DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Gempa Berkekuatan 5,1 Magnitudo Guncang Ojai di Regency Ventura Terkuat selama Satu Abad Lamanya

image
Gempa Berkekuatan 5,1 magnitudo Dikabarkan Menerpa Wilayah California

 

ORBITINDONESIA.COM - California sedang diterpa bencana badai tropis yang melanda daerah mereka sejak akhir pekan lalu yang membuat situasi di kota tersebut tidak kondusif.

Disaat situasi genting karena badai tropis tersebut, terdapat laporan tentang adanya gempa bumi berkekuatan 5,1 magnitudo pada hari Minggu sekitar pukul 14:40 waktu setempat.

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa bumi tersebut berada sejauh 4,5 mil dari kota Ojai, California.

Baca Juga: Darurat Badai Hilary California dan Mexico Bersiap Menghadapi Potensi Ancaman Bencana Akhir Pekan Ini

USGS juga melaporkan bahwa ada setidaknya sepuluh kali gempa susulan yang terjadi di wilayah tersebut dan kekuatannya diperkirakan mencapai 2,5 magnitudo atau bahkan lebih dari itu.

Namun, Layanan Cuaca Nasional memberikan informasi kepada masyarakat agar tetap tenang karena gempa dahsyat tersebut diperkirakan tidak menimbulkan potensi tsunami.

Sementara Kantor Layanan Darurat Gubernur California mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan pemantauan dan mengkoordinasikan gempa tersebut dengan cermat.

Baca Juga: Terungkap Penyebab Jatuhnya Pesawat Pribadi di Jalan Tol Malaysia yang Makan Korban 10 Orang

Kantor Layanan Darurat Gubernur California juga mengatakan bahwa gempa tersebut merupakan pengingat penting kepada masyarakat untuk selalu siap terhadap situasi buruk yang mungkin terjadi.

Departemen Sheriff Wilayah Ventura mengatakan bahwa mereka sudah melakukan survei lewat udara di Bendungan Danau Casitas, Bendungan Matilija, dan sekitar kota Ojai.

Hasil survei tersebut dicermati oleh pihaknya, dan mereka sama sekali tidak menemukan adanya kerusakan di daerah tersebut.

Baca Juga: Kebakaran Hutan Yellowknife, Masalah Komunikasi dan Berita Miring di Facebook Hambat Evakuasi

Dalam siaran langsungnya, Dr. Lucy Jones mengatakan bahwa gempa berkekuatan 5,1 magnitute yang terjadi di hari Minggu merupakan yang pertama kali terjadi sejak terakhir di tahun 1932.

"Lokasi ini menarik untuk mengalaminya (gempa) di sana. Ini adalah pertama kalinya kami mengalami (gempa berkekuatan) 5 sejak 1932 tepat di lokasi ini dan bahkan di dalam cekungan Ventura," kata Dr . Lucy dikutip Orbitindonesia.com dari Keys News 21 Agustus 2023.

Getaran yang dihasilkan oleh gempa tersebut bisa dirasakan hingga Los Angeles County, Buellton di Santa Barbara County, hingga ke sebagian besar California Selatan.

Baca Juga: Heran, Ini 5 Alasan Banyak Lansia di Jepang Terlibat Tindak Kriminal

Beberapa penduduk yang tinggal di lokasi tersebut sudah mendapatkan peringatan telepon darurat setelah aktivitas seismik terjadi.

Peringatan telepon tersebut mengatakan, "Gempa terdeteksi! merunduk, berlindung, bertahanlah. Lindungi diri kalian sendiri!".

Gempa berkekuatan dahsyat tersebut terjadi ketika California sedang diterpa Badai Tropis Hilary sejak akhir pekan lalu.

Baca Juga: Profil dan Fakta Unik Han Hyo Joo, Ibu Tunggal di Drakor Moving hingga Chemistry yang dipuji Netizen

Para pejabat setempat masih melakukan pantauan lebih lanjut dan memperingatkan masyarakat bahwa badai terburuk masih belum datang.

Badai Hilary yang menerpa wilayah Las Vegas dan Los Angeles membuat kedua wilayah tersebut berada di dalam kondisi darurat.

Setelah gempa berakhir, Walikota Ojai, Besty Stix, mengatakan bahwa kerusakan yang dialami hanya satu kabel listrik yang dikabarkan putus di Fulton Street.

Baca Juga: Ibnu Chuldun Beri Apresiasi dan Peneghargaan kepada Mitra Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta

Stix juga mendapatkan laporan tentang banyaknya barang-barang yang jatuh dari rak di Ojai, Fillmore, dan Santa Paula.

"(Gempa) itu menjatuhkan barang-barang dari rak (ketika) kami sedang mengepel dan membersihkan (ruangan). Tidak ada yang terluka," kata seorang kasir Rains bernama Frances Fitting dikutip Orbitindonesia.com dari VC Star 21 Agutus 2023.

Fitting juga mengatakan bahwa setelah gempa berhenti, dia mendapatkan peringatan bahwa pusat gempa berada hanya berjarak beberapa mill dari tokonya.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Ganjar Ungguli Prabowo dan Anies

"Saya besar di San Francisco, jadi gempa bumi bukanlah hal baru bagi saya. Tapi ini mungkin salah satu yang terkuat yang pernah saya alami," katanya.

Fitting juga mengatakan bahwa gempa yang mengguncang daerahnya terasa sangat tajam dan berulang kali terjadi gempa susulan di daerah tersebut.

"Kami masih memiliki kekuatan dan sebagian besar masih utuh," katanya.

Baca Juga: Kembali WFH, Inilah Daftar Instansi Pemerintah di Jakarta yang Berada di Lingkungan Terpapar Polusi Udara Kota

Sampai saat ini masih belum diketahui lebih lanjut apa yang terjadi di wilayah tersebut, berita selanjutnya akan di update ketika sudah ada laporan lebih lanjut dari wilayah tersebut.***

Berita Terkait