DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Survei Terakhir Ipsos Public Affairs, Pasangan Prabowo-Gibran Kalah Oleh Ganjar-Mahfud

image
Survei Terakhir Ipsos Public Affairs, Pasangan Prabowo-Gibran Kalah Oleh Ganjar-Mahfud

ORBITINDONESIA.COM- Sosok Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka santer dipasangkan dengan Prabowo Subianto sebagai Capres dan Cawapres. Namun, dalam survei terbaru ditemukan bahwa pasangan ini mampu dikalahkan oleh pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Demikian kesimpulan yang diperoleh dalam telesurvei yang dilaksanakan oleh Ipsos Public Affairs pada periode 17 – 19 Oktober 2023, atau setelah pasangan Ganjar – Mahfud dideklarasikan pada 18 Oktober 2023.

Dalam simulasi tiga nama, pasangan PrabowoGibran harus mengakui keunggulan pasangan Ganjar – Mahfud.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Baca Juga: Bawaslu Awasi Proses Pemeriksaan Kesehatan Anies Baswedan dan Cak Imin: Potensi Pelanggaran Pasti Ada

Dimana pasangan PrabowoGibran memperoleh 31,32 persen; adapun pasangan Ganjar – Mahfud mendapatkan 31,98 persen. Sementara Anies dan Muhaimin mendapatkan 28,91 persen suara.

“Dalam simulasi tiga suara dimana Prabowo dipasangkan dengan Gibran, masih ada responden yang menyatakan tidak tahu yaitu sebesar 7,79 persen," ujar Peneliti Ipsos Arif Nurul Iman saat menjelaskan temuan Telesurvei dengan tema ‘Dilema Prabowo Subianto’, Sabtu 21 Oktober 2023.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

"Jadi ketika Prabowo menggandeng Gibran, yang menang adalah Ganjar - Mahfud, meskipun ini kemenangan cukup tipis, hanya nol koma, atau masih dalam koridor Margin of Error,” tambahnya.

Baca Juga: Makin Keren! Ini Keuntungan Pinang Paylater, Permudah Pelaku Usaha Agen BRILink Akses Permodalan

Sementara itu, Erick Thohir menjadi sosok yang menaikkan elektabilitas Prabowo Subianto hingga mampu mengungguli pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dengan cukup signifikan.

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Dalam simulasi tiga pasangan Capres dan Cawapres menunjukkan bahwa pasangan Ganjar – Mahfud tertinggal sekitar 6 persen dari pasangan Prabowo – Erick Thohir.

“Pasangan Prabowo dan Erick Thohir memperoleh elektabilitas 37,53 persen; adapun Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mendapatkan 31,73 persen; sementara Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar raih 28,91 persen suara. Dan ada yang menyatakan tidak tahun sebanyak 1,82 persen,” ujarnya.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata di Indonesia yang Cocok untuk Mendinginkan Tubuh Menghadapi Cuaca Panas

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Temuan tersebut, menurut Arif, menunjukkan bahwa pasangan Prabowo dan Erick Thohir jika berpasangan bisa mendapatkan keunggulan diatas pasangan lainnya, baik Ganjar – Mahfud maupun Anies – Muhaimin.

“Jika dilihat jarak elektabilitas antara pasangan Prabowo Subianto – Erick Thohir dan Ganjar – Mahfud MD sektar 6 persen artinya cukup signifikan. Sudah bukan dalam koridor Margin of Error yang ditetapkan sebesar 2,83 persen,” ujarnya.

Arif menjelaskan bahwa dalam telesurvei yang dilakukan 17 – 19 Oktober 2023 tersebut, Ipsos meminta pendapat 1.207 responden. Dimana responden yang disurvei berada di 34 provinsi di Indonesia.***

Baca Juga: Jadi Juri Zayed Award 2024, Megawati Diwawancarai Radio Vatikan

 

 

Berita Terkait