DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Pencerahan Politik: Menolak Ridwan Kamil, Memilih Mahfud MD

image
Ridwan Kamil digadang-gadang bakal jadi cawapres pendamping Ganjar Pranowo. Tapi ada yang menolak dan lebih suka pada Mahfud MD.

ORBITINDONESIA.COM - Tulisan saya ini, murni berdasar kajian akademis, bukan karena dasar like and dislike yang sifatnya personal dan subjektif. Dan, tidak saya tujukan melangkahi kewenangan Yth. Ibu Megawati Soekarnoputri.

Secara pribadi, saya menolak Ridwan Kamil menjadi Cawapres Ganjar Pranowo.

Pertimbangan saya adalah sebagai berikut: Pertama, Ridwan Kamil adalah kader Partai Golkar. Tidak etis, jika, sekali lagi jika, Ridwan Kamil menjadi Cawapresnya Ganjar, di saat Partai Golkar secara organisasi parpol mendukung Prabowo.

Baca Juga: Kubu Golkar Usulkan Airlangga Hartarto Jadi Bakal Cawapres Parbowo Subianto, Bukan Ridwan Kamil

Kedua, ketika Ridwan Kamil menjadi Gubernur Jabar, dari pemikiran saya, Ridwan Kamil, tidak bisa dikatakan sukses membuat Jabar menjadi pelangi Kebhinnekaan Indonesia.

Jika pertimbangannya elektoral Ridwan Kamil saat Pilgub Jabar, beberapa tahun yang lalu, yang kemudian diikuti pola pikir normatif dan menyimpulkan, bahwa Ridwan Kamil akan membawa Gerbong Jabar, itu kesalahan fatal.

Politik itu sangat dinamis, konsekuensi logis dari sebuah Peta Politik.

Peta Politik Jabar sudah berubah, dan tidak bisa serta merta membandingkan antara Pilgub dan Pilpres. Beda ruang dan waktu, dan tema.

Baca Juga: Luhut B Pandjaitan: Indonesia Miliki Banyak Potensi Penyimpanan Emisi Karbon

Sekali lagi, mengharapkan Ridwan Kamil membawa Gerbong Jabar, jika yang bersangkutan dicawapreskan, adalah kesalahan fatal, buah dari logika politik yang kepuntir.

Saya lebih memilih Mahfud MD menjadi Cawapres Ganjar Pranowo.

Pertimbangan rasionalnya adalah Mahfud MD mempunyai integritas atas komitmen kebangsaannya. Furthermore, spektrum politik Mahfud sangat lebar, dari perspektif elektoral.

Membahas elektoral Mahfud MD tidak bisa berfikir dengan satu variable, Mahfud MD. Namun, elektoral Mahfud MD adalah buah dari sebuah dinamika politik yang berkembang saat ini, yang dengan mudah, bisa disimulasikan secara matematis untuk sebuah prediksi.

Baca Juga: Daftar Pemain Lengkap Drakor My Lovely Liar, Romantis Fantasi yang Dibintangi Kim So Hyun dan Hwang Min Hyun

Bagaimana mengkuantifikasikan besaran-besaran politik yang sifatnya kualitatif, agar bisa dipakai sebagai variable dalam operasi matematis, adalah kunci suksesnya sebuah simulasi, menyederhanakan sebuah masalah yang rumit, agar mudah dipahami. Simple is always the best.

Munculnya pasangan capres-cawapres Anies-Imin, membuat kecewa dan sakit hati banyak orang. Selain itu, Anies dan Imin adalah dua sosok yang saling merugikan, karena ketidak sesuaian ideologi.

Muhaimin Iskandar sebagai Ketum PKB, elektoralnya amat sangat rendah sebagai cawapres, apalagi sebagai capres, relatif dibandingkan perolehan suara PKB pada Pileg 2019, yaitu dikisaran 10 persen.

Artinya? Muhaimin tidak dipilih oleh mayoritas pemilih PKB. Ancaman lebih serius, pemilih PKB bisa berpindah ke lain hati, gara-gara Imin berpasangan dengan Anies. Sekali lagi, karena ketidak sesuaian ideologi.

Baca Juga: Chris Evans Menikahi Alba Baptista Dalam Sebuah Pernikahan Yang Sangat Tertutup, Tamu Diminta Tandatangi Surat

Mahfud bisa menjadi magnet elektoral, bukan hanya bagi warna NU, namun juga bagi kelompok kanan yang sudah terlanjur terlalu ke kanan. Mengapa bisa begitu? Sangat simple, mereka dikecewakan Prabowo di Pilpres 2014 dan 2019. Prabowo sangat konsisten, yaitu selalu kalah dalam Pilpres.

Moreover, isu Tragedi 1998, kembali akan menghadang Prabowo, siapapun cawapresnya. Posisi Prabowo sangat sulit, rumit dan pelik saat ini.

Obviously, pragmatisme kelompok kanan di akar rumput sangat nyata. Ini yang saya maksudkan, spektrum politik Mahfud sangat lebar dalam mendulang elektoral.

Akan terjadi perpindahan massa besar-besaran dalam Pileg dan Pilpres 2024. PDI Perjuangan sukses di angka 34 persen dan Ganjar-Mahfud di angka 57 persen. Satu putaran, berapapun jumlah pasangan capres-cawapres yang muncul dan mendaftar di KPU.

Terimakasih.

Yogyakarta, 10 September 2023

Ir. KPH. Adipati, Bagas Pujilaksono Widyakanigara Hamengkunegara, M. Sc., Lic. Eng., Ph.D. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Seniman/Budayawan Yogyakarta. ***

Berita Terkait