimpinan Nasional dan Dinamika Elektoral Jelang 2024 di Mata Generasi Muda.

Menurut Burhanuddin, pemilih muda dibawah usia 40 tahun sangat penting nilainya dalam konstelasi politik Indonesia ke depan, karena jumlahnya mencapai 107 juta orang dari 204 juta penduduk Indonesia. Jadi totalnya melampaui 50 persen lebih.

“Isu menarik karena pemilih muda yang membesar itu cenderung diabaikan oleh partai politik, anak muda sering dijadikan alat mobilisasi awal, tetap partai politiknya dikuasai angkatan tua. Sehingga anak muda kurang terkoneksi dengan partai politik,” ujarnya.

Baca Juga: Ketum PSSI Erick Thohir dan Wali Kota Gibran Jalan Sehat Bareng, Langsung Diserbu Warga

Burhanuddin menyebutkan pada waktu Erick Thohir diunggulkan oleh generasi muda, cawapres lain cenderung disukai oleh generasi yang lebih senior.

Ridwan Kamil lebih banyak disukai oleh generasi x (berusia 43-58 tahun), sebanyak 16,9 persen dari total responden generasi x.

Agus Harimurti Yudhoyono cenderung disukai oleh kaum baby boomers (pemilih berusia 59–79 tahun) sebanyak 16,1 persen dari responden baby boomers.

“Pada simulasi 5 nama, Erick Thohir unggul didukung oleh generasi muda. Ridwan Kamil unggul di Gen X. Polanya tidak berubah. Laki-laki kebanyakan mendukung Erick Thohir karena ada kaitannya dengan upayanya mengangkat persepakbolaan Indonesia. Pemilih perempuan terbagi memilih Khofifah, Ridwan Kamil, dan Sandiaga Uno,” ujarnya.

Baca Juga: Ipsos Public Affairs: Erick Thohir Paling Tinggi Elektabilitasnya dan Paling Rendah Resistensinya

Dalam survei yang sama, Burhanuddin juga menunjukkan bahwa dalam bursa Cawapres, nama Erick Thohir semakin stabil di posisi teratas. Itu berlaku untuk seluruh simulasi nama, baik 22 nama cawapres, 17, 10, 5, hingga 3 nama.

Dalam survei tersebut, Indikator Politik Indonesia menggunakan metode survei face to face interview. Dengan demikian, survei ini sudah memasukan penduduk yang tidak memiliki telepon (sekitar 17 persen dari total bakal calom pemilih), sehingga lebih lengkap dibandingkan survei yang berbasiskan telepon.

Ada 1.200 responden yang dimintai pendapatnya dalam survei ini  dengan proporsional pada setiap provinsi. Mereka adalah para calon pemilih para Pemilu 2024 yaitu berusia 17 tahun, atau sudah menikah. Dengan margin error sekitar 2,9 persen.

Survei ini secara khusus mengkategorikan responden berdasarkan generasinya. Dimana terdapat pengelompokkan generasi interwar atau yang berusia 80 tahun ke atas, baby boomers usia 59-79 tahun, Gen X berusia 43-58 tahun, generasi milenial berusia 27-42 tahun, dan 17–26 Tahun yang punya hak Pilih sebagai Gen Z. ***

Berita Terkait