DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Inilah Deretan Jejak Karir Inspiratif Ridwan Kamil Setelah Lepas Jabatan Gubernur di Jawa Barat

image
Inilah jejak karir Ridwan Kamil usai menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat.

ORBITINDONESIA.COM- Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S. T., M. U. D atau yang dikenal sebagai Ridwan Kamil memiliki jejak karir yang baik bagi masyarakat Jawa Barat dengan segala hasil pencapaian kerja kerasnya.

Kerap dipanggil Kang Emil oleh masyarakat, membuat jejak karir Ridwan Kamil sebagai pemimpin menoreh banyak prestasi dalam pembangunan wilayah Jawa Barat.

Selain sukses membawa Jawa Barat unggul, Ridwan kamil merupakan sosok pemimpin yang rendah hati dan inovatif, mulai dari menjabat wali kota Bandung hingga menjadi Gubernur Jawa Barat.

Baca Juga: Andap Budhi Revianto Dilantik Jadi Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara, Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Beri Selamat

Ridwan Kamil menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat sejak tanggal 18 September 2018 sampai berakhir masa jabatannya September 2023.

Adapun Ridwan Kamil menjadi salah satu figur yang sangat dihormati di Indonesia karena kontribusinya dalam bidang arsitektur, pemerintahan kota, dan politik.

Menjadi sosok pemimpin yang visioner, membuat Ridwan Kamil pada tahun 2019 mendapatkan penghargaan sebagai Inpirational Leader se-Asia Pasifik dalam acara Geovisinder Innovation Awards di markas PBB.

Baca Juga: Sangat Pedih, Seorang Pemuda Jadi Imam Sholat Jenazah untuk Bapak, Ibu, dan Empat Adiknya Meninggal Kecelakaan

Selain gelar pribadi, Kang Emil juga banyak memberikan penghargaan bagi Jawa Barat, seperti Pemerintah Provinsi Jawa Barat meraih penghargaan Layanan Investasi 2021 Terbaik kedua di Indonesia dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Penghargaan kedua datang dari Bank Indonesia, sebagai pemimpin ekonomi digital yang paling banyak mentranformasi jutaan merchant di Jawa Barat menggunakan QRIS untuk transaksi.

Menjadi Provinsi terbaik yang merespon pandemi Covid-19 dengan inovasi di ajang yang sama.

Ada beberapa faktor yang menjadi fokus dalam program kerja Ridwan Kamil selama menjadi Gubernur Jawa Barat, yaitu :

Baca Juga: Ivo Mateus Goncalves: Duit dan Politik Elektoral di Bolivia, Venezuela dan Nikaragua

1. Pembangunan Infrastruktur

Hal tersebut menjadi salah satu fokus utama Ridwan Kamil, di bawah kepemimpinannya sebagai Gubenrur Jawa Barat meluncurkan berbagai proyek infrastruktur penting, termasuk perbaikan jalan, pengembangan transportasi umum, dan pembangunan bandara baru di Bandung.

2. Pendidikan dan Kesehatan

Ridwan Kamil juga berkomitmen untuk meningkatkan sektor pendidikan dan kesehatan di Jawa Barat.

Mendukung pembangunan sekolah-sekolah baru dan upaya untuk meningkatkan akses pendidikan berkualitas bagi semua warga Jawa Barat.

Baca Juga: TNI Kerahkan Kapal Perang Mutakhir Amankan KTT Ke-43 ASEAN Jakarta

3. Pariwisata

Pariwisata merupakan sektor penting dalam visi pengembangan Jawa Barat.

Ridwan Kamil berusaha mempromosikan tempat-tempat wisata unik di provinsi ini untuk menarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mendukung ekonomi lokal dan kemajuan UMKM.

4. Pengembangan Kota Kreatif
Selain itu, Ridwan Kamil telah mempromosikan pengembangan kota kreatif di Jawa Barat.
Dapat mengembangkan kota-kota di provinsi ini sebagai pusat inovasi, seni, dan budaya.

Baca Juga: Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung Bakal Gratis Selama 3 Bulan, Ini Kata Ridwan Kamil

5. Pengelolaan Lingkungan
Kesadaran akan lingkungan juga menjadi perhatian pemerintah Jawa Barat.

Dengan mempromosikan program-program lingkungan yang berkelanjutan dan berusaha mengatasi masalah-masalah lingkungan seperti sampah plastik.

Meskipun masih banyak tantangan yang dihadapi, perannya sebagai Gubernur Jawa Barat terus menciptakan perubahan positif dan perkembangan dalam provinsi tersebut.

Baca Juga: Banyak Kecelakaan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil Mulai Garap Tol Khusus Tambang, Ini Wilayah yang Dilalui

Hingga sampai pada tahun ini menjadi tahun terakhir bagi Ridwan Kamil dalam menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat.

Ridwan Kamil dikenal sebagai pemimpin yang aktif, inovatif, dan berorientasi pada pembangunan baik di Jawa Barat maupun bagi pembagunan Indonesia.***

Berita Terkait