DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Finalis Miss Universe Indonesia 2023 Jadi Korban Pelecehan Seksual Juri, Kini Banyak Atasan Mengundurkan Diri

image
Kuasa Hukum Finalis Miss Universe Indonesia Melakukan Laporan Kepolsian (Sumber: PMJ News)

ORBITINDONESIA.COM - Finalis Miss Universe Indonesia 2023 diduga menjadi korban pelecehan seksual. Kini ajang Miss Universe menjadi buah bibir warganet.

Hal ini terjadi lantaran ada salah satu finalis Miss Universe Indonesia 2023 yang mengaku menjadi korban pelecehan seksual yang dilakukan oleh salah satu oknum juri acara tersebut.

Pelecehan seksual yang terjadi kepada salah satu finalis Miss Universe Indonesia 2023 ini berbuntut pada pelaporan korban kepada pihak kepolisian pada Senin, 7 Agustus 2023. Sejumlah atasan Miss Universe Indonesia pun mengundurkan diri.

Baca Juga: Inilah Pembagian Part RIIZE Setelah SM Rilis Performance Video ‘Siren’ yang Menunjukkan Dance Intens Membernya

Kronologi kejadian hal tidak menyenangkan yang dialami oleh finalis Miss Universe itu bermula ketika semua finalis diharuskan untuk melakukan body check di sebuah ballroom hotel.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh kuasa hukum pelapor, Mellisa Anggraeni, yang menyebut bahwa kliennya tidak mendapatkan privasi ketika melakukan body check di ballroom hotel tersebut.

"Bahwa pada tanggal 1 Agustus telah terjadi peristiwa yang telah dibenarkan klien kami. Dimana mereka tanpa sepengetahuan, dan tanpa diberi tahu tanpa adanya akses informasi, tidak ada di dalam rundown, bahkan provincial director tidak diberi tahu akan ada body checking," kata Mellisa kepada wartawan 7 Agustus 2023.

Baca Juga: Penalti Ferry Pahabol Selamatkan Persik Kediri dari Kekalahan Atas Bali United di Pekan Ke 7 BRI Liga 1

Sentra Terpadu Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya mengkonfirmasi adanya laporan dari PT Capella Swastika Karya dengan nomor laporan LP/B/ 4598/VII/2023.

Dalam laporan tersebut, PT Capella Swastika Karya menyertakan pasal 4,5 dan pasal 6 Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS). serta pasal 14 dan 15 UU TPKS.

Mellisa menyebutkan agenda sebenarnya agenda yang akan dilakukan oleh para finalis tersebut hanya lah fitting busana, tidak ada pemberitahuan lebih lanjut tentang adanya body check.

Baca Juga: SM Entertainment Umumkan Tanggal Debut Boy Group RIIZE dengan Single Pertama Berjudul ‘Get a Guitar’

Dari kabar yang beredar, proses body check yang dilakukan oleh finalis Miss Universe 2020 tersebut dilakukan tanpa busana dan disaksikan oleh lawan jenis yang terdapat di wilayah tersebut.

Belum lagi, tempat finalis Miss Universe 2023 tersebut melakukan body check hanya ditutupi oleh banner dan beberapa gantungan baju. Sehingga, siapapun yang berada di luar bisa melihat dengan jelas apa yang terjadi di dalam.

Di sekitar ballroom tersebut juga ada kamera CCTV yang bisa saja merekam kejadian tersebut dan disebarluaskan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Miss Universe Indonesia 2023, Poppy Capella, membuat sebuah pernyataan resmi lewat instastory Instagram resmi miliknya.

"Kepada pendukung kami yang berdedikasi, perwakilan media, dan masyarakat luas. Dalam kontes yang dinamis, suara yang bergema dari segala arah. Setiap komentar, setiap umpan balik, apakah apakah dibanjiri oleh pujian atau dibubuhi kritik, sangat vital dalam memahat Miss Universe Indonesia," tulis Poppy Capella dikutip Orbitindonesia.com lewat Instagram resmi miliknya 7 Agustus 2023.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih paling tulus kepada semua orang yang telah meluangkan waktu sebentar untuk berbagi pandangan, perasaan, dan perspektif dengan kami. Komentar kalian bukan hanya sekedar kata-kata, kalian adalah kekuatan yang kuat, mendorong tekad dan semangat kami," lanjut Poppy.

