DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Pengamat Politik Mikhael Raja Muda Bataona: Koalisi Gemuk tidak Menjamin Menang Pilpres

image
Mikhael Raja Muda Bataona.

 

ORBITINDONESIA.COM - Koalisi gemuk yang terdiri dari banyak partai politik tidak menjamina akan memenangkan Pilpres 2024.

Hal ini ditegaskan oleh pengamat politik yang juga pengajar Ilmu Komunikasi Politik dan Teori Kritis di Fakultas Ilmu Sosial Politik Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang Mikhael Raja Muda Bataona di Kupang, Senin 14 Agustus 2023 menanggapi langkah PAN dan Golkar yang bergabung dengan PKB dan Gerindra mendukung Prabowo Subianto menjadi calon presiden.

"Meskipun koalisi gemuk ini percaya diri akan menang. Mereka juga bisa kalah karena Pilpres 2014 silam sudah pernah membuktikan itu. Koalisi gemuk kalah dengan koalisi partai-partai kecil bersama PDIP,” tambahnya.

Baca Juga: PAN Dukung Prabowo, Ketua DPD PAN Kabupaten Cirebon Heru Subagia Tetap Dukung Ganjar

Menurutnya, kekalahan Prabowo pada 2014 memberi fakta politik tentang kejamnya pertarungan elektoral di era demokrasi langsung.

Menurutnya, gabungan partai politik yang banyak, kadang tidak disukai rakyat, sehingga rakyat sering mendukung yang lemah dan tidak dianggap.

Ia menambahkan, rakyat juga tidak selamanya mengikuti preferensi partai politik dalam menentukan calon presiden pilihan mereka. Rakyat bisa saja memilih calon presiden di luar pilihan partai yang mereka dukung.

Menurutnya, isu ini juga bisa menjadi kelemahan dari koalisi gemuk PAN, Golkar, Gerindra dan PKB.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Santai Sikapi Golkar dan PAN Resmi Mendukung Prabowo

Isu-isu yang bisa saja mengganjal Prabowo seperti isu jika Prabowo presiden maka keluarga Cendana akan kembali berkuasa.

Isu lainnya Prabowo akan mengembalikan kekuatan Orde Baru. ***

Berita Terkait