DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Hamas vs Israel: Dapatkah Sarana Teknologi Rendah Secara Efektif Melawan Kekuatan Teknologi Tinggi?

image
Tentara Israel di perbatasan Gaza yang bersiaga jelang serbuan darat. Foto: REUTERS/GIL ELIYAHU

ORBITINDONESIA.COM - Angkatan Pertahanan Israel telah lama mengandalkan keunggulan teknologinya untuk menjamin keunggulan militernya.

Sebagai cabang militer dari “negara baru”, angkatan bersenjata Israel telah berada di garis depan dalam serangkaian inovasi teknologi militer – mulai dari pertahanan aktif untuk kendaraan lapis baja hingga perisai pertahanan rudal Iron Dome yang mereka banggakan.

Tembok Gaza juga dimaksudkan Israel untuk menunjukkan inovasi tersebut: Tembok baja setinggi 20 kaki, diperkuat dengan penghalang beton yang digali di bawah tanah.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga 1: Resmi, Rizky Pellu CLBK dengan PSM Makassar

Baca Juga: Apakah Militer Menjadi Lebih Baik dalam Peperangan Perkotaan?

Ini dilengkapi dengan sistem sensor yang sangat bagus, yang dihubungkan dengan senapan mesin kaliber besar yang dapat menembak. secara otomatis. Tembok itu tampak seperti sebuah keajaiban teknologi perang.

Namun, dalam nasib yang brutal, pada tanggal 7 Oktober Hamas menjadi Daud bagi Goliat Israel.

Baca Juga: Ingin Berkebun Tapi Halaman Sempit, Ini Tips Budidaya Kangkung dengan Sistem Hidroponik

Ketika Israel mengerahkan sensor darat canggih yang dihubungkan dengan menara seluler yang diikatkan ke senapan mesin dan pos komando yang dikendalikan dari jarak jauh, Hamas menghancurkan titik-titik seluler utama dengan drone kecil yang membawa amunisi kecil.

Ketika Israel membangun tembok baja yang tinggi, Hamas mendobraknya dengan bahan peledak dan dozer banteng. Bahkan serangan paraglider Hamas bukanlah sesuatu yang canggih atau baru: kelompok militan Palestina lainnya juga menggunakan taktik serupa, meskipun dalam skala yang lebih kecil, sekitar 35 tahun yang lalu.

Baca Juga: Kaya Banget, Segini Total Kekayaan Letjen Agus Subiyanto yang Bakal Jadi KSAD, Juragan Tanah

Baca Juga: Kemenkumham DKI Gelar Diseminasi Penjaringan Calon Pemberi Bantuan Hukum, Ibnu Chuldun: Semangat Mengabdi

Fase berikutnya dari perang ini akan mempertemukan solusi teknologi tinggi dengan permasalahan teknologi rendah.

Salah satu tantangan operasional utama yang dihadapi militer Israel – jika mereka mencoba membersihkan Gaza secara langsung – adalah Metro Gaza: sebuah labirin terowongan sepanjang 500 kilometer yang dilaporkan berada di bawah jalur tersebut.

Namun, meskipun terowongan ini mendapat banyak perhatian selama beberapa minggu terakhir, perlu diingat bahwa perang terowongan sudah ada sejak zaman kuno.

Baca Juga: Piala AFF U19: Kalahkan Filipina 5-1, Peluang Indonesia ke Semifinal Tetap Terbuka

Angkatan Pertahanan Israel, pada bagiannya, telah sibuk mengembangkan solusi terhadap masalah terowongan sejak perang darat besar terakhir di Gaza, Operation Protective Edge. Militer telah mengembangkan serangkaian mekanisme deteksi yang lebih baik untuk menemukan terowongan, serta penggunaan robot untuk mensurveinya.

Baca Juga: Buntut Video Viral, Komnas Perempuan Minta Pemkot Depok Berlakukan Larangan Masturbasi di Angkot

Pada akhirnya, Operasi Pedang Besi akan menguji “keuntungan” yang diterima tentara modern dari solusi canggih tersebut, dan sejauh mana solusi tersebut dapat dilawan dengan menggunakan teknologi yang lebih murah dan sederhana.

Pembelajaran ini tentu saja akan berlaku bagi Angkatan Pertahanan Israel, namun juga akan relevan bagi Amerika Serikat – militer lain yang juga mempunyai landasan yang sama terhadap gagasan teknologi peluru perak.***

Berita Terkait