DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Arsenal Resmi Pinjam David Raya dari Rival Mereka Brentford dengan Masa Pinjaman yang Panjang

image
Arsenal resmi memimjam kiper Brentford, David Daya dengan durasi peminjaman cukup panjang

 

ORBITINDONESIA.COM - Manajer Arsenal, Mikel Arteta, nampaknya sangat serius dalam mempersiapkan tim untuk mengarungi Liga Inggris musim depan.

Baru baru ini, Arsenal telah resmi datangkan kiper Brentford asal Spanyol, David Raya, untuk mengisi posisi penjaga gawang musim depan.

David Raya akan bersaing dengan kiper Arsenal lain, Aaron Ramsdale, untuk memperebutkan posisi sebagai kiper utama di Emirates Stadium.

Baca Juga: Usai Dipermalukan Laskar Padjajaran, Aji Santoso Resmi Merapat di Persikabo 1973

The Gooners membuat pergerakan bawah tanah hingga tidak banyak diketahui pergerakannya dalam transfer ini.

Mereka telah mengalahkan tim lain yang juga sedang mengincar Raya yaitu Bayern Munich dan juga rival abadi mereka Tottenham Hotspur.

Dikabarkan bahwa, Bayern dan Spurs lebih dahulu bersaing untuk memperebutkan sarung tangan kiper Internasional Spanyol tersebut sebelum Arsenal.

Baca Juga: Tak Diundang Pertemuan Kepala Daerah PDIP se Jawa Tengah di Semarang, Gibran Mulai Baper

Perbincangan dan desas-desus tentang masa depan David Raya sudah mulai terjadi sejak awal transfer musim panas ini.

Namun, Bayern dan Spurs akhirnya mundur dari persaingan karena Brentford memasang tarif 40 juta pounds untuk membawa Raya secara permanen.

The Gooners mendapat kesepakatan dengan pihak Brentford setelah Raya memberitahu pihak klub bahwa dia ingin segera pergi dari klub tersebut pada musim panas ini.

Baca Juga: Akibat Polemik Pemanggilan Pemain ke Timnas Indonesia U23, PSSI Tengah Rancang Aturan Baru untuk Pelatih Asing

Arsenal mencapai kesepakatan formalitas dengan Brentford untuk meminjam Raya selama satu musim dengan opsi permanen jika kualitas Raya sesuai dengan ekspektasi.

Direktur Olahraga Arsenal, Edu Gaspar, mengatakan bahwa David Raya datang sebagai pemain pinjaman dan mendapatkan opsi permanen nantinya.

"Kami menyambut David dengan status pinjaman selama satu musim dari Brentford. David adalah penjaga gawang berkualitas tinggi yang secara konsisten tampil di level tinggi bersama Brentford di Liga Inggris," kata Edu dikutip Orbitindonesia.com dari eurosport 16 Agustus 2023.

Baca Juga: Patung Soekarno Setinggi 100 Meter akan Dibangun di Bandung Barat, Berdiri di Lahan Perkebunan Walini

"Dengan bergabungnya David, kami menambah kualitas dan kedalaman skuad kami sehingga kami bisa tampil di level setinggi mungkin di semua kompetisi." tutup Edu.

Jika Arsenal merasa kemampuan David Raya sesuai dengan ekspektasi mereka, maka The Gooners harus mempersiapkan uang tunai sebesar 30 juta pounds untuk menebusnya secara permanen.

Sementara pihak Brentford juga sudah mempersiapkan pengganti Raya selama dia pergi dengan mendatangkan penjaga gawang asal Belanda, Mark Flekken, dari klub Bundesliga, Freiburg, di awal musim panas lalu.

Baca Juga: Risky Dwiyan Dilarikan ke Rumah Sakit Karena Cidera Tulang Belakang Ketika Sesi Latihan 

Meski dirinya lahir dan memiliki paspor Spanyol, David Raya telah menghabiskan karir profesionalnya di Liga Inggris.

Dia menjalani debut pertamanya sebagai pemain profesional pada tahun 2014 bersama klub legendaris Blackburn Rovers.

Sebelum akhirnya dia dipinang oleh Brentford pada musim panas tahun 2019, dan telah sukses menjadi pemain Internasional Spanyol.

Baca Juga: Lionel Messi Bawa Inter Miami Menuju Final Piala Liga Setelah Kalahkan Philadelphia Union

Kedatangan Raya ke klub London tersebut menambah persaingan di sisi penjaga gawang bersama dengan kiper nomor satu mereka, Aaron Ramsdale.

Ramsdale telah menjalani beberapa musim yang sangat luar biasa dibawah asuhan pelatih yang juga legenda Arsenal, Mikel Arteta.

Ramsdale juga diketahui sudah setuju untuk menandatangani kontrak jangka panjang dengan klub pada bulan Mei lalu.

Baca Juga: Setelah Moises Caicedo, Chelsea Siapkan Dana 93 Juta Pounds untuk Datangkan 2 Pemain Lagi ke Stamford Bridge

David Raya adalah seorang penjaga gawang modern pada abad ini, dia tidak hanya lihai dalam menepis tendangan atau menghalau umpan silang.

David Raya juga terkenal sangat pandai dalam hal melakukan operan, baik operan pendek maupun operan panjang.

Dia juga menjadi penjaga gawang dengan catatan melakukan sentuhan bola dan melakukan operan terukur paling banyak dibandingkan kiper lain di Liga Inggris.

Baca Juga: Waktunya Merdeka Finansial dengan Emas Bersama Pegadaian Menyambut Hari Kemerdekaan

Musim lalu, Raya mencatatkan save sebanyak 154 kali dalam setiap pertandingan, melakukan 1.882 sentuhan bola, dan 140 passing jauh sukses.

Catatan itu menjadikan dia sebagai kiper nomor satu dalam hal save, melakukan sentuhan bola, dan passing jauh sukses di Liga Inggris.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, juga merasa kesulitan kala timnya bertandang ke markas Brentford pada lanjutan Liga Inggris di bulan September 2021.

Baca Juga: Contoh Teks Doa agama Hindu bisa Dibaca pada HUT ke 78 RI 17 Agustus dengan Pesan Persaudaraan

David Raya menjadi aktor paling berpengaruh setelah umpan jauhnya diterima dengan sangat baik oleh Sergi Canos dan diselesaikan olehnya sehingga menghasilkan gol kedua untuk Brentford.

Pada pertandingan tersebut, Liverpool harus puas dengan hanya berbagi angka setelah timnya ditahan imbang dengan skor akhir 3-3.

Setelah selesai pertandingan, Klopp memberikan komentarnya tentang performa yang ditunjukan oleh Raya dalam pertandingan tadi.

Baca Juga: Viral, Lukisan Ilustrasi Ganjar Pranowo Beri Hormat ke Pahlawan Nasional: Lanjutgan!, Ini Maknanya

"Kiper (David Raya) itu bisa memakai nomor punggung 10. Dia telah mengirim beberapa bola luar biasa, persis seperti yang harus anda lakukan saat bermain melawan kami," kata Klopp dikutip Orbitindonesia.com dari Sky Sports 15 Agustus 2023.

Kualitas Raya yang diatas rata-rata tersebut bisa saja menjadi ancaman untuk Ramsdale yang dapat tersingkir dari posisi penjaga gawang nomor satu Arsenal.

Menarik untuk dinantikan bagaimana kiprah David Raya bersama Arsenal musim depan.***

Berita Terkait