DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

5 Rekomendasi Taman di Jakarta yang Bisa Dikunjungi Gratis Saat Weekend Tiba, Cocok Untuk Melepas Penat

image
5 Rekomendasi Taman di Jakarta yang Bisa Dikunjungi Gratis Saat Weekend Tiba

 

ORBITINDONESIA.COM - Taman merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi saat merasa penat dengan hiruk pikuk kota yang padat seperti Jakarta.

Mungkin banyak yang mengira Jakarta hanya berisikan gedung-gedung perkotaan yang sangat sibuk dan minim ruang terbuka hijau untuk para penghuninya melepas penat.

Namun kenyataannya, ada beberapa taman yang tersebar di banyak daerah di Jakarta yang bisa kalian kunjungi saat weekend tiba dan tentunya gratis yang sangat cocok untuk sekedar healing dan melepas penat.

Baca Juga: Surganya Para Shopaholic, Ini Dia 6 Pusat Perbelanjaan Terlengkap Di Jakarta yang Bisa Penuhi Kebutuhan Kalian

Jalan-jalan di taman merupakan pilihan tepat bagi kalian yang mencari ketenangan dan memanjakan mata dengan lingkungan hijau yang luas.

Maka dari itu, berikut 5 rekomendasi taman di wilayah Jakarta yang bisa kalian kunjungi saat merasa penat dengan lingkungan perkotaan:

Taman Langsat

Baca Juga: 7 Rekomendasi Hotel Murah dengan Fasilitas Netflix di Jakarta Selatan, Cocok Untuk Staycation Bareng Bestie

Berlokasi di Jalan Barito, yang letaknya tidak jauh dari Kawasan Blok M, taman ini memiliki luas 3,6 hektar yang dinamai Taman Langsat.

Sebelumnya, taman ini dikenal sebagai tempat pembibitan dan penyuluhan tanaman, sehingga tak heran jika pohon-pohon di sini tumbuh subur dan rindang.

Di Taman Langsat tersedia trek jogging sepanjang 750 meter serta tempat bermain untuk anak-anak, selain itu ada juga danau buatan yang dipadati teratai, taman ini pun memiliki hidden park yang bisa digunakan untuk piknik.

Baca Juga: Inilah Contoh Pidato untuk Memperingati HUT RI ke 78 yang Bernuansa Pancasila, Bisa Dibacakan 17 Agustus 2023

Banyak spot foto menarik di tiap sudut Taman Langsat sehingga banyak yang memanfaatkannya sebagai sesi foto pre-wedding.

Di taman ini kalian bisa piknik dengan menggelar tikar di atas rumput hijau dengan pemandangan indah dan terkadang kalian bisa menemukan beberapa ekor angsa yang bermain kesana kemari di sekitar taman.

Taman Cempaka, Jakarta Timur

Baca Juga: Keren, Film Petualangan Sherina 2 Diperkaya dengan Lagu Khusus Ciptaan Sherina Munaf untuk Pertama Kalinya

Bertempat di Jakarta Timur, tempat ini cocok dikunjungi buat bengong atau ngegalau nih karena nuansanya yang hijau dan ada kolam di tengah tamannya sehingga membuat taman ini cocok sekali untuk healing dan sekedar melepas penat.

Selain itu, taman ini juga menyediakan jogging track, fasilitas olahraga, dan fasilitas bermain untuk anak-anak yang bisa kalian gunakan saat berkunjung ke taman satu ini.

Tebet Eco Park

Baca Juga: Ingin kuliah ke Amerika Tapi Tak Ada Beasiswa, Ini Total Biaya yang Harus Kamu Siapkan

Tebet Eco Park merupakan taman kota yang didedikasikan untuk masyarakat dan lingkungan yang terletak di Jakarta Selatan dengan area seluas 7,3 hektar.

Taman ini baru saja mendapat penghargaan Design of The Year pada ajang President’s Design Award 2023 karena desainnya yang menarik.

Sebelumnya taman ini juga pernah mendapatkan penghargaan Sila Gold Awards 2022 pada Singapore Landscape Architecture Awards (Sila Awards 2022).

Baca Juga: Persija Jakarta Vs Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Karno Sore Ini, Ribuan Anggota Polisi Disiapkan

Taman ini hadir sebagai ruang terbuka hijau yang telah direvitalisasi dimana dua kawasan taman yang awalnya terpisah dan berseberangan (Taman Tebet Utara dan Taman Tebet Selatan), kini telah menjadi satu.