"Jadi, saya ingin berterima kasih, bukan karena engagement kalian, tapi untuk memberi energi pada perjalanan ini. Partisipasi aktif kalian memastikan Miss Universe Indonesia terus bersinar lebih terang, berdiri lebih tinggi, dan tetap menjadi lambang keunggulan di dunia kontes kecantikan," katanya.

Setelah kasus ini mulai beredar di sosial media, beberapa petinggi Miss Universe Indonesia mengundurkan diri dari jabatannya. Salah satunya adalah CEO Miss Universe Indonesia, Eldwen Wang, yang menyatakan mengundurkan diri lewat Instagram pribadinya.

"Terima kasih. Merupakan kehormatan besar bagi saya untuk menjabat sebagai CEO Miss Universe Indonesia selama kontrak saya," tulis Eldwen Wang dalam Instagram pribadinya dikutip Orbitindonesia.com 7 Agustus 2023.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih terutama kepada National Director kami, Nyonya Poppy Capella karena telah mempercayakan saya untuk tugas dan misi membawa kepercayaan diri yang indah, memberdayakan perempuan, memimpin secara transformasi, untuk nilai-nilai inti yang baik dari Indonesia ke alam semesta," lanjut Eldwen.

"Saya memohon maaf selama ini, saya harus mengambil keputusan untuk fokus pada karir dan pekerjaan saya sebelumnya di kampung halaman saya. Untuk mengetahui informasi dan tanggung jawab Miss Universe Indonesia, segera hubungi langsung PT CSK," tuturnya.

Terakhir, dia mengucapkan terima kasih, "Sekali lagi, terima kasih MUID, finalis, pendukung, dan pecinta kontes untuk perjalanan yang luar biasa ini yang akan diingat seumur hidup. Sampai jumpa. Salam, Eldwin Wang".

Selain Eldwen Wang, Visual Director Miss Universe Indonesia, Rio Motret juga dikabarkan telah mengundurkan diri. Hal tersebut dikabarkan olehnya lewat Instagram pribadinya.

"Halo, saya Riomotret lewat kesempatan ini, saya ingin memberi tahu kalian bahwa perjalanan saya bersama Miss Universe Indonesia telah berakhir. Ini merupakan perjalanan yang indah namun menakjubkan, penuh tantangan, kesenangan, dan pengalaman baru," tulis Riomotret dikutip Orbit Indonesia lewat Instagram pribadinya 7 Agustus 2023.

"Namun, saya harus mengucapkan selamat tinggal kepada Miss Universe Indonesia sehingga saya bisa lebih fokus kepada proyek saya yang akan datang," tambahnya.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota tim saya, tim Miss Universe Indonesia, serta semua pihak dan orang-orang yang telah mendukung saya sejak awal perjalanan ini. Dengan tulus," jelasnya.

Selain itu, Beauty Director Miss Universe Indonesia, Slam Wiyono juga ikut mundur. Lewat akun Instagram pribadi miliknya, Slam Wiyono mengumumkan mengundurkan diri dari Miss Universe Indonesia.

"Halo, saya Slam Wiyono. Besar rasa terima kasih saya kepada Miss Universe Indonesia yang selama ini telah mempercayakan tugas dan tanggung jawab sebagai Beauty Director di Miss Universe Indonesia," katanya dikutip Orbitindonesia.com lewat Instagram pribadinya 7 Agustus 2023.

Slam Wiyono menutup, "Melalui pemberitahuan ini, saya ingin mengumumkan bahwa tugas saya sebagai Beauty Director telah usai dan saya memutuskan untuk kembali berkarya dan mendukung per-pageant-an di Indonesia. Terima kasih".

Kasus ini masih terus dilakukan penyelidikan oleh pihak kepolisian. Bukti-bukti yang sudah diberikan oleh korban juga dijadikan acuan untuk mendalami kasus. Semoga ada titik terang untuk kasus ini, dan semua pelakunya bisa mendapatkan hukuman yang setimpal.***

Berita Terkait