DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Profil Cillian Murphy, Sosok Aktor Cool Film Peaky Blinder yang Kini Main di Oppenheimer

image
Profile Cillian Murphy, Aktor Cool yang Kini Main Di Film Oppenheimer

ORBITINDONESIA.COM - Pecinta film layar lebar tentu sudah tidak asing dengan nama Cillian Murphy yang dikenal di film Peaky Blinder.

Aktor Cillian Murphy dikenal sebagai sosok yang cool, tampan dan keren. Ia sering kali menjadi bintang utama di dalam film yang dimainkannya, terbaru di film Oppenheimer.

Berikut profil Cillian Murphy. Ia lahir di Douglas, Country Cork, Irlandia pada tahun 1976. Ayahnya, Brendan Murphy, bekerja di Departemen Pendidikan Irlandia.

Baca Juga: Pilkada Solo: Kaesang Pangarep Bikin Target Menangkan Calon yang Diusung PSI

Baca Juga: Jangan Sampai Ketinggalan, Inilah perkiraan Akhir Jadwal Tayang Film Oppenheimer di Bioskop XXI

Sedangkan ibunya bekerja sebagai guru bahasa Perancis. Murphy juga memiliki tiga orang adik laki-laki.

Murphy kecil bersekolah di Presentation Brother College di Cork, Irlandia. Setelah itu, Murphy melanjutkan studinya di University College Cork jurusan ilmu hukum, namun dia keluar dari universitas tersebut satu tahun kemudian.

Baca Juga: Liga 1: Pertandingan Bali United Melawan Persib Bandung Dipindah ke Training Center Tanpa Penonton

Sebelum aktif bermain film dan menjadi aktor papan atas, Murphy sangan tertarik dengan dunia musik. Dia sering bermain gitar di berbagai band lokal dan mendirikan band rock bersama teman-temannya.

Baca Juga: Koalisi Masyarakat Sipil Kritik KPK Minta Maaf ke TNI Perihal Korupsi Basarnas

Ketertarikan Murphy terhadap dunia film dimulai ketika dia baru saja lulus dari Universitas.

Baca Juga: Di World Water Forum di Bali, Sandiaga Uno: Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Siapkan Indonesia Pavilion

Murphy bergabung bersama perusahaan Teater Corcadorca di Cork. Di sana pula dia pertama kali bermain film berjudul "Disco Pigs" dan langsung menjadi pemeran utama.

Peran demi peran berdatangan silih berganti di tahun-tahun berikutnya, termasuk adaptasi dari film pertamanya "Disco Pigs".

Baca Juga: Polemik Korupsi di Basarnas, Usai TNI Tak Terima, Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur Mengundurkan Diri

Baca Juga: Yang Tercecer Di Era Kemerdekaan (7): Wahidin dan Rel Kereta Api Kematian

Namun, film yang membuat nama Murphy besar adalah film Danny Boyle's 28 Days Letter yang tayang pada tahun 2002, yang secara tidak terduga berhasil viral di dunia Internasional.

Penampilan memukau dari Murphy membuat namanya masuk dalam nominasi Pendatang Baru Terbaik di Empire Awards dan Breakthrough Male Performance di MTV Movie Awards.

Murphy kemudian main dalam film The Batman Begins pada tahun 2005 sebagai Dr. Jonathan Crane alias The Scarecrow. Dan di tahun yang sama juga bermain di film Red Eye sebagai Jackson Ripner.

Baca Juga: Liga Conference Europa: Olympiakos Lolos ke Final Melawan Fiorentina

Meskipun dia memainkan perannya secara natural, Murphy yang memiliki mata biru berhasil menampilkan nuansa menyeramkan yang membuat para penonton terkesima.

Bahkan, beberapa kritikus film sampai mengapresiasi penampilannya tersebut.

Seorang jurnalis New York Times, Manhola Dargis, menyebut Murphy sebagai "penjahat yang sempurna". Komentar lain juga datang dari Jurnalis The New Yorkers, David Denby, yang menyebutnya sebagai "menggoda" dan "jahat".

Baca Juga: Liga Eropa: Bayer Leverkusen Lolos ke Final Melawan Atalanta

Aksi paling memukau yang dia perankan terdapat dalam serial televisi berjudul Peaky Blinders yang tayang perdana pada tahun 2013.

Dalam serial tersebut, Murphy berperan sebagai Thomas Shelby, seorang ketua gang yang ditakuti di seluruh Eropa.

Pada tahun ini, Murphy kembali bermain dalam film Oppenheimer, dan menjadi pemeran utama di sana sebagai J. Robert Oppenheimer.

Baca Juga: Presiden FIFA Gianni Infantino Berpesan kepada Indonesia: Banggalah dengan Timnas

Film ini bercerita tentang seorang ilmuan muda yang bekerja sama dengan Albert Einstein untuk menciptakan sebuah bom atom.

Banyak sekali kejadian-kejadian penting dunia yang digambarkan dalam fim tersebut. Tentang sains, percintaan, dan ledakkan.

Menarik untuk dinantikan bagaimana kualitas peran Murphy dalam film ini.***

Berita Terkait