DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Daftar Lengkap Formasi CPNS 2023 yang Menerima Semua Jurusan Lulusan S1

image
Daftar Lengkap Formasi CPNS 2023 yang Menerima Semua Jurusan Lulusan S1

ORBITINDONESIA.COM- Memasuki bulan September, buat generasi muda di Indonesia yang ingin mengabdikan diri untuk negara sebagai ASN atau PNS, berikut informasinya.

Kementrian PAN-RB menyebut bakal membuka pendaftaran ASN jenis CPNS dan PPPK pada pertengahan bulan September 2023.

Berikut daftar formasi CPNS 2023 yang membutuhkan semua jurusan lulusan S1. Semua jurusan bisa masuk ke formasi berikut ini, dengan kuota maksimal 5 persen.

Baca Juga: 4 Drakor Trending di Netflix yang Mendapat Respon Positif dari Penonton, Wajib Dimasukkan dalam List Tontonan


1. Penyuluh Sosial

Formasi CPNS Penyuluh sosial bertugas memberikan edukasi tentang pendidikan hingga kesehatan ke masyarakat sesuai daerah tujuan tugasnya.

Para penyuluh pada intinya bakal bekerja untuk memberikan informasi, bimbingan, serta pelayanan kesejahteraan sosial kepada sasaran program.

2. Pekerja Sosial

Formasi CPNS 2023 lulusan S1 berikutnya yakni pekerja sosial. Jenis pekerjaan ini biasanya ditemukan di lembaga penanganan kemiskinan, penanggulangan bencana, penanganan orang dengan kecacatan, perlindungan wanita, perlindungan anak, pengembangan masyarakat, dan banyak lagi.

Baca Juga: Hasil MotoGP Catalunya 2023, Diwarnai Kecelakaan Hebat, Aleix Espargaro dan Aprilia Mendominasi Podium

Tugas pekerja sosial ini memberikan bantuan atau pertolongan berupa pelayanan pada individu, kelompok, maupun masyarakat yang membutuhkan.


3. Penggerak Swadaya Masyarakat

Penggerak swadaya masyarakat banyak dibutuhkan di berbagai instansi. Tugasnya melakukan penyuluhan, melatih, dan mendampingi masyarakat untuk pengembangan komitmen perubahan.


4. Widyaiswara

Widyaiswara adalah Pegawai Negeri Sipil yang diangkat sebagai pejabat fungsional oleh pejabat yang berwenang untuk mendidik, mengajar, dan atau melatih Pegawai Negeri Sipil pada Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pemerintah.

Baca Juga: Liverpool Cukur Habis Aston Villa di Pekan ke 4 Liga Inggris, Szoboszlai Cetak Gol Perdana Bagi The Reds


5. Pengawas Penyelenggara Urusan Pemerintahan Daerah

Pengawas penyelenggara urusan pemerintahan daerah bertugas melakukan pengawasan, penyelenggaraan teknis urusan pemerintahan di daerah, dan di luar pengawasan keuangan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.


6. Perekayasa

Perekayasa adalah PNS yang bertugas melakukan pengkajian dan penerapan ilmu pengetahuan, serta teknologi untuk menghasilkan inovasi dan layanan teknologi.

Selain itu, seorang perekayasa juga harus mampu mengembangkan suatu sistem teknologi dan infrastruktur agar sesuai dengan programnya.


7. Pemeriksa

Formasi CPNS sebagai pemeriksa bertugas melakukan pengecekan terhadap suatu dokumen atau barang. Keaslian dokumen atau barang tersebut harus dilaporkan dengan baik dan benar sesuai prosedur.

Tim pemeriksa juga harus memberikan saran dan rekomendasi atas penyimpanan dan perawatan dokumen serta barang-barang.


8. Peneliti

Peneliti dalam ruang lingkup PNS adalah seseorang atau tim yang bertanggung jawab melakukan riset atau penelitian suatu masalah.

Penelitian ini seringkali dibutuhkan untuk pencarian fakta baru atau data terkini dalam bidang teknologi dan pengembangan ilmu pengetahuan.


9. Perencana

Formasi CPNS 2023 lulusan S1 berikutnya yaitu perencana. Perencana adalah PNS yang bertanggung jawab dalam dan merancang perkembangan suatu organisasi atau proyek yang akan atau sedang dilakukan oleh instansi.


10. Auditor

Auditor bertugas untuk meninjau dan memverifikasi keakuratan catatan keuangan, serta memastikan bahwa instansi atau perusahaan sudah mematuhi undang-undang perpajakan yang berlaku.

Apabila terdapat kesalahan data atau kecurangan dalam catatan keuangan suatu instansi, auditor berhak menyelesaikan dan memperbaiki sistemnya.


11. Analis Kebijakan

Formasi analis kebijakan bertanggung jawab untuk lebih mendalami tentang isu-isu teknik sosial yang nantinya dianalisis supaya bisa membawa solusi-solusi yang lebih baik.

Isu yang dianalisisnya bisa terkait dengan berbagai kebijakan seperti di bidang ekonomi, politik, sosial, hingga lingkungan.

Itulah daftar formasi CPNS 2023 untuk semua jurusan lulusan S1 yang sedang dibutuhkan.***

 

Berita Terkait