DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Katakan Tidak Pada Makanan Gorengan, yang Berdampak Buruk Pada Arteri Anda

image
Ilustrasi makanan gorengan. (Foto: ners.unair.ic.id

ORBITINDONESIA.COM  - Jika ingin hidup sehat dan panjang usia, katakan "tidak" pada makanan gorengan.

Menggoreng makanan telah menjadi salah satu metode memasak yang paling banyak digunakan dalam satu abad terakhir. Ada beberapa makanan gorengan yang terkenal dan mendunia.

Makanan  gorengan itu adalah keripik kentang, ayam goreng, kentang goreng, bawang bombay, dan masih banyak lagi lainnya. Rasanya seperti surga, tetapi mereka adalah musuh nomor satu jika ingin hidup lebih lama.

Baca Juga: Ngeri! Pertama di Dunia Cacing Parasit Hidup di Dalam Otak Seorang Wanita Australia

Sedikit saja sudah cukup manfaatnya, tetapi terlalu banyak minyak berdampak buruk bagi arteri Anda. Dan makanan yang digoreng mengandung banyak sekali minyak dan lemak.

Selain itu, prosesnya sendiri lambat, sehingga makanan dapat menyerap sebagian besar lemak yang digunakan untuk menggorengnya.

Makanan yang tertutup lemak dan secara teratur menyumbat arteri dan meningkatkan kolesterol. Semua ini menyebabkan penyakit jantung.

Pada 2015, sebuah penelitian dipublikasikan di Journal of American Heart Association. Penelitian ini memperkenalkan hubungan langsung antara asupan makanan yang digoreng dan gagal jantung. Jadi siapa pun yang ingin hidup lebih lama harus menghindari makanan yang digoreng dengan cara apa pun.

Baca Juga: Dilarang Keras Phubbing, Perilaku yang Anti Sosial

Selain itu, setahun sebelumnya, pada tahun 2014, penelitian lain diterbitkan oleh jurnal American Society for Nutrition.

Penelitian tersebut menegaskan bahwa konsumsi makanan yang digoreng secara sering berhubungan langsung dengan risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2—atau bahkan penyakit arteri koroner.

Selain itu, jika ingin berumur panjang, hindari menggoreng makanan kaya karbohidrat seperti misalnya kentang. Makanan ini jika digoreng dalam bahan bersuhu tinggi seperti minyak panas, akan menghasilkan akrilamida. Ini adalah zat yang berhubungan langsung dengan risiko tinggi kanker.

Jika Anda ingin hidup lebih lama dan hidup sehat, pastikan untuk meminimalkan aktivitas menggoreng. Sebagai gantinya, gunakan versi makanan yang sama yang dipanggang atau dipanggang di oven.***

Berita Terkait