DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Rekomendasi 5 Wisata Air Terjun di Bali: Kombinasi Sempurna antara Petualangan Alam dan Budaya

image
rekomendasi lima air terjun indah di bali (sumber foto: instagram/@liburanbali)

ORBITINDONESIA.COM - Bali adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terkenal dengan destinasi wisatanya, mulai dari pantai, air terjun, hingga seni budayanya. Pulau Bali berada di seberang sisi timur Pulau Jawa, dipisahkan oleh sebuah selat bernama Selat Bali. 

Selama ini Bali lebih dikenal dengan destinasi wisata pantainya yang eksotis. Tapi asal kamu tahu, Bali juga menyimpan banyak keindahan alam yang harus kamu tahu, salah satunya wisata air terjun.

Meskipun pantai adalah destinasi utama para wisatawan di Bali, nyatanya lanskap hutan tropis yang hijau masih tetap terjaga, lengkap dengan air terjun yang tidak kalah indah dari destinasi wisata lain.

Baca Juga: Inilah Pemain Bintang BRI Liga 1 2023/2024 yang Bela Indonesia di Asian Games 2022

Berikut adalah rekomendasi lima air terjun yang menawarkan panorama alam di Pulau Bali:

1. Aling-Aling Waterfall, Buleleng, Bali.

Wisatawan yang menginginkan pengalaman mendalam tentang alam, air terjun Aling-Aling adalah solusi yang tepat untuk dikunjungi ketika berada di Bali.

Letaknya yang berada ditengah hutan hijau tropis, pengunjung akan merasakan panorama alam seperti belum pernah tersentuh oleh manusia sebelumnya.

Baca Juga: Link Nonton Streaming BRI Liga 1, Persija Jakarta vs Bali United Live di Indosiar Pukul 19.00 WIB

Air terjun Aling-Aling merupakan air terjun dua tingkat yang memiliki ketinggian 35 meter untuk tingkat pertama dan 15 meter untuk tingkat kedua.

Kolam air yang lumayan dalam dan air terjun yang tinggi memungkinkan wisatawan untuk melakukan kegiatan air seperti berenang, meluncur, atau terjun bebas.

Namun, wisatawan harus tetap berhati-hati dengan satwa liar yang ada di sana karena bisa jadi satwa liar tersebut membahayakan pengunjung dan barang-barang mereka.

Baca Juga: Manfaat Air Lemon untuk Meremajakan Kulit

Selain itu, tempat ini juga dianggap sangat sakral oleh masyarakat sekitar karena sering dijadikan sebagai tempat melakukan ritual spiritual dan keagamaan.

Karena hal itu, air terjun Aling-Aling merupakan kombinasi yang sempurna antara keindahan alam, petualangan, dan budaya lokal di Bali.

2. Leke Leke Waterfall, Tabanan, Bali

Air terjun Leke Leke mungkin masih terdengar asing ditelinga orang-orang kebanyakan dan mungkin wisatawan yang pernah berkunjung ke Bali.

Karena faktanya memang air terjun ini belum terkenal secara Internasional dan belum menjadi destinasi wisata yang umum dikunjungi di Bali.

Air terjun Leke Leke tersembunyi ditengah tumbuhan rimbun dan luas wilayahnya juga tidak begitu besar sehingga jarang sekali orang yang berkunjung kesana.

Karena hal tersebutlah kami merekomendasikan tempat ini bagi wisatawan yang ingin self healing, mencari tempat yang jauh dari kota, dan ingin menghindari keramaian.

Air terjun ini sangat indah karena diapit oleh dua tebing besar dengan tanaman liarnya yang hijau dan airnya yang jernih berwarna hijau kebiruan.

Namun tidak perlu khawatir, tempat ini juga masih menyediakan tempat parkir yang luas dan terdapat warung di sekitar air terjun tersebut.

Jadi wisatawan tidak perlu repot untuk parkir, makan, atau mendapat ancaman dari hewan liar karena masih banyak penjaga yang berada di sana.

3. Nungnung Waterfall, Badung, Bali.

Lanskap alam dan hutan hijau tropis yang terjaga kelestariannya di Bali selalu menyimpan keindahan alam yang tidak rusak karena campur tangan manusia.

Air terjun Nungnung merupakan kombinasi antara keindahan alam sejati dan karunia dari tuhan karena untuk menikmatinya, memerlukan usaha yang cukup rumit.

Nungnung Waterfall memiliki ketinggian hingga lima puluh meter sehingga memungkinkan airnya terjun bebas ke dalam kolam besar yang berada di bawahnya.

Wisatawan yang datang kesana dipersilakan untuk menikmati suasana alam yang indah dari pinggir kolam bebatuan, atau berenang ditengah-tengah kolamnya.

Letak georgrafisnya yang berada di tengah hutan hijau tropis yang masih tertutup dan berada di tengah dataran ketinggian menjadikan air di tempat ini lebih sejuk dibandingkan air dan udara di air terjun lain.

Terkadang air terjun ini juga dijadikan sebagai tempat upacara adat dan keagamaan, sehingga dapat memberikan wawasan unik kepada para wisatawan yang hadir.

Namun perlu diingat bahwa trek untuk mencapai air terjun ini sangat rumit, curam, dan terjal sehingga penting untuk memastikan perlengkapan dan barang bawaan yang memadai sebelum berangkat kesana.

4. Sekumpul Waterfall, Buleleng, Bali.

Air terjun Sekumpul merupakan bukti nyata keajaiban yang terdapat di dalam lanskap hutan hijau tropis di Bali yang masih sangat terjaga kelestariannya.

Secara keseluruhan, air terjun ini memiliki ketinggian hingga 80 meter dan mengalirkan air dari celah-celah tebingnya yang tinggi tersebut.

Air terjun ini cenderung kurang diminati oleh pengunjung dibandingkan destinasi wisata lain di Bali, sehingga tempat ini cocok untuk wisatawan yang sedang mencari ketenangan.

Letak geografisnya yang berada di dataran tinggi dan dikelilingi oleh pegunungan membuat udara dan air yang ada di air terjun Sekumpul menjadi lebih dingin.

Untuk mencapai tempat ini, pengunjung harus melakukan tracking melewati hutan dan juga anak sungai, sehingga cocok untuk mencari pengalaman berpetualang di alam.

Lokasinya juga dekat dengan Desa Sekumpul yang masyarakatnya ramah tamah kepada pengunjung, mereka juga senang berinteraksi untuk memberitahu kebudayaan dan kegiatan sehari-hari mereka.

5. Banyumala Twin Waterfall, Buleleng, Bali

Dinamakan air terjun kembar karena Banyumala memiliki dua jalur air yang terjun dari atas tebing tinggi menuju kolam besar yang berada di bawahnya.

Tempatnya yang berada di wilayah Buleleng yang merupakan dataran tinggi di Bali, membuat udara dan air yang ada di kawasan ini menjadi lebih sejuk.

Tracking menuju kawasan Banyumala juga relatif mudah. Meskipun melewati hutan, namun masih banyak jalan setapak yang landai sehingga ramah pejalan kaki.

Tempat ini juga tidak hanya menampilkan keindahan hutan yang alami saja, tapi juga terdapat banyak sekali taman-taman yang bisa digunakan untuk bersepeda dan tracking tambahan.

Itulah lima rekomendasi air terjun yang indah di Bali. Pastikan untuk mengetahui medan tracking menuju lokasi sebelum berangkat kesana, serta menyiapkan biaya masuk apabila diperlukan.

Selalu jaga kebersihan dan kesopanan selama berada di kawasan tersebut karena masih banyak penduduk asli yang tinggal di sekitarnya. Tertarik untuk pergi kesana?.***

Berita Terkait