DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Perhatikan Kesehatan Mental: Kiat Penting Atasi Gangguan Psikologi dari Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang

image
Inila tips mengatasi gangguan kesehatan mental menurut dokter. (pixabay)

ORBITINDONESIA.COM- Dalam pernyataannya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni, menekankan pentingnya mengatasi gangguan kesehatan mental seperti depresi, kecemasan berlebihan, halusinasi, dan kecenderungan menyakiti diri sendiri atau bunuh diri.

Adapun dr. Dini Anggraeni mengimbau individu yang mengalami gejala-gejala gangguan kesehatan mental yang mengganggu produktivitas sehari-hari untuk segera mencari bantuan dari fasilitas layanan kesehatan.

Dia menekankan bahwa masyarakat sebaiknya tidak mencoba mendiagnosa diri sendiri saat mengalami gangguan kesehatan mental berdasarkan informasi dari internet, melainkan segera mendatangi profesional kesehatan.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

 Baca Juga: Perubahan Batas Usia Capres dan Cawapres Menurut Putusan MK: Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Pemilu 2024

Dia juga menyarankan agar individu mencari bantuan dari ahli yang kompeten, seperti mengunjungi rumah sakit yang menyediakan konsultasi terkait gangguan kesehatan mental.

Melalui konsultasi dengan tenaga kesehatan profesional di RSUD Kota Tangerang, individu dapat mengetahui penyebab gangguan kesehatan mental mereka dan menerima tindakan penanganan yang sesuai.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

dr Dini Anggraeni menyoroti bahwa seringkali orang terlihat sehat secara fisik namun mengalami masalah kesehatan mental.

 Baca Juga: Yasonna H Laoly: Aset Hasil Kejahatan Kasus Bank Century di Luar Negeri akan Dikembalikan ke Indonesia

Oleh karena itu, dia menekankan bahwa penilaian terhadap kesehatan mental seharusnya dilakukan oleh profesional yang berpengalaman.

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

RSUD Kota Tangerang, menurutnya, menyediakan layanan poli jiwa yang dapat membantu masyarakat dalam menangani gangguan kesehatan mental.

Dia juga menekankan bahwa masyarakat tidak perlu ragu atau takut untuk memeriksakan kesehatan mental mereka kepada tenaga kesehatan profesional yang ada di RSUD Kota Tangerang.

Baca Juga: Makin Diminati Pengguna, Pinjaman Digital BRI Ceria Bisa Proses Limit hingga Rp50 juta

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Selain itu dr. Dini Anggraeni menegaskan bahwa kesehatan psikis sama pentingnya dengan kesehatan fisik, dan oleh karena itu, masyarakat diharapkan dapat memberikan perhatian serius terhadap kesehatan mental diri sendiri, keluarga, dan kerabat terdekat.

Dia menyebut bahwa pemeriksaan kesehatan mental di RSUD Kota Tangerang juga dapat dilakukan dengan menggunakan BPJS Kesehatan.***

Berita Terkait