DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Turunkan 27 Pasang Abang None untuk Sambut Delegasi KTT ASEAN

image
Abang None Jakarta menyambut delegasi KTT ASEAN.

ORBTINDONESIA.COM - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menurunkan 27 pasang Abang None di ruang VIP Bandar Udara Soekarno-Hatta, untuk menyambut kedatangan delegasi VVIP Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN pada 4-6 September 2023.

"Kami mendukung penyambutan delegasi KTT ASEAN ke-43 di Bandara Soekarno Hatta dengan menerjunkan 27 pasang Abang dan None Jakarta tahun 2022 di ruang VIP Bandara Soetta," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Andhika Permata ketika dikonfirmasi di Jakarta, Rabu 6 September 2023.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Andhika menjelaskan, 27 duta wisata Jakarta tahun 2022 ini dibagi menjadi tiga jadwal dalam sehari. Pertama bertugas pukul 07.00-12.00 WIB, lalu kedua pukul 12.00-17.00 WIB, dan ketiga mulai pukul 17.00-22.00 WIB.

Baca Juga: Libatkan Konten Kreator Dunia, Dinas Pariwisata DKI dan Kementerian Luar Negeri Kolaborasi Promosikan Jakarta

"Setiap shift  akan bertugas sebanyak sembilan pasang Abang None," kata Andhika.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Andhika menjelaskan, dua pasang Abang None bertugas di bawah tangga pesawat untuk menyambut delegasi dan memakaikan cukin produksi UMKM Jakarta diiringi penari dari Dinas Kebudayaan.

Lalu satu pasang lagi berdiri di karpet merah dekat arah pintu kedatangan tamu dari pesawat.

“Abang None menempati posisi di bawah tangga pesawat menyambut para delegasi diikuti dengan tarian dari para penari dari Dinas Kebudayaan, dan satu pasang Abang None lagi berdiri menyambut di karpet merah," ujar Andhika.

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Baca Juga: Wali Kota Ari Maulana Hakim Minta Abang None Jakarta Utara Promosikan Sektor Wisata

Dalam pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta yang berlangsung pada 5-7 September di Jakarta Convention Center (JCC) ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendapat tugas mendampingi menteri untuk menyambut kedatangan  delegasi negara-negara ASEAN dan negara sahabat.

Mulai 4 September 2023 untuk kedatangan Negara Timor-Lester, Kamboja, Malaysia, Filipina, dan Bangladesh. Kemudian pada 5 September 2023 jadwal kedatangan Negara Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Jepang dan Amerika Serikat. Terakhir pada 6 September 2023 giliran delegasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Selandia Baru.

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Indonesia resmi menjabat Keketuaan ASEAN 2023 setelah menerima tongkat estafet dari Kamboja di Phnom Penh pada November 2022. Tugas keketuaan ASEAN dipegang Indonesia mulai Januari hingga akhir Desember 2023.

Indonesia telah menyelenggarakan KTT Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, NTT pada Mei 2023. Adapun rangkaian KTT Ke-43 ASEAN ini mengangkat tema Keketuaan ASEAN 2023 yaitu "ASEAN Matters Epicentrum of Growth".

Visi Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 ini mengarah kepada kemampuan pembangunan ASEAN berketahanan, adaptif, dan inklusif, serta berperan sentral dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat. ***

Berita Terkait