DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Timor Leste Ingin Gabung Lagi dengan Indonesia, tapi Gengsi

image
Para pelajar mengibarkan bendera Indonesia dan Timor-Leste saat menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo dan delegasi di Dili, Timor Leste, 26 Januari 2016.

ORBITINDONESIA.COM - Timor Leste, Anda punya tetangga. Orangnya baik. Suka menolong bila lagi susah. Tapi, Anda malah tak menghiraukannya. Suka memalingkan wajah. Malah suka memuji orang jauh di seberang sana. Orang yang beda bahasa, kulit, agama, kelas, rasa, dan pendidikan.

Saat Anda sakit, tetangga dekat itulah yang membantu, bukan orang asing nun jauh di sana. Itulah gambaran Timor Leste. Tapi, itu dulu. Sekarang, sudah mau menegur tetangga yang suka menolong, Indonesia.

Timor Leste pernah menjadi provinsi ke-27 Indonesia. Saat jadi bagian kita, negeri kecil itu dibangun serius oleh Soeharto. Seperti anak emas. Dimanjakan dan diistimewakan. Siapa sangka, orangnya tak suka dibikin enak, disuapin, maunya makan sendiri.

Baca Juga: Dr Abdul Aziz: Gazalba Saleh dan Anehnya Logika Hukum MA

Dimotori Xanana Gusmao melakukan pemberontakan. Berjuang siang malam lewat perang gerilya melawan TNI/Polri. Banyak yang gugur kedua belah pihak. Perang ini menarik perhatian PBB.

Disponsori Australia, sukses membuat Indonesia mengikuti kemauan rakyat Timor Timur, yakni referendum. Digelarlah referendum dengan panitianya PBB pada 30 Agustus 1999.

Hasilnya, rakyat Timor lebih memilih cerai, talak tiga lagi, dengan tetangganya yang hanya dipisahkan garis imajiner. Pada 20 Mei 2002, Timor Leste dinyatakan merdeka dari Indonesia.

Mereka, rakyatnya pun bersorak-sorai gembira. Mereka beramai-ramai turun ke jalan merayakan kemerdekaan dari tetangganya. Mereka pun larut dalam kemerdekaan yang selama ini diimpikan.

Indonesia waktu itu presidennya alm BJ Habibie. Ia pun dihujat dan menjadi kartu merah sehingga MPR tak merekomnya jadi presiden untuk dipilih. Presiden berikutnya, membiarkan Timor Leste dengan jalannya sendiri. Walau sudah tak bertegur, suka malingkan wajah, Indonesia tetap senyum.

Baca Juga: Prediksi Skor BRI Liga 1: Persikabo 1973 vs Madura United, Laga Berat Laskar Padjajaran

Apa yang terjadi setelah mereka? Awalnya senang bangat. Kemakmuran dan kesejahteraan ada di depan. Bisa kaya ni negara. Tetangganya sering dicibir.

Kemakmuran yang mau dicapai semakin nyata. Karena, dua blok minyak dan gas bisa diekplorasi atas nama Timor Leste dan tetangga jauhnya, Australia. Dua blok minyak dan gas ini menjadi sumber kekayaan Timor. Sudah terbayang negara kaya macam Brunei yang juga mengandalkan minyak dan gas.

Waktu terus berjalan. Dua blok minyak terus disedot minyak. Lalu, mana hasilnya? Apakah sudah kaya, makmur, dan sejahtera? Nyatanya, Bank Dunia menyatakan Timor Leste masuk negara termiskin di dunia. Tetangganya sih senyum saja dengar berita itu.

Hasil minyak dan gas lebih banyak dinikmati Australia. Mau manas, tak bisa. Sebab, Australia yang banyak membantu saat mau merdeka. Minyak dan gas, teknologi Australia yang bisa jadikannya dolar.

Baca Juga: Bambang Dwi Suseno: Fenomena Tangping di China dan Waspadai Migrasi Ke Indonesia

Timor hanya punya wilayah, tapi tak bisa garap sendiri. Wajar, bila tetangga jauh itu lebih banyak diuntungkan. Soal kesejahteraan rakyat Timor, itu urusan pemerintah kalian. "Jangan pula kami disalahkan. Kami mengambil untung berdasarkan perjanjian," kata Australia. Tetangga sebelahnya bilang, "Rasakan sendiri!"

Tetangga yang baik hati terus membenahi rumahnya. Pintu batas dibuat megah. Jalan diperlebar dan dibuat mulus. Para pejuang pro NKRI dibuatkan rumah. Ekonominya terus digenjot.

Sementara Timor masih rumah gubuk. Miris melihatnya. Awalnya buang muka, sekarang mulai merengek setelah dinyatakan negara termiskin di dunia. Untung tetangga sebelah orang baik.

Ingin masuk anggota ASEAN, kata tetangga, "Baik, nanti kami bantu, cuma belum penuh ya" Timor masuk ASEAN walau baru satu kaki. Terus apa lagi yang kalian butuhkan, kata tetangga dekat. Minta bangunkan infrastruktur. Baik, kata tetangga dekat.

Baca Juga: Profil Lengkap Kirei Na Hana Ramadhani, Anggota Paskibraka di Upacara HUT ke 78 RI di Istana Negara

Indonesia pun mengirimkan BUMN membangun segala infrastruktur di sana. Mulai dari bandara, jalan, sampai pelabuhan digarap BUMN. Belum lagi barang-barang kebutuhan pokok, hampir 100 persen dari tetangga yang selalu senyum.

"Nyesal kami pisah dari Indonesia. Ternyata, Indonesia masih tetap perhatian dengan kita," kata salah satu netizen Timor Leste. Ungkapan penyesalan rakyat Timor Leste banyak beredar di medsos. Mereka ingin gabung lagi dengan kita, cuma masih gengsi.

Memang sudah merdeka, sudah damai, dan stabil, tapi apa gunanya juga bila dompet kosong. Bukannya sejahtera, malah sengsara. Mau buat duit sendiri saja tak bisa, masih gunakan dolar sebagai mata uang resmi.

Mau memajukan pendidikan, malah mengirimkan putra-putri sekolah ke Surabaya, Yogya, dan Bandung. Belum lagi kesehatan, lebih miris lagi. Puskesmas pun masih peninggalan tetangga dekatnya.

Baca Juga: Mengenal Sosok Baru di Drakor The First Responders 2 Setelah Kepergian Bong Bersaudara

Apalagi sains teknologi, ilmu pengetahuan, jangan dibandingkan. Antara langit dan bumi. Apalagi sektor pertanian, apa mau digarap, lahan suburnya hanya sedikit. Miris lihat kondisi Timor Leste. Bisa dilihat dari video vlog orang kita yang suka ke sana.

Apa yang bisa dipetik dari merdekanya Timor Leste? Kemerdekaan itu memang perlu perjuangan dan pengorbanan jiwa dan raga. Namun, mengisinya itu jauh lebih berat perjuangannya. Apalah artinya merdeka, kantong kosong, rumah gubuk, masih bergantung pada negara lain.

Bunyinya punya kedaulatan, nyatanya dikendalikan negara lain. Merdeka tapi sejahtera bak fatamorgana. Merdeka tapi kemakmuran tiada. Merdeka tapi banyak rakyat sengsara. Bagi yang mau merdeka, silakan saja, asal jangan macam Timor Leste.

(Rosadi Jamani, Satupena Kalbar)***

Berita Terkait