DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

VIRAL, Erick Thohir Tersingkir dari Bakal Cawapres Ganjar, yang Sudah Direstui Sandiaga dan Ridwan Kamil

image
Sandiaga Uno dan Raidwan Kamil.

ORBITINDONESIA.COM – Erick Thohir diyakini tersingkir dari bursa bakal Cawapres Ganjar Pranowo seperti diungkap oleh pegiat media sosial Rinny Budoyo lewat kanal youtube @2045 TV yang beredar luas.

Erick Thohir adalah Menteri BUMN yang memiliki elektabilitas tinggi sebagai bakal Cawapres bersama antara lain Sandiaga Uno, Ridwan Kamil Agus Harimurti Yudhoyono.

Ia selama ini diperjuangkan menjadi bakal Cawapres oleh Partai Amanat Nasinal (PAN) yang sekarang berkoalisi dan mendukung Prabowo Subianto selaku bakal Capres.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Tren Elektabilitas Erick Thohir Naik, Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno Turun

Menurut Rinny Budoyo dalam kanal youtube berjudul Rinny Budoyo: INI DIA NAMA CAWAPRES GANJAR YANG DISETUJUI JOKOWI seperti dilihat OrbitIndonesia Minggu 3 September 2023, Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil tinggal dipilih untuk kemudian disetujui oleh ketua umum partai politik yang bekerja sama mengusung ganjar Pranowo sebagai bakal Capres.

Menurut Rinny, Sandiaga Uno adalah kader PPP yang bekerja sama dengan PDI Perjuangan mengusung Ganjar.

Sedangkan Ridawan Kamil adalah kader Partai Golkar yang berkoalisi dengan Prabowo Subianto.

Rinny mengungkap bahwa munculnya Sandiaga dan Ridwam Kamil mendampingi Ganjar Pranowo sudah memperoleh persetujuan Joko Widodo akrab disapa Jokowi.

Baca Juga: Sandiaga Uno Membidik Kota Surabaya, Solo, Medan, dan Batam agar Jadi Destinasi Wisata Belanja

“Dan, dua nama ini kabarnya sudah mendapat restu dari Pak Jokowi juga,” kata Rinny.

Meski tersingkir, kata Rinny, Erick Thohir masih punya harapan untuk menjadi bakal Cawapres.

“Masih ada kemungkinan Bang Erick bisa terpilih jadi Cawapres Eyang Prabowo,” ujar Rinny.

Rinny menjelaskan bahwa Sandiaga dan Ridwan Kamil sudah dipanggil oleh Jokowi. Mereka diberitahu Jokowi bahwa akan menjadi bakal Cawapres Ganjar yang akan diputuskan oleh ketua umum partai koalisi.

Masuknya Sandiaga sebagai bakal Cawapres berpotensi menggerogoti suara Prabowo yang cukup kuat di Pulau Sumatra dan Indonedia bagian timur.

Sedangkan Ridwan Kamil berpotensi menambah kekuatan Ganjar di wilayah Jawa Barat maupun dukungan dari etnis Sunda yang jumlahnya 15 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

Selain itu, elektabilitas Ridwan Kamil ini relatif tinggi meskipun dia tidak mem-branding diri secara jor-joran.

Meski Ridwan Kamil punya potensi besar mendampingi Ganjar, ada sedikit batu kerikilnya. Ridwan Kamil adalah kader Partai Golkar yang sudah mendukung Prabowo.

Tetapi kalau Jokowi sudah memberi restu ke Ridwan Kamil, Golkar tidak mungkin gak bisa menolak. ***

Berita Terkait