DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Profil Lengkap Arist Merdeka Sirait, Perjalanan Karir dari Aktivis hingga menjadi Ketua Komnas PA

image
Simak profil lengkap Ketua Umum Komnas Anak, Arist Merdeka Sirait

 

ORBITINDONESIA.COM- Kabar mengejutkan dan duka datang dari Ketua Komnas PA Indonesia atau Perlindungan anak, Arist Merdeka Sirait dikabarkan telah meninggal dunia.

Ketua Komnas PA Indonesia Arist Merdeka Sirait meninggal dunia pada Sabtu, 26 Agustus 2023 pagi dikarenakan sakit simak profil lengkap yang telah dirangkum OrbitIndonesia.

Arist Merdeka Sirait yang menjabat Ketua Komnas PA Indonesia dikonfirmasi telah meninggal dunia di Rumah Sakit Polri Kramat Jati dan memulai karirnya sebagai aktivis pemerhati anak.

 Baca Juga: Hari Ini, Kualitas Udara di Jakarta Peringkat Ketujuh Paling Buruk di Dunia

Arist Merdeka Sirait adalah tokoh pemerhati anak Indonesia yang sering muncul di berbagai media massa untuk memberikan pandangannya tentang perlindungan terhadap anak.

Lahir pada 17 Agustus 1960, di Kota Pematangsiantar, Arist Merdeka Sirait mengawali karirnya sebagai aktivis pemerhati anak di Indonesia.

Awal perhatian Arist Merdeka Sirait jatuh pada kondisi anak Indonesia ketika usianya masih belia dan melihat banyak temannya yang tidak bisa mendapat kesempatan untuk sekolah.

 Baca Juga: Berikut Profil Lengkap Al Hilal, Klub Saudi yang Datangkan Neymar dengan Nilai Fantastis

Untuk mengatasi masalah ini ayah Arist Merdeka Sirait berinisiatif mendirikan sekolah untuk anak-anak yang tidak mampu mengenyam pendidikan karena faktor ekonomi.

Ayah Arist Merdeka Sirait yang berprofesi sebagai tukang jahit bersama sejumlah teman-temannya sukses mendirikan sekolah berbiaya murah di area perkebunan.

Dalam sekolah tersebut, ayah Arist Sirait Merdeka bersama teman-temannya menjadi koordinator sekolah murah tersebut.

 Baca Juga: Profil Jennifer Hermoso, Jadi Sorotan Setelah Presiden Sepakbola Spanyol Rubiales Mencium Bibirnya di Podium

Karena terinspirasi ayahnya, Arist Merdeka Sirait melanjutkan karirnya sebagai pemerhati anak sebagai aktivis.

Sebelum dikenal sebagai Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait, lebih dulu mendirikan Yayasan Komite Pendidikan Anak Kreatif Indonesia pada 1987.

Semasa hidupnya, Arist Merdeka Sirait sering memberikan pandangan dan kritikannya terhadap perlindungan anak di Indonesia.

 Baca Juga: Profil dan Fakta Unik Han Hyo Joo, Ibu Tunggal di Drakor Moving hingga Chemistry yang dipuji Netizen

Begitu banyak kasus kekerasan yang terjadi pada anak Indonesia membuat figur Arist Merdeka Sirait menjadi paling vokal untuk menyuarakan perlindungan anak Indonesia.

Karir Arist Merdeka Sirait terus berlanjut dalam perlindungan anak dengan mendirikan Komite Nasional Perlindungan Anak atau lebih dikenal Komnas PA.

Bersama kawan-kawan aktivis lain, Arist Merdeka Sirait menjadi garda terdepan untuk memberikan pandangan kritis perlindungan anak di Indonesia.

 Baca Juga: PROFIL LENGKAP Haji Ciut, Crazy Rich Kalimantan Selatan yang Menggelar Resepsi Pernikahan Anaknya Dua Minggu

Salah satu pendiri Komnas PA selain Arist Merdeka Sirait adalah Seto Mulyadi dan sama-sama berkecimpung di dunia perlindungan anak.

Saat lembaga Komnas PA berdiri Seto Mulyadi menjabat sebagai Ketua Umum dan Arist Merdeka Sirait bertugas sebagai Sekjen.

Pada tahun 1998, Indonesia memang belum memiliki lembaga perlindungan yang berfokus pada anak, sedangkan kasus kekerasan begitu marak terjadi.

 Baca Juga: Profil Lengkap Azizah Salsha, Anak Anggota DPR yang Menikah dengan Pratama ArhanPemain Sepakbola

Setelah menjabat selama 12 tahun dari tiga periode pemilihan, Arist Merdeka Sirait secara resmi menggantikan Seto Mulyadi sebagai Ketua Komnas PA.

Beberapa komentar kontroversial yang datang dari Arist Merdeka Sirait seperti mengkritisi keputusan rujuk Lesti Kejora dan Rizky Billar yang diduga mengalami KDRT.

Tidak berhenti sampai di sana, Arist Merdeka Sirait juga memberikan perlindungan kepada Agnes Gracia, kekasih Mario Dandy yang jadi tersangka kasus kekerasan terhadap David Ozora.

 Baca Juga: Profil Lengkap Lily Indriani Suparman Wenda, Pembawa Baki Bendera Merah Putih Upacara HUT ke 78 RI

Perlindungan ini diberikan karean Agnes Gracia masih dikategorikan di bawah umur untuk terlibat dalam kasus kriminal dan persidangan.

Sejauh ini jenazah dari Arist Merdeka Sirait masih berada di Rumah Sakit Polri Kramat Jati.

Menurut informasi, jenazah Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait akan dikebumikan di pemakaman keluarga di Porsea, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.***

Berita Terkait