DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Ini Alasan Puluhan Seniman dan Budayawan di