DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Surat Terbuka Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Menanggapi Koalisi PAN, Golkar, PKB, Gerindra

image
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menilai bergabungnya PKB, Golkar dan PAN ke Gerindra, sikap politik kita biasa saja

ORBITINDONESIA.COM - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kemarin mengirim surat terbuka buat jajaran PDIP, menanggapi Koalisi PAN, Golkar, PKB, Gerindra.

Koalisi baru ini mendukung Prabowo Subianto sebagai capres untuk pilpres 2024. Maka PDIP merasa perlu merespon perkembangan politik terbaru tersebut.

Surat dari DPP PDIP itu berbunyi sebagai berikut:

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Baca Juga: Hasil BRI Liga 1, Drama 3 kartu Merah Warnai Kemenangan Borneo FC atas Persikabo 1973

Yth Para Ketua, Sekretaris, dan Bendahara DPD PDI Perjuangan,

Para Ketua, Sekretaris, dan Bendahara DPC PDI Perjuangan

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Merdeka!

Menanggapi politik nasional terkait dengan bergabungnya PAN, Golkar dan PKB ke Gerindra, maka sikap kita datar-datar saja, dan disampaikan hal-hal sebagai berikut:

1) Kemenangan itu muncul dari pergerakan di akar rumput. Meskipun PDI Perjuangan dan Ganjar Pranowo dikepung, kita terus bergerak karena persatuan dengan rakyat adalah kunci kemenangan.

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

2) Sejak awal PDI Perjuangan tidak pernah mengintervensi kedaulatan parpol lain di dalam mengambil keputusan politik.

PDI Perjuangan membuka ruang kerja sama karena spirit gotong royong dan pada prinsipnya kerjasama yang dibangun untuk pencalonan Pak Ganjar Pranowo telah memenuhi Presidential Threshold.

Jadi sejak awal PDI Perjuangan oleh dukungan rakyat bisa mencalonkan sendiri, namun kita terus membuka ruang kerjasama dan sekarang mendapat dukungan dari PPP, Perindo dan Hanura.

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Baca Juga: PAN Dukung Prabowo, Ketua DPD PAN Kabupaten Cirebon Heru Subagia Tetap Dukung Ganjar

3) Bahwa Partai terus bergerak memenangkan Pak Ganjar Pranowo dengan turun ke bawah. Ciri pemimpin itu kalau turun ke bawah, rakyat menyambut dengan antusias dan ada spontanitas yang hidup.

4). Apa yang terjadi dengan dukungan PG, PAN dan PKB semakin memperjelas arah kerjasama politik. Kita hormati kerjasama tersebut.

Baca Juga: Jadi Juri Zayed Award 2024, Megawati Diwawancarai Radio Vatikan

5) Sekali lagi, semangat kita adalah memenangkan PDI Perjuangan dan Ganjar Pranowo. Caranya dengan strategi penggalangan akar rumput, tokoh, pemilih dan juga melalui strategi komunikasi yang tepat serta didukung oleh sosmed yang semakin penting di dalam membangun persepsi.

6). Bagaimanapun juga karakter pemimpin itu juga sangat penting dan menentukan kemenangan, dan ini yang kita yakini dari sosok Ganjar Pranowo. Apalagi jika dipadukan dengan gerakan masif ke akar rumput.

Politic kita bukan high politics, namun politik yang mengakar. Apa yang terjadi malah mendorong Ganjar untuk menampilkan jati diri kepemimpinannya yang otentik. Ini momentum bagi Ganjar Pranowo untuk menampilkan kepemimpinannya.

Baca Juga: Dugaan Operasi Tangkap Tangan Gubernur Abdul Gani Kasuba, KPK Gelandang 3 Pejabat Maluku Utara ke Jakarta

Baca Juga: Joko Pekik di Antara Ketakutan dan Kekejaman Politik

7). Berdasarkan pengalaman saya pribadi, mengelola banyak tim kampanye dari gabungan banyak Partai juga tidak mudah. Setidaknya dengan bergabungnya 3 Parpol tersebut, logistik Pak Prabowo justru akan berkurang karena harus dibagi-bagi ke banyak pihak. Ingat 2014, kita juga dikepung!

8) Jadi sekarang justru Ganjar yang oleh “mereka yang di atas” mencoba dikepung, dikeroyok, justru akan punya daya lenting besar. Sekali Ganjar rebound dan naik elektoralnya, akan menjadi titik balik yang besar. Maka mari semua bergerak sesuai dengan ruang lingkup kita masing-masing.

Baca Juga: BMKG: Hujan Lebat Berpotensi Turun di Beberapa Kota

Terima kasih, selamat berjuang.

SATYAM EVA JAYATE!

Hasto Kristiyanto
Sekjen DPP PDI Perjuangan***

Berita Terkait