DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Ada Cacat Keamanan, Pengguna Chrome Google di Komputer Windows, Mac dan Linux Harus Segera Update

image
Fitur Desain yang Ada di Google Chrome dan Jarang Orang Tau, Lengkap Beserta Cara Downloadnya.

ORBITINDONESIA - Pengguna browser Google Chrome di komputer Windows, Mac dan Linux disarankan untuk segera menginstal pembaruan terbaru, kata Badan Keamanan Siber Singapura (CSA), Kamis, 18 Agustus 2022.

Seperti dilaporkan straitstimes.com, Google telah meluncurkan pembaruan keamanan ke browser Chrome -nya yang mengatasi banyak kerentanan.

Ke-11 kelemahan tersebut termasuk yang tingkat keparahannya tinggi, yang dieksploitasi "di alam liar" - yang berarti peretas mungkin sudah menggunakannya untuk menargetkan perangkat biasa. Raksasa teknologi Google mengatakan dalam catatan pembaruannya pada hari Selasa, 16 Agustus 2022.

Baca Juga: Sistem e-Vote Pemilihan Ketum Iluni UI Bermasalah dan Dipersoalkan Forum Pemila UI Transparan

Selain deskripsi teknis singkat dari setiap perbaikan dalam pembaruan, Google tidak memberikan informasi lebih lanjut tentang kerentanan.

“Google biasanya tidak mengungkapkan banyak detail teknis tentang kerentanan kritis, sampai sebagian besar pengguna memiliki kesempatan untuk memperbarui browser mereka,” kata Dr Stas Protassov, salah satu pendiri dan presiden teknologi perusahaan keamanan siber Acronis.

Biasanya Google mengungkapkan informasi sekitar 90 hari setelah kerentanan dilaporkan, tambahnya.

Memperhatikan bahwa cacat tingkat tinggi dilaporkan pada 19 Juli, ia mengharapkan rincian kerentanan akan terungkap pada Oktober.

Baca Juga: Menang Melawan Bhayangkara FC, Jacksen F Tiago Mundur dari Persis Solo, Pendukung: Matur Nuwun

Biswajit De, konsultan teknis senior di Trend Micro, mencatat dari deskripsi singkat cacat bahwa itu melibatkan fitur di browser, yang memungkinkan peluncuran aplikasi dan layanan Web langsung dari halaman web.

“Sebagai browser No. 1 di dunia, sangat penting bagi pengguna untuk... mengunduh pembaruan keamanan yang diperlukan untuk menghindari menjadi korban serangan berbahaya,” tambahnya.

Browser Chrome di komputer biasanya diperbarui secara otomatis setelah ditutup dan dibuka kembali.

Tetapi pengguna dapat memeriksa apakah mereka menggunakan versi terbaru dengan mengklik tiga titik di sudut kanan atas browser, mengakses "Bantuan", dan kemudian mengklik "Tentang Chrome".

Baca Juga: Menang Melawan PSS Sleman di Maguwoharjo, Bobotoh Mulai Puji Persib Bandung

Tombol “Perbarui Google Chrome” akan hadir jika browser belum diperbarui dengan tambalan terbaru. Mengkliknya akan menerapkan pembaruan.***

Berita Terkait