DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

FEATURE: Thailand Berencana Mensahkan Pernikahan LGBT

image
Kaum LGBT di Thailand sedang unjuk rasa.

ORBITINDONESIA.COM - Kalau di Indonesia hak-hak LGBT terus diberangus, di Thailand yang terjadi sebaliknya. Di negara gajah putih itu, ada tanda-tanda bahwa pernikahan sesama jenis akan diizinkan

Selama ini Thailand yang mayoritas penduduknya beragama Buddha memang terkenal sangat menghargai perbedaan orientasi seksual. Komunitas LGBT di sana mungkin yang terbesar di seluruh Asia

Pria-pria berpenampilan cantik yang disebut lady-boy juga jadi salah satu daya tarik wisata di Thailand. Pawai perayaan hak-hak LGBT, Pride Parade, di Bangkok semakin diminati peserta.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Baca Juga: Mason Lee, Putra Sutradara Terkenal Ang Lee, Akan Berperan Sebagai Bruce Lee

Lebih dari 50 ribu orang ikut tahun ini, lebih dari dua kali lipat dari tahun lalu. Para politisi pun ikut berbaris dalam acara itu bersama masyarakat untuk mendukung kesetaraan gender.

Nah, sekarang terdengar parlemen Thailand sedang merancang undang-undang yang mensahkan pernikahan gay dan lesbian. Kalau ini gol, Thailand akan jadi negara pertama di Asia Tenggara yang resmi mengakui pernikahan sesama jenis.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Walau UU-nya belum disahkan, para aktivis pro hak LGBT sudah merayakannya di depan gedung parlemen. Mereka berpelukan bahagia dan mengibarkan bendera Pelangi.

Diperkenalkannya gagasan progresif ini tidak lepas dari lolosnya partai Move Forward Party atau MFP, ke parlemen. Partai anak muda ini mendapat kursi terbanyak.

Pita Limjaroenrat, yang baru saja mengundurkan diri dari posisi ketua MFP, bilang ini adalah bukti bahwa politik bisa bikin perubahan di Thailand.

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Baca Juga: Kinerja Penurunan Kemiskinan di Jawa Tengah Sebagai Modal Ganjar Pranowo Menjadi Calon Presiden 2024

Dia juga menegaskan, Thailand adalah negara bagi semua orang; tak peduli orientasi seksual atau identitas gendernya.

Di luar MFP, koalisi dari delapan partai politik juga berjanji bakal meloloskan undang-undang tersebut. Mereka bersepakat akan memastikan, semua pasangan punya hak yang sama tanpa peduli jenis kelaminnya.

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Apa yang terjadi di Thailand ini memang menarik untuk diikuti. Masyarakat Indonesia sih tampaknya masih belum bisa menerima pernikahan sesama jenis.

Tapi sikap yang lebih menghargai dan menghormati semua orientasi seksual jelas bisa membawa kebahagiaan kepada lebih banyak orang. Ini langkah penting buat dunia yang lebih adil dan inklusif. Yuk, saling menghargai sesama. ***

Berita Terkait