DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Perubahan Gaya Hidup yang Baik untuk Kesehatan Jantung

image
Gaya hidup mempengaruhi kesehatan jantung Anda.

ORBITINDONESIA.COM - Anda dapat mengurangi usia jantung, sehingga jantung lebih fit, dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup.

Mengubah rutinitas Anda bisa jadi sangat sulit, tetapi mungkin perlu jika Anda menginginkan jantung yang lebih sehat (melalui Cleveland Clinic).

Jika Anda tidak dapat melakukan perubahan gaya hidup secara menyeluruh, pilih satu atau dua faktor penting yang Anda ketahui dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan mulailah dari sana (melalui UCI Health).

Baca Juga: Bursa Transfer Liga 1: Resmi, Rizky Pellu CLBK dengan PSM Makassar

Baca Juga: Eep Saefulloh Fatah: Pendukung Anies dan PKS Harus Waspadai Amien Rais Syndrome

Saat hal tersebut menjadi lebih mudah, Anda dapat menerapkan perubahan lainnya secara perlahan. Tidak ada kata terlambat untuk menjadi lebih baik!

Bisa dicoba diet yang menyehatkan jantung. Sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, polong-polongan, biji-bijian, dan protein tanpa lemak jauh lebih sehat untuk jantung Anda dibandingkan makanan olahan, pengawet, dan makanan manis (via Harvard Health).

Baca Juga: Ingin Berkebun Tapi Halaman Sempit, Ini Tips Budidaya Kangkung dengan Sistem Hidroponik

Jika tujuan Anda adalah mengurangi usia jantung, Anda harus mempertimbangkan bagian mana dari pola makan Anda yang perlu diubah: bisa berupa makan berlebihan di akhir pekan, jenis makanan yang Anda konsumsi, atau hal lain.

Jika Anda menginginkan kabar baik, sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa mengonsumsi setengah ons hingga 3,5 ons cokelat hitam setiap hari dikaitkan dengan kesehatan jantung dan penurunan risiko stroke karena flavonoid dalam tanaman kakao (via UCI Health). Jadi, sesuap coklat setiap hari baik untuk Anda!

Baca Juga: Satrio Arismunandar Ajak Pegiat Media dan Penulis Pro Ganjar (P4G) Gaspol Artikel tentang Ganjar-Mahfud

Baca Juga: Kemenkumham DKI Gelar Diseminasi Penjaringan Calon Pemberi Bantuan Hukum, Ibnu Chuldun: Semangat Mengabdi

Ada juga yang namanya diet Mediterania. Sering disebut sebagai “diet jantung sehat”, diet ini menekankan banyak buah-buahan dan sayuran segar, biji-bijian, polong-polongan, dan kacang-kacangan.

Ini ditambah ikan dan unggas dalam jumlah sedang serta minyak sehat seperti minyak zaitun (via Harvard Health). Ini membatasi daging merah dan menghilangkan tambahan gula, lemak jenuh, dan kelebihan natrium, yang semuanya terkait dengan penyakit jantung.

Penelitian menemukan bahwa diet ini dapat mengurangi trigliserida, menjadikannya langkah yang pasti jika Anda ingin melakukan beberapa perubahan dalam pola makan Anda. ***

Berita Terkait