DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Lagi, Menteri dari NasDem Terjerat Korupsi, Uang Puluhan Miliar di Kediaman Mentan Syahrul Yasin Limpo Disita

image
Lagi, Menteri dari Nasdem Korupsi, KPK Sita Puluhan Miliar Uang di Rumah Dinas Mentan Syahrul Yasin Limpo

ORBITINDONESIA.COM- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita uang tunai berjumlah puluhan miliar di rumah dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Kompleks Widya Chandra, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Syahrul Yasin Limpo merupakan salah satu menteri yang dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari Partai Nasdem.

Sebelumnya, KPK juga telah menangkap mantan Menkominfo Johnny G Plate dalam kasus dugaan korupsi BTS 4G. Johnny G Plate juga menteri yang dipilih dari Partai NasDem.

Baca Juga: Hasil Practice MotoGP Jepang 2023, Brad Binder Patahkan Dominasi Ducati

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan, usai menggeledah rumah dinas Mentan Syahrul Yasin Limpo, KPK menemukan uang puluhan miliar rupiah.

"Ditemukan antara lain sejumlah uang rupiah dan dalam bentuk mata uang asing," kata Ali dikutip Orbit Indonesia dari Antara, Jumat 29 September 2023.

Kemudian terkait informasi soal alat penghitung uang dalam penggeledahan tersebut, Ali menerangkan alat hitung uang tersebut memang dibawa oleh tim penyidik untuk melakukan penghitungan secara akurat.

Baca Juga: Gurita Dumbo Langka Terekam Saat Ekspedisi Laut Dalam, Inilah Penghuni Dasar Laut yang Penuh Misteri

Ali belum memberikan secara pasti nominal uang yang disita dalam penggeledahan tersebut, namun nominalnya mencapai puluhan miliar.

"Sekira sejauh ini puluhan miliar yang kemudian ditemukan dalam proses penggeledahan dimaksud," ujarnya.

Selain uang tunai, penyidik KPK menyita sejumlah barang bukti dalam bentuk dokumen dalam proses penggeledahan dimaksud.

Baca Juga: Prediksi Skor Manchester United vs Crystal Palace di Pekan ke 7 Liga Inggris, Live Dari Old Trafford Stadium

"Termasuk, beberapa dokumen seperti catatan keuangan dan pemberian aset bernilai ekonomis dan dokumen lainnya terkait dengan perkara," kata Ali.

Berbagai barang bukti yang ditemukan selanjutnya akan disita untuk dianalisis dan disertakan ke dalam berkas penyidikan, kata dia.

Penyidik KPK hari ini mengumumkan telah meningkatkan status kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) ke tahap penyidikan.

Baca Juga: Prediksi Skor Pekan ke 14 BRI Liga 1, Dewa United Melawan Persebaya Surabaya Live di Indosiar Pukul 15.00 WIB

Ali menerangkan penyidik KPK telah menetapkan sejumlah pihak sebagai tersangka dalam perkara tersebut.

Namun KPK belum bisa mengumumkan siapa saja pihak yang ditetapkan sebagai tersangka karena proses penyidikan dan pengumpulan alat bukti masih berlangsung.

"Dalam proses penyidikan di KPK sendiri berbeda ya, di KPK ada SOP dalam proses penyidikan pasti ada pihak yang ditetapkan sebagai tersangka. Namun, siapa tersangka yang ditetapkan? Pada saatnya nanti akan disampaikan," ujarnya.

Ali menambahkan detail perkara seperti siapa saja pihak yang ditetapkan sebagai tersangka beserta alat bukti, pasal dan konstruksi perkaranya akan disampaikan secara lengkap setelah proses penyidikan dinyatakan rampung.***

 

Berita Terkait