DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Buat yang Tinggal di Jakarta, Ini 5 Langkah Ampuh Mencegah Terjangkit ISPA Akibat Kualitas Udara Buruk

image
5 Langkah Ampuh Untuk Mencegah Terjangkit ISPA. (Freepik @storyset)

ORBITINDONESIA.COM- Polusi udara dan perubahan iklim telah menjadi pemicu masalah saluran pernapasan atau ISPA di berbagai kota besar, termasuk Jakarta.

Dampaknya sangat terasa, mulai munculnya ancaman Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yang dapat merenggut kesehatan masyarakat.

Kondisi buruknya kualitas udara di Jakarta dan lingkungan yang tidak mendukung semakin memperburuk situasi, meningkatkan risiko penularan dan komplikasi.

Baca Juga: Presiden JDT Bahkan Kabar Transfer Jordi Amat Ke Trabzonspor

Nah, berikut adalah 5 Langkah yang dapat kamu lakukan untuk pencegahan ISPA.

Untuk melindungi diri dari risiko ISPA, ada beberapa langkah pencegahan yang perlu diambil:

Gejala umum ISPA meliputi hidung tersumbat, batuk, sakit kepala, demam, dan kelelahan. Penularan dapat terjadi melalui kontak langsung, bersin, atau batuk.

Baca Juga: Diendorse Rp10 Miliar, Denise Chariesta akan Pakai Nama Brand sebagai Nama Bayinya, Warganet: Kasihan Bener

ISPA tidak bisa kita katakan penyakit sepele, Jika dibiarkan tanpa pengobatan yang tepat, ISPA bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari bahkan berkembang menjadi masalah yang lebih serius.

Peradangan pada saluran pernapasan dapat mengakibatkan komplikasi seperti sinusitis, infeksi telinga, atau bahkan pneumonia.


1. Perkuat Kekebalan Tubuh


Meningkatkan daya tahan tubuh adalah kunci penting, Bisa kita mulai dari sesuatu hal yang dasar seperti konsumsi makanan sehat, olahraga teratur, istirahat yang cukup dan vitamin.

Baca Juga: Mengenal Penyakit ISPA yang Dipicu Memburuknya Kualitas Udara di Jakarta

Hal ini adalah fondasi awal agar dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Hindari Polusi Udara


Masker menjadi sahabat yang tidak boleh terlupakan ketika dalam menghadapi polusi udara.

Saat kualitas udara buruk, gunakan masker untuk melindungi saluran pernapasan dari partikel-partikel berbahaya.

3. Pola Hidup Sehat


Menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS) sangat penting, seperti cuci tangan secara teratur, istirahat cukup, dan makan makanan bergizi.

PHBS Ini semua akan membantu menjaga daya tahan tubuh dan mencegah infeksi.

4. Lingkungan Bersih


Pastikan kamu rutin untuk menjaga lingkungan di sekitar selalu bersih dari debu dan kotoran.

Membersihkan rumah secara rutin, menjaga kebersihan udara di dalam ruangan, dan menjaga kebersihan makanan dan minuman sangatlah penting.

5. Pantau Kesehatan


Jika kamu mengalami gejala ISPA, jangan tunda untuk mendapatkan perawatan medis.

Pengecekan dini dan pengobatan yang tepat akan membantu mencegah komplikasi yang lebih serius dan mencegah menularkannya kepada orang sekitar kita.

Demikianlah, ISPA merupakan ancaman serius bagi kesehatan masyarakat di Jakarta, terutama dengan kondisi polusi udara dan perubahan iklim yang sulit dihindari.

Namun, dengan langkah-langkah pencegahan yang tepat, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, menggunakan masker, menjaga pola hidup sehat, menjaga kebersihan lingkungan, dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur.

Hal tersebut akan dapat melindungi diri dan keluarga dari risiko ISPA dan yang terpenting kesehatan pernapasan adalah investasi untuk masa depan yang lebih sehat dan produktif.***

Berita Terkait