DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Dulu Munarman Mirip Rocky Gerung, Kini Sumpah Setia Pada NKRI

image
Mantan Sekjen FPI Munarman menyatakan ikrar sumpah setia kepada NKRI.

ORBITINDONESIA.COM - Mantan pentolan FPI Munarman kini sudah berubah. Munarwan dipenjara terbukti terlibat terorisme.

Tetapi kini Munarman bersumpah setia pada NKRI. Pihak Lapas menggelar acara khusus dengan nuansa merah putih. Acara khusus ini mengundang media. Dikhususkan untuk Munarman mengucapkan sumpah ikrar setia pada NKRI.

Munarman, sosok yang tak ada takutnya kalau bicara di media ini tampil dengan kemeja putih lengan pendek. Lalu menggunakan tanjak merah putih. Dengan penuh percaya diri, jubir eks FPI ini mengucapkan sumpah.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Baca Juga: Manuel: Ganjar, Capres Satu-satunya yang Menginap di Rumah Warga

"Saya bersumpah dengan niat ikhlas pada Tuhan Yang Maha Esa, Allah Subhanawata'ala, melepaskan baiat saya dari amir atau kepemimpinan kelompok atau jaringan radikal tersebut atau terorisme yang bertentangan dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia."

Ia bersumpah di atas kitab suci Alquran dengan disaksikan pejabat Lapas dan wartawan.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Pihak Lapas menilai, Munarman sangat kooperatif selama di sel. Juga aktif mengikuti program deradikalisasi. Puncaknya pengucapan ikrar setia NKRI.

Pasca pengucapan sumpah, Munarman akan menjelma sebagai WNI cinta NKRI, tak lagi membela aksi terorisme di tanah air. Bahasa kerennya, Munarman kembali ke pangkuan ibu pertiwi.

Baca Juga: Rabu Pekan Depan, KPK Lelang 2,5 Kilogram Emas dan Tas Hasil Rampasan dari Bekas Rektor Unila Karomani

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Dulu Munarman mirip Rocky Gerung. Omong lantang dan cenderung kasar. Bahkan, ada lawan debatnya disiram air saat talkshow. Saat ISIS menggemparkan dunia, ia memilih ikut baiat. Di sinilah ia terjerat terorisme.

Divonis bersalah dan sekarang tinggal menjalani hukuman tiga tahun penjara. Kisah putusan pengadilan dari Pengadilan Negeri delapan tahun, lalu banding jadi empat tahun. Terakhir Munarman kasasi ke MA dan dapat diskon jadi tiga tahun.

Nanti ada remisi 17 Agustus, Idulfitri, apa lagi ya. Ya, ujungnya paling setahun atau dua tahun. Asal manut di Lapas, semua remisi bisa didapatkan. Begitulah gambaran hukum di negeri ini. Saat dijebloskan ke penjara publik senang.

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Saat proses dipenjara diikuti, banyak kecewa. Wajar apabila banyak tak takut masuk penjara. Jangan heran hampir seluruh Lapas penuh. Penjara tidak lagi menakutkan. Hukuman mati bisa jadi seumur hidup. Lantas, apakah benar penjara itu bisa menimbullan efek jera.

Baca Juga: Selain buat Video tak Senonoh Inilah Daftar Kontroversi yang dilakukan Selebgram minim Prestasi Oklin Fia

Apakah penjara itu sesuatu yang menakutkan? Kalau saya sih masih menakutkan. Biasa tidur di kasur empuk, tiba-tiba tidur di ubin beralaskan tikar, berhimpitan lagi, tak bisa lagi ngelonin istri, panas, sumpek, nyamuk lagi, makan dijatah. Takut.

Baca Juga: Jadi Juri Zayed Award 2024, Megawati Diwawancarai Radio Vatikan

Kalau semua orang seperti saya, takut dengan penjara, pasti kosong sel di kepolisian dan Lapas. Hari ini, nyatanya hampir seluruh Lapas dipenuhi orang bersalah dengan beragam kejahatan. Sekali lagi, apakah penjara menakutkan? Silakan jawab sendiri ya.

Munarman telah bersumpah di atas Alquran tidak mau lagi terlibat terorisme. Semoga langkah ini bisa menjadi inspirasi bagi yang lain untuk setia pada NKRI. Jangan negara lain dipuja-puji, sementara negeri sendiri dihina.

Benci boleh saja pada rezim, tapi tetap setia pada NKRI. Silakan kritik rezim kalau memang bobrok. Saya juga sering kritik. Kritik itu bagian dari cinta negeri merah putih ini. Bukan mencaci-maki di ruang publik, merendahkan martabat orang. Kritik itulah yang membuat sehat demokrasi. Munarman telah setia pada NKRI, saya yakin kalian lebih cinta lagi. Merdeka!

Baca Juga: Dugaan Operasi Tangkap Tangan Gubernur Abdul Gani Kasuba, KPK Gelandang 3 Pejabat Maluku Utara ke Jakarta

(Diringkas dari tulisan Rosadi Jamani, Satupena Kalbar) ***

Berita Terkait