DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Rayakan Ulang Tahun ke 25 Google Hadirkan Doodle Spesial dan Easter Egg Lainnya

image
Begini cara melihat Easter egg dan doodle spesial hari ulang tahun Google ke 25

 

ORBITINDONESIA.COM - Hari ini tanggal 27 September 2023 merupakan hari ulang tahun Google yang ke 25 tahun dan perusahaan ini sudah menyiapkan perayaannya.

Google pertama kali didirikan pada tahun 1998 dan pada tahun ini, perusahaan tersebut sudah menginjak usia seperempat abad perjalanan mereka.

Untuk merayakan hari ulang tahunnya, Google sudah menghias beberapa produknya termasuk penelusuran, hum untuk menelusuri, dan terjemahan yang akan memiliki easter egg spesial hari ulang tahun mereka.

Baca Juga: Han Hyo Joo Tampil Brutal di Film Believer 2 sebagai Bos Kartel Narkoba Terbesar dan Melawan Choi Jin Woong

Google didirikan oleh dua anak muda bernama Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka berdua masih menjadi mahasiswa doktoral di Universitas Stanford.

Page dan Brin saat itu bertemu di kampus pada tahun 1996 untuk mendiskusikan proyek penelitian mereka yang berfokus pada mesin pencari.

Mereka berdua kemudian mendirikan perusahaan pada tahun 1998 dengan nama Google, Inc. dengan sedikit modal yang mereka punya.

Baca Juga: Ramadhan Sananta Sudah Tiba di China untuk Perkuat Timnas Indonesia U24 di Asian Games 2022

Karena popularitas Google sebagai mesin pencari dirasa lebih relevan dibandingkan mesin pencari lain di masa itu, perusahaan ini semakin berkembang pesat,

Hingga akhirnya, perkembangan Google dibantu oleh beberapa investor termasuk Andy Bechtolsheim dan Sequoia Capital.

Selain berfokus pada mesin pencari, Google kemudian meningkatkan layanan mereka ke berbagai platform untuk membantu pekerjaan manusia seperti:

Baca Juga: Bima Sakti Ungkap Pemain Timnas Indonesia U17 Cepat Adaptasi Selama Pemusatan Latihan di Jerman

- Gmail (2004)

- Google Maps (2005)

- Google Earth (2005)

Baca Juga: Gitaris Queen Brian May Bantu NASA untuk Amankan Sampel Asteroid

- YouTube (dibeli Google pada tahun 2006)

Perusahaan ini kemudian terus menerus melebarkan sayapnya ke seluruh dunia dengan menghadirkan layanan dengan berbagai bahasa yang ada di dunia.

Karena sudah mendapatkan kepercayaan publik dan pengguna layanan mereka semakin banyak, Google kemudian membuat beberapa layanan baru seperti:

Baca Juga: Ternyata Ini yang Jadi Alasan Konflik Azerbaijan, Nagomo-Karabakh dan Armenia Semakin Memanas

- Android OS

- Google Drive

- Google Docs

Baca Juga: Review Drakor Song of The Bandits: Serial Netflix dengan Konflik Menegangkan Tapi Menakjubkan Secara Sinematik

- Dll.

Google juga sering ikut merayakan setiap momen, keberhasilan, dan hari besar di seluruh dunia dengan membuat doodle dan easter egg di mesin pencari mereka.

Pada hari ulang tahun ke 25 mereka hari ini, Google tentu saja sudah membuat doodle dan easter egg spesial untuk merayakannya.

Baca Juga: Hendry Ch Bangun Jadi Ketua Umum PWI 2023-2028

Easter egg tersebut akan muncul ketika seseorang menekan tombol mic yang ada di kolom pencarian dan berkata happy birthday atau selamat ulang tahun.

Seseorang juga dapat melihat easter egg tersebut dengan menelusuri keyword happy birthday atau selamat ulang tahun di kolom pencarian Google.

Cara yang sama juga berlaku di Google Translate, ketika kata tersebut diucapkan atau ditulis, maka seketika konfeti akan menghujani layar Google.

Baca Juga: Inspektur Jenderal Razilu: ASN Kemenkumham Wajib Memegang Teguh Integritas

Selain itu, Google juga sudah menyiapkan beberapa doodle spesial yang dirancang secara khusus untuk merayakan hari ulang tahun mereka yang ke 25.

Logo reguler Google juga sudah berubah untuk sementara dan dapat diliat di mesin pencari untuk keyword hari libur, acara, atau penghormatan terhadap individu terkemuka.

Doodle spesial tersebut dirancang untuk menghormati evolusi dari logo Google sejak logo pertama mereka di tahun 1998 hingga tahun ini dan ditambah dengan logo khusus ulang tahun ke 25.

Baca Juga: Profil Kim Nam Gil, Pemeran Lee Yoon dalam Drakor Song of The Bandits yang Sering Tampil di Banyak Drama Laga

Pada awalnya, Google sebenarnya sudah mulai beroperasi sejak 4 September 2023 sebagai hari lahir dan awal mula dibukanya layanan mereka untuk umum.

Namun, setelah adanya pengumuman bahwa mereka beralih dari cara mengindeks halaman, maka Google baru merayakan ulang tahunnya mulai tanggal 27 September 2005.

Doodle untuk Google hadir tidak lama setelah peluncuran perdana layanan perusahaan ini di tahun 1998 dengan tema "man stick figure."

Baca Juga: Perjalanan Politik Kaesang Pangarep hingga Kini Jadi Ketua Umum PSI: Sempat Tidak Ingin Terjun Ke Politik

"Man stick figure" dapat dilihat di belakang huruf O kedua dalam tulisan Google dan pemilihan tema tersebut dilakukan karena satu hal khusus.

Menurut berbagai sumber, doodle "man stick figure" dibuat ketika pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, mengambil cuti untuk menghadiri Burning Man Festival.

Sejak saat itu, doodle mulai dibuat untuk hari-hari spesial di seluruh dunia dan total doodle yang ada di Google sampai saat ini sudah lebih dari 5.000.

Baca Juga: Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Beri Penyuluhan Hukum Waris dan Merek kepada Warga Prapatan

Doodle unik tersebut dibuat khusus untuk memperingati banyak hal mulai dari perayaan hari Valentine, hari besar keagamaan, kemerdekaan, dan bahkan hari jadi es krim sundae.

Sekarang, Google sudah memiliki tim engineers dan ilustrator khusus yang bertanggung jawab untuk membuat doodle spesial tersebut yang disebut sebagai Doodlers. ***

 

Berita Terkait