Taman terpadu ini mengusung konsep harmonisasi antara fungsi ekologi, sosial, edukasi dan rekreasi.

Ada 8 zona yang bisa kalian nikmati di taman ini antara lain jembatan panjang yang disebut infinity link bridge, community garden, children playground, community lawn, forest buffer, plaza, thematic garden, wetland boardwalk.

Baca Juga: LDII Jawa Tengah Larang Jemaahnya Golput di Pemilu 2024

Kawasan Monas

Ketika mencari taman di sekitar Jakarta untuk piknik atau sekadar melepas penat, tidak berlebihan jika Monas atau Monumen Nasional masuk dalam urutan pertama karena sudah sangat familiar dengan ikon kota Jakarta ini.

Terletak di Jakarta Pusat, Monas merupakan salah satu tempat yang paling mudah dikunjungi karena aksesnya yang banyak dilalui transportasi umum.

Baca Juga: Lagi, Kecelakaan Kereta Api Terjadi di Jombang, 6 Orang Tewas, Ini Kronologinya

Kawasan Monas merupakan ruang terbuka hijau paling luas di Jakarta yang di tengah-tengahnya berdiri megah bangunan tugu paling ikonik setinggi 132 meter.

Kawasan yang dirintis oleh Presiden Soekarno ini memiliki berbagai destinasi wisata yang bisa dinikmati oleh para pelancong.

Di dalam tugu Monas, ada ruangan besar yang berisi diorama tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia, bahkan kalian juga bisa menuju puncak tugu Monas untuk menikmati keindahan kota Jakarta dari ketinggian.

Baca Juga: Cerita Pengalaman Luna Maya Gantikan Peran Suzanna Jadi Sundel Bolong, Mengaku Sempat Sakit di Bagian Ini

Namun, untuk masuk ke dalam cawan Monas, kalian perlu membayar tiket masuk dimana anak-anak dan pelajar Rp2.000, mahasiswa Rp3.000 dan dewasa Rp5.000.

Jika kalian ingin naik ke puncak Monas, kalian perlu membayar tiket untuk anak-anak dan pelajar Rp4.000, mahasiswa : Rp8.000 dan dewasa Rp15.000.

Di halaman Monas yang sangat lapang, kalian bisa melakukan berbagai aktivitas fisik, seperti jogging, bersepeda, main sepatu roda, dan banyak lagi, bahkan ada juga lapangan khusus untuk futsal dan basket.

Baca Juga: 20 Quotes Terbaik Film Epik Escobar Paradise Lost yang Menyimpan Makna Mendalam Lengkap dengan Terjemahannya

Kawasan Monas hanya dibuka setiap hari Selasa - Minggu mulai pukul 06.00 sampai 21.00 WIB.

Taman Cattleya, Jakarta Barat

Berlokasi di Jl. Letjen S. Parman, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat, letaknya tidak jauh dari Tol Kebun Jeruk dan berhadapan langsung dengan Mall Taman Anggrek membuat taman ini mudah untuk dikunjungi.

Baca Juga: Serunya Peluang Usaha Budidaya Cupang, Dari Sekedar Hiburan Namun Mampu hasilkan Cuan

Taman Cattleya buka setiap hari, dari hari Senin – hari Minggu mulai pukul 07.00 – 22.00 WIB dan masuknya tentu saja gratis.

Daya tarik yang pertama dari Taman Cattleya adalah taman kota yang sangat nyaman sebagai sebuah destinasi wisata keluarga.

Taman ini memiliki beberapa spot yang akan membuat riang gembira anak-anak anda, seperti area bermain sepatu roda dan area bermain sepeda.

Baca Juga: 15 Quotes Memperingati Hari Dharma Wanita Nasional, Cocok Buat Orang Terkasih dan Story di Medsos

Selain itu, Taman Cattleya sangat nyaman untuk melakukan aktivitas olahraga seperti jogging karena kondisi alamnya sangat mendukung suasana untuk berolahraga.

Itu dia 5 rekomendasi taman di Jakarta yang cocok untuk dikunjungi saat weekend tiba untuk melepas penat setelah seminggu bekerja. ***

Berita Terkait