DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Ini Jumlah DP Minimal KPR Agar Kamu Bisa Punya Rumah Sendiri, Milenial Harus Tahu!

image
Segini besaran DP minimal untuk kamu bisa punya rumah sendiri.

ORBITINDONESIA.COM – Bisa punya rumah adalah impian bagi kebanyakan orang, terlebih bagi kaum milenial yang berada di usia produktif.

Di era yang serba cepat seperti sekarang ini, generasi milenial juga semakin berkeinginan agar bisa punya rumah demi meningkatkan kualitas hidupnya.

Pentingnya bisa punya rumah bagi kaum milenial tentu memiliki beragam alasan yang berbeda-beda dari satu individu dengan individu yang lainnya.

Baca Juga: Generasi Milenial dan Generasi Z Sulit Diprediksi, Relawan Harus Punya Strategi Khusus

Banyak manfaat yang bisa didapatkan saat seorang kaum milenial seperti dirimu untuk bisa memiliki rumah pribadinya sendiri.

Meski demikian, setiap individu harus mempertimbangkan kondisi finansial, kebutuhan pribadi, dan tujuan jangka panjang sebelum memutuskan untuk membeli rumah.

Dan untuk mencapai impian memiliki rumah sendiri, ada beberapa hal yang perlu dipahami.

Baca Juga: Survei Indikator Politik: Pemilih Erick Thohir untuk Maju Jadi Cawapres Didominasi Generasi Z dan Milenial

Terutama tentang Dana Pembiayaan (DP) minimal yang diperlukan untuk mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

KPR sendiri adalah fasilitas kredit yang diberikan oleh perbankan kepada nasabahnya untuk dapat memperbaiki atau membeli rumah.

Di Indonesia sendiri setidaknya terdapat dua jenis KPR yang berlaku yang dapat diberikan oleh pihak bank, yakni KPR Subsidi dan KPR Non Subsidi.

Baca Juga: Sekum Muhammadiyah: Generasi Z dan Milenial Memilih Tidak Beragama

KPR Subsidi adalah kredit yang diperuntukan kepada masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah untuk kebutuhan perumahan atau perbaikan rumah yang telah dimiliki.

Untuk subsidi yang diberikan ini semua diatur oleh pemerintah, sehingga tidak semua kelompok masyarakat bisa mendapatkan fasilitas ini.

Sedangkan untuk KPR non subsidi diperuntukan bagi seluruh masyarakat yang mana penentuan besar kredit maupun suku bunga ditentukan sesuai kebijakan bank yang bersangkutan.

Baca Juga: Ipsos Indonesia : Prabowo dan Erick Thohir Raih Sentimen Positif Tertinggi pada Gen Z dan Milenial

Lalu berapakah minimal DP untuk kamu bisa mendapatkan rumah impian mu sendiri, simaklah ulasan berikut ini agar kamu bisa segera memiliki rumahmu sendiri.

Sebagai generasi milenial, penting untuk memahami bahwa bank pada umumnya menerapkan batas maksimal sebesar 30 persen dari harga rumah sebagai jumlah angsuran pembelian rumah.

Artinya, kamu harus menyiapkan setidaknya 30 persen dari total harga rumah sebagai DP untuk bisa mendapatkan layanan KPR dari bank.

Baca Juga: 15 Ide Perayaan Kegiatan yang Inspiratif Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2023 Bagi Generasi Milenial penuh Arti

Selain itu, untuk rumah bekas, perlu diperhatikan bahwa ada kewajiban untuk membayar DP minimal 5 persen kepada pemilik sebelumnya atau penjual rumah.

Menyisihkan dana sebanyak itu mungkin terdengar menakutkan, tetapi jangan khawatir, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mencapainya.

Pertama-tama, disarankan untuk merencanakan keuangan dengan matang dan buat perencanaan bulanan.

Baca Juga: Nggak Harus Baru! Ternyata Masih Banyak Lho Generasi Milenial yang Pakai Baju Bekas Buat Lebaran Nanti

Buatlah anggaran bulanan yang disiplin, identifikasi pos-pos pengeluaran yang bisa dikurangi, dan alokasikan sebagian besar pendapatan untuk menabung sebagai DP rumah.

Selain itu, pertimbangkan juga untuk mencari sumber pendapatan tambahan untuk mu.

Di era digital ini, ada banyak peluang usaha sampingan atau pekerjaan lepas yang dapat diambil untuk meningkatkan pemasukan.

Baca Juga: Seratusan CPNS Generasi Z dan Milenial Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dilantik Sandiaga Uno

Semakin besar pemasukan, semakin cepat pula kamu bisa mencapai target DP minimal yang dibutuhkan.

Kemudian, mengikuti perkembangan pasar properti juga sangat penting, pengetahuan adalah kunci.

Pastikan utuk memantau harga rumah di daerah yang kamu inginkan dan perhatikan tren pergerakan harganya.

Baca Juga: Satrio Arismunandar: Lampu Kuning untuk Moderasi Beragama di Kalangan Milenial

Jika kamu melihat ada penurunan harga atau penawaran menarik, segera ambil kesempatan itu untuk mendekati target DP yang diinginkan.

Jangan lupa untuk memanfaatkan fasilitas tabungan atau investasi yang menguntungkan.

Beberapa bank mungkin menawarkan program khusus untuk menabung DP rumah dengan bunga yang lebih tinggi daripada tabungan biasa.

Baca Juga: Usia MILENIAL Mulai Dihantui Penyakit JANTUNG, Kurang OLAHARAGA dan Makanan Ini Penyebabnya

Manfaatkan juga program investasi jangka panjang yang bisa membantu kamu mengumpulkan dana dengan hasil yang lebih baik.

Terakhir, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli keuangan atau perencana keuangan yang kompeten.

Mereka dapat memberikan panduan yang tepat sesuai dengan situasi keuangan yang kamu miliki.

Baca Juga: Contoh Teks Amanat Upacara Bendera Hari Senin di Sekolah tentang Etika Generasi Milenial

Jadi, sebagai generasi milenial, menggapai impian memiliki rumah sendiri bukanlah tugas yang mudah, tetapi bukan pula hal yang tidak mungkin.

Dengan perencanaan dan disiplin keuangan yang baik, serta komitmen untuk mencapai tujuan, kamu akan dapat mewujudkan impian rumah yang kamu inginkan. ***

Berita Terkait