DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Peneliti SMRC Saidiman Ahmad: Mahfud MD Bisa Beri Efek Elektoral Signifikan kepada Ganjar Pranowo

image
Mahfud MD.

ORBITINDONESIA.COM - Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menilai, Mahfud MD bisa memberi efek elektoral sgnifikan kepada Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Saidiman menilai kualitas personal  Mahfud bisa memperkuat branding Ganjar Pranowo melalui rekam jejaknya yang bersih dan berani selama ini.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

"Branding integritas ini penting, karena salah satu kualitas personal yang dianggap paling penting oleh masyarakat untuk seorang pemimpin nasional adalah integritas," kata Saidiman dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu 24 September 2023.

Baca Juga: Aria Bima PDIP: Pendamping Ganjar Pranowo Mengerucut ke Tiga Orang; Sandiaga Uno, Mahfud MD, dan Ridwan Kamil

Menurutnya, di antara tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Mahfud adalah salah satu seorang tokoh paling populer dan diterima publik cukup baik.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Dia menjelaskan penentuan bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk Ganjar perlu dilihat dari aspek sejarah, misalnya PDI Perjuangan yang cenderung mengambil tokoh NU.

"Misalnya, di Pemilu 2019, K.H. Ma’ruf Amin akhirnya dipilih menjadi cawapres Jokowi," tambahnya.

Saidiman menilai sosok tokoh dari luar partai politik yang cukup kompetitif adalah Mahfud.

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Dari aspek sosiologi, dia menilai sosok Mahfud bisa memperkuat dukungan kepada Ganjar Pranowo di wilayah asalnya, Jawa Timur.

Berdasarkan data survei SMRC, Jawa Timur adalah salah satu basis massa bagi Ganjar, selain suara Ganjar mengalahkan suara bakal pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. ***

Berita Terkait