DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

China Selesaikan Pembangunan 300 Silo Rudal Balistik Antarbenua

image
Ilustrasi rudal China.

ORBITINDONESIA.COM — Beijing menyelesaikan pembangunan setidaknya 300 silo rudal balistik antarbenua (ICBM) tahun lalu.

China “mungkin” sedang mengincar pengembangan sistem rudal bersenjata konvensional baru yang dapat menjangkau negara-negara bagian barat AS, Pentagon menegaskan dalam laporan terbaru tentang Kekuatan Militer China.

Laporan tahunan Departemen Pertahanan AS yang tidak dirahasiakan tahun ini mengenai perubahan militer dan keamanan China baru-baru ini mencakup aktivitas dari tahun 2022 hingga 2023.

Baca Juga: Link Nonton Streaming Aston Villa vs West Ham United Minggu Malam Ini WIB

Ini bukan merupakan perubahan besar dari laporan sebelumnya. Namun, departemen tersebut mencatat bahwa China terus mengembangkan persenjataan nuklirnya.

Pada Mei 2023, Beijing memiliki lebih dari 500 hulu ledak nuklir yang beroperasi, dan Washington memperkirakan jumlah tersebut “kemungkinan” akan bertambah menjadi lebih dari 1.000 hulu ledak nuklir yang beroperasi pada tahun 2030.

Angka-angka tersebut selaras dengan prediksi tahun lalu bahwa Beijing dapat memproduksi sekitar 1.500 senjata nuklir pada tahun 2035.

Selain itu, China menyelesaikan pembangunan tiga ladang silo propelan padat baru pada tahun lalu, yang terdiri dari setidaknya 300 silo rudal balistik antarbenua baru, kata Departemen Pertahanan AS.

Baca Juga: Profil Lengkap Bae Suzy, Pemeran Lee Doo Na Dalam Drakor Doona! yang Menyita Perhatian Karena Kecantikannya

“Apa yang benar-benar ingin kami lihat adalah agar mereka lebih transparan mengenai pengembangan nuklir mereka, dan juga melihat kemauan yang lebih besar dari mereka untuk mendiskusikan masalah stabilitas strategis dan pengurangan risiko ini dengan kami,” kata seorang pejabat senior pertahanan.

“Sepertinya PLA (Tentara Pembebasan Rakyat) sedang sibuk dalam bidang nuklir,” kata Meia Nouwens, kepala program China di Institut Internasional untuk Studi Strategis, mengenai laporan Pentagon mengenai perluasan program nuklir, dan menambahkan bahwa “beberapa dari” silo rudal balistik antarbenua kini kemungkinan besar telah diisi dengan senjata.

Selain meningkatkan persenjataan nuklirnya selama lebih dari satu tahun terakhir, Departemen Pertahanan yakin China mungkin sedang menjajaki pengembangan sistem rudal antarbenua baru yang dipersenjatai secara konvensional dan dapat menyerang sasaran di Hawaii, Alaska, dan di dalam kawasan Amerika Serikat.

Pejabat senior pertahanan mengatakan ini akan menjadi perluasan dari ambisi rudal balistik jarak pendek (yang relatif) yang telah diperluas selama dua dekade terakhir untuk mencakup rudal balistik jarak menengah.

Baca Juga: Sudah Rilis Seluruh Episodenya, Ini Review Drakor Doona! Menurut Pemirsa, Kecantikan Bae Suzy Bikin Terkesima

“Hal ini menimbulkan beberapa pertanyaan mengenai risiko terhadap stabilitas strategis, yang, sekali lagi, menurut saya, menyoroti pentingnya melakukan … pembicaraan langsung antara AS dan China mengenai topik ini, yang akan terus kami upayakan,” tambah pejabat tersebut.

Terkait Taiwan, ringkasan eksekutif laporan tersebut tidak merinci kekhawatiran langsung bahwa China berencana menginvasi Taiwan. Namun, laporan ini mencatat bahwa RRT telah “meningkatkan tekanan diplomatik, politik, dan militer.”

Misalnya, mereka mengutip “peningkatan tindakan provokatif dan destabilisasi” yang dilakukan PLA di dalam dan sekitar Selat Taiwan, termasuk serangan rudal balistik di Taiwan.

“PLA mempraktikkan elemen dari setiap tindakan militernya terhadap Taiwan selama latihan militer skala besar pada bulan Agustus 2022 yang bertujuan untuk menekan Taiwan, dan sekali lagi pada bulan April 2023 sebagai tanggapan terhadap transit Presiden Taiwan Tsai Ing-wen ke Amerika Serikat,” kata dokumen itu.***

Berita Terkait