DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Presiden Joko Widodo Pimpin 12 Sidang di KTT Ke 43 ASEAN

image
Presiden Jokowi akan pimpin 12 sidang dalam perhelatan KTT ke 43 ASEAN di Jakarta pada 5 hingga 7 September 2023

ORBITINDONESIA.COM – Jelang perhelatan KTT ASEAN ke 43 di Jakarta sejumlah agenda akan dihadirkan mulai dari pembukaan hingga pertemuan bilateral termasuk melibatkan Indonesia sebagai tuan rumah.

Presiden Jokowi diagendakan melakukan 25 pertemuan dalam KTT ASEAN ke 43 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta pada 5 hingga 7 September 2023.

Dalam rangka persiapan menuju hari H, Presiden Jokowi menyempatkan waktu untuk meninjau persiapan venue pelaksanaan KTT ASEAN Ke 43 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta

Baca Juga: Sambut KTT ASEAN 2023, Pemprov DKI Jakarta Terapkan Sistem Buka Tutup 29 Ruas Jalan, Catat Waktu dan Lokasinya

Presiden Jokowi melihat masih diperlukan beberapa perbaikan minor dan hal itu akan segera ditangani oleh panitia

“Bendera kurang naik, gitu gitu aja,” katanya

Presiden beserta rombongan juga menyambangi sejumlah ruangan, salah satunya Media Center di Hall B JCC.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik Sepanjang Masa, Cocok Menemani Waktu Libur di Akhir Pekan

Selain itu, Jokowi juga mengunjungi ruang utama pertemuan KTT ASEAN di Plenary Hall JCC.

Terkait KTT ASEAN ke 43, Presiden Jokowi juga sudah menerima konfirmasi kehadiran para kepala kepala negara dalam kegiatan tersebut yang saat ini prosesnya sedang ditangani Kementerian Luar Negeri.

Ia menambahkan, agenda KTT ASEAN tahun ini memiliki banyak agenda penting, salah satunya akan fokus pada sektor ekonomi di kawasan ASEAN.

Baca Juga: Lirik dan Terjemahan Lagu Specialz, Opening Shibuya Incident Arc Anime Jujutsu Kaisen Season 2 dari King GNU

“Banyak (agendanya), tetapi fokusnya di ekonomi. Ya pada pertumbuhan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi,” katanya.

Usai meninggalkan sesi wawancara, Presiden Jokowi beserta rombongan melanjutkan peninjauan sejumlah tempat lainnya.

“Dalam tiga hari, Presiden Jokowi akan melakukan 25 pertemuan selama KTT ke-43 ASEAN,” kata Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi ketika memberikan keterangan pers di Media Center Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) KTT ke-43 ASEAN, JCC, Jakarta

Baca Juga: 4 Tragedi Pelanggaran HAM di Indonesia pada Bulan September dan Jadi Sejarah Kelam

Pertemuan tersebut terdiri dari 12 sidang KTT akan dipimpin langsung oleh Presiden. Selebihnya, Presiden akan melakukan 13 pertemuan bilateral dengan negara-negara yang menghadiri pertemuan tersebut.

Jokowi akan memimpin 12 KTT yaitu sesi pleno, pertemuan informal, KTT ASEAN-China, KTT ASEAN-Korea Selatan, dan KTT ASEAN-Jepang.

Selain itu KTT ASEAN-Amerika Serikat, KTT ASEAN-Kanada, KTT ASEAN-India, KTT ASEAN-Australia, KTT ASEAN-Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), KTT ASEAN Plus Tiga (China, Jepang, Korsel), serta KTT Asia Timur.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Tentang Bulan September yang Dipercaya Masyarakat di Indonesia

Dalam KTT ASEAN ke 43 ini total ada 22 negara yang hadir selain 11 negara ASEAN, yakni Indonesia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste.

Kemudian, ada sembilan negara yang mitra yang diundang di antaranya Republik Korea, India, Jepang, RRT, New Zealand, Kanada, Australia, Rusia, dan Amerika Serikat (AS).

Dengan tambahan dua negara lagi yakni, Bangladesh sebagai Ketua Indian Ocean Rim Association (IORA) dan Cooks Island sebagai Ketua Pacific Island Forum (PIF).

Baca Juga: Inilah 7 Fakta Menarik dari Keajaiban Danau Toba yang Perlu Diketahui

Indonesia juga akan mengundang organisasi internasional seperti Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), World Bank, International Monetary Fund (IMF), World Economic Forum, IORA, dan PIF.***

 

 

Penulis : Daffa Komala

Berita Terkait