DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Cuaca Panas Ekstrim di Seluruh Dunia, Begini Cara Melindungi Anak Dari Hal Tersebut

image
Ilustrasi, Pertolongan Pertama Untuk Anak-Anak Dari Cuaca Ekstrim

 

ORBITINDONESIA.COM  - Cuaca panas ekstreme sedang terjadi bukan hanya di Indonesia, melainkan di seluruh dunia. Bahkan Organisasi Meterologi Dunia (WMO) mencatat, suhu terpanas di bumi mencapai 56,7 derajat celcius.

Cuaca panas ekstrim tahun ini bisa dibilang menjadi yang terpanas. Di beberapa negara, cuaca panas ekstrim ini bisa sampai membuat aspal yang ada di jalan raya meleleh.

Beberapa media di dunia bahkan menyebut cuaca panas ekstrim ini bukan lagi dengan sebutan pemanasan global, melainkan pendidihan global.

Baca Juga: WMO Peringatkan Perubahan Iklim yang Meningkat di Asia, Bencana Mengintai

Cuaca panas ekstrim di tahun ini memecahkan rekor setelah terakhir kali terjadi seratus dua puluh lima tahun yang lalu.

Gelombang panas yang terjadi di tahun ini meningkat drastis di seluruh dunia, dan menjadi bencana di beberapa negara khususnya di negara yang memiliki iklim hangat.

Di India, gelombang panas ini menewaskan sedikitnya empat puluh empat orang di wilayah Bihar.

Baca Juga: Bumi Semakin Panas di Bulan Juli Akibat Perubahan Iklim, PBB Peringatkan Era Mendidih Global Telah Dimulai

Sementara di Meksiko lebih parah lagi, gelombang panas ini sudah menewaskan setidaknya 117 orang sejak bulan Mei 2023.

Di Arizona, negara bagian Amerika, gelombang panas merusak ekosistem kaktus di Botanical Garden Garden, Phoenix, Arizona.

Untuk melindungi anak-anak dari cuaca panas ekstim ini, Organisasi Perlindungan Anak Dunia (UNICEF) memberikan tipsnya:

Baca Juga: SINOPSIS LENGKAP Film SAW X: Ngeri, Jigsaw Bangkit Lagi untuk Tuntut Balas

1. Waspadai Bahaya Dari Panas Ekstrim

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk melindungi anak-anak dari cuaca panas ekstrim adalah dengan mengetahui seberapa panas cuaca yang terjadi hari ini, minggu ini, dan bulan ini.

Selain itu, UNICEF juga menyarankan untuk merubah kegiatan harian yang dilakukan oleh anak-anak di luar rumah, dan sebisa mungkin dikerjakan di dalam rumah.

Baca Juga: Inspiratif! Kisah Kia Raya, Mantan Kasir Indomaret yang Kini Sukses Punya Pabrik Sendiri Kembali Viral

Dengan mengetahui suhu yang terjadi sekarang dan beberapa hari kedepan, orang tua diharapkan bisa memprediksi apakah anak-anak mereka bisa beraktivitas di luar rumah, atau cukup di dalam rumah saja.

2. Mengenai Gejala Yang Ditimbulkan Dari Cuaca Panas Ekstrim

Cuaca panas ekstrim bisa membuat sistem kekebalan tubuh menurun, sehingga segala jenis penyakit bisa dengan mudah menyerang. Terlebih ke anak-anak yang memiliki sistem kekebalan tubuh lebih lemah dibanding orang dewasa.

Baca Juga: Yuk Saksikan Keindahan Supermoon di Indonesia Mulai 1 Agustus 2023 dengan Mata Telanjang, Cek Faktanya di Sini

Dengan mengenali gejala yang dihasilkan, akan membantu untuk mengantisipasi akibat yang ditimbulkan.

Gejala yang ditimbulkan dari cuaca panas ekstrim berupa:

- Merasa haus

Baca Juga: Sinopsis Film Rambo The Last Blood, Perang terakhir Sylvester Stallone Tayang di Bioskop Trans TV

- Keringat berlebih

- Sakit kepala

- Pusing

Baca Juga: Film SAW X Bercerita tentang Apa, Simak Bocoran dan Prediksi Alur Ceritanya di Sini

- Kelelahan

Gejala tersebut merupakan gejala dari dehidrasi yang disebabkan oleh kurangnya cairan di dalam tubuh. Dehidrasi ringan masih bisa disembuhkan dengan mudah.

Namun, jika sudah parah, dehidrasi bisa menyebabkan seseorang mengalami lemas bahkan yang terparah bisa menyebabkan kematian. Maka dari itu, para orang tua harus bisa mengenali gejala yang ditimbulkan oleh anak-anaknya.

Baca Juga: Sisi Lain Drakor King The Land, Intip Love Language Ala Gu Won dan Cheon Sa Rang yang Romantis Banget

 

3. Jika Gejala Sudah Mulai Timbul, Segera Ambil Tindakan

Ketika anak-anak sudah mulai memperlihatkan gestur atau tanda-tanda bahwa mereka terkena dampak cuaca panas ekstrim, segera ambil tindakan sebelum terlambat.

Tindakan yang bisa diambil adalah dengan memindahkan anak-anak ke tempat yang teduh atau berventilasi untuk beristirahat.

Baca Juga: Ini Dia 6 Rekomendasi Drakor yang Dibintangi YoonA Selain King The Land, Tak Kalah Romantis dan Bikin Baper

Berikan anak-anak minum untuk menjaga tubuhnya tetap terhidrasi dengan baik dan menurunkan suhu yang ada di dalam tubuhnya.

4. Jika Keadaan Sudah Semakin Buruk, Segera Bawa Anak-Anak Ke Fasilitas Kesehatan

Ketika gejala yang terjadi pada anak-anak sudah semakin buruk, segera lakukan tindakan medis dengan membawa mereka ke dokter.

Baca Juga: Inilah 5 Karakter dengan Buah Iblis Terkuat di Anime One Piece, Salah Satunya ada Gear 5 Milik Monkey D. Luffy

Lakukan pertolongan pertama dengan segera, dan bawa mereka ke rumah sakit terdekat sebelum terlambat. Beberapa kasus terjadi karena para orang tua tidak perhatian terhadap gejala yang dialami oleh anak-anak mereka.

Pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan pendinginan terhadap anak-anak dan menjaga anak-anak agar tetap terhidrasi dengan baik.

Jika air putih tidak cukup untuk membuat mereka terhidrasi, berikan mereka air kelapa. Kandungan yang ada di dalam air kelapa bisa membuat mereka memiliki ion yang cukup untuk menjaga kadar air di dalam tubuhnya.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi Sebagai Tempat Healing Terbaik dengan Vibes Romantis

Setelah keadaan mulai membaik, segera bawa mereka ke rumah sakit. Dokter akan memeriksa keadaan mereka.

Cuaca panas ekstrim di tahun ini memiliki akibat yang tidak main-main. Jangan biarkan kesibukan terhadap pekerjaan melupakan perhatian terhadap anak-anak.***

Berita Terkait