DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Masalah Populasi Menua di Jepang Mungkin Merupakan yang Terburuk di Dunia

image
Populasi tua atau lansia di Jepang.

ORBITINDONESIA.COM - Masalah populasi menua di Jepang mungkin merupakan masalah terburuk di dunia, namun masalah ini juga dihadapi oleh semua negara maju.

Permasalahan ini tampaknya begitu sulit diatasi sehingga pernyataan ekonom Yale, Yusuke Narita, yang menyatakan bahwa orang lanjut usia sebaiknya melakukan bunuh diri massal menjadi berita utama internasional. Hal ini bukanlah usulan kebijakan yang serius, namun diperlukan tindakan radikal di Jepang.

Charles Goodhart berpendapat bahwa alih-alih negara membiayai kehidupan sehari-hari para pensiunan melalui dana pensiun negara, negara seharusnya memprioritaskan pembiayaan peningkatan biaya perawatan medis bagi para lansia.

Baca Juga: Hasil Pekan ke 18 BRI Liga 1 Persita Tangerang Melawan Bartito Putera Berakhir Tanpa Pemenang

Jepang mempunyai proporsi penduduk lanjut usia tertinggi di dunia, dengan 29 persen penduduknya berusia di atas 65 tahun. Angka-angka ini, ditambah dengan peningkatan angka harapan hidup, menimbulkan banyak permasalahan.

Orang lanjut usia cenderung membutuhkan lebih banyak perawatan medis, yang mahal dan memerlukan banyak sumber daya manusia.

Di sebagian besar negara maju, negara memberikan sebagian besar bantuan yang dibutuhkan, yang berarti semakin sedikit jumlah pekerja muda yang menanggung beban pajak. Hal ini menimbulkan permasalahan mengenai pertumbuhan ekonomi, dan mungkin yang lebih penting, keadilan antar generasi.

Di sinilah peran profesor ekonomi Yale bernama Yusuke Narita. Profil pria berusia 37 tahun di New York Times baru-baru ini memicu kemarahan atas pendapatnya bahwa solusi terhadap masalah populasi menua di Jepang adalah “bunuh diri massal” atau “seppuku massal”.

Baca Juga: Hasil Liga Inggris: Bruno Fernandes Jadi Penyelamat Manchester United Dalam Laga Melawan Fulham

Seppuku pada dasarnya mengeluarkan isi perut, sesuatu yang dilakukan oleh Samurai yang tidak terhormat di akhir abad ke-19. Dia kemudian melunakkan klaimnya, dengan mengatakan bahwa itu hanyalah “metafora abstrak”.

Namun komentar sebelumnya, yang dia sampaikan di mana dia memenuhi syarat atas dugaan “bunuh diri massal” tersebut, dengan membedakan antara perlunya kebijakan tersebut dan “Entah itu hal yang baik atau tidak, itu adalah pertanyaan yang lebih sulit untuk dijawab” menunjukkan bahwa dia memang bersungguh-sungguh. 

Meskipun Narita diduga memiliki cukup banyak pengikut di kalangan pemuda Jepang yang tidak puas, usulannya jelas tidak praktis, tidak bermoral, dan hampir pasti bersifat provokatif.

Namun masalah populasi lansia di Jepang masih memerlukan solusi. Terlebih lagi, masalah ini bukan hanya terjadi di Jepang, sebagian besar negara maju mempunyai populasi lansia yang semakin meningkat, dan sudah menghadapi versi masalah yang sama.

Baca Juga: Astaga, Israel Serang Generator Rumah Sakit Al Wafaa di Gaza

Negara sendiri tidak dapat menyediakan seluruh kebutuhan masyarakat yang mungkin akan hidup 20 atau 30 tahun setelah masa kerja mereka, dan hal tersebut juga tidak seharusnya terjadi.

Pajak yang lebih tinggi tidak bisa dihindari, namun negara harus memprioritaskan pembiayaan bagi “yang kalah” dalam lotere kesehatan, dibandingkan biaya hidup normal sehari-hari bagi para lansia.

Setiap individu harus membiayai rencana pensiunnya sendiri, jika negara ingin mampu mendukung mereka yang benar-benar membutuhkan perawatan.

Untuk lebih jelasnya, masalah mendasar BUKAN pada faktor usia, namun pada ketergantungan medis atau kebutuhan akan perawatan agar dapat melakukan aktivitas normal sehari-hari, sesuatu yang meningkat tajam seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: Newcastle vs Arsenal di Pekan ke 11 Liga Inggris: Prediksi Skor, Susunan Pemain, Link Nonton Streaming

Jika penduduk lanjut usia tetap bugar dan sehat (dan kemudian meninggal karena kerusakan organ secara tiba-tiba), mereka tidak memerlukan dukungan fiskal yang besar dari negara.

Namun, sebagian besar disebabkan oleh penyakit neurologis, seperti demensia dalam berbagai bentuknya, dan Parkinson, yang belum ditemukan obatnya oleh ilmu kedokteran, tetapi juga karena faktor lain seperti radang sendi, jatuh dengan tulang rapuh, osteoporosis, dan lain-lain. Lansia memang akhirnya membutuhkan dukungan negara.

Penyakit-penyakit ini tidak hanya membutuhkan perawatan pribadi, yang seringkali awalnya dilakukan oleh anggota keluarga.

Namun seiring dengan memburuknya penyakit ini, penyakit-penyakit tersebut juga memerlukan perawatan dari para perawat yang jumlahnya semakin banyak dalam populasi usia kerja yang semakin menurun, sehingga menyebabkan mereka tidak bisa memproduksi barang dan jasa lainnya.

Baca Juga: Hasil Pegadaian Liga 2, Semen Padang Sukses Comeback atas PSDS Deli Serdang

Diperkirakan sekitar 20 persen penduduk usia kerja di Jepang di masa depan mungkin diperlukan untuk memberikan layanan kesehatan. Terlebih lagi, banyak dari mereka yang menderita penyakit saraf jenis ini dapat bertahan hidup selama bertahun-tahun.

Saran mengenai robot sebagai pengasuh, yang seringkali muncul sebagai solusi untuk masalah ini, tidaklah meyakinkan. Bayangkan sebuah robot, dengan segala keterbatasan yang dimilikinya saat ini, mencoba membujuk penderita demensia agar meminum obatnya!

Namun permasalahan ini sangat membutuhkan solusi; statistiknya mengkhawatirkan. Para ahli demografi membagi penduduk lanjut usia menjadi tiga kelompok: tua-muda, berusia 65 hingga 75 tahun; tua, 75-85; dan tua-tua, 85 plus.

Proporsi mereka yang bergantung secara medis pada kelompok ini adalah sekitar 25 persen di antara kelompok usia muda; hampir 50% pada kelompok lama; dan lebih dari 75 persen di antara lansia. Saat ini, kelompok lanjut usia (75 - 85), dan lanjut usia (85+) kini merupakan segmen populasi dengan pertumbuhan tercepat di hampir semua negara maju.

Baca Juga: Hasil Pegadaian Liga 2, Sulut United Perpanjang Tren Negatif Persiba Balikpapan

Jika ilmu kedokteran dapat menyembuhkan, atau setidaknya membatasi, timbulnya penyakit-penyakit saraf, bahkan dengan memperpanjang usia harapan hidup, maka penuaan tidak akan menjadi masalah yang serius.

Namun kita tidak bisa berasumsi bahwa hal itu akan terjadi. Mungkin pendanaan penelitian harus diarahkan pada bidang-bidang yang akan sangat mengurangi ketergantungan terhadap kebutuhan perawatan selama bertahun-tahun.

Meski begitu, prognosisnya masih belum pasti karena otak merupakan organ yang jauh lebih kompleks dibandingkan, misalnya, jantung. 

(Charles Goodhart) ***

Berita Terkait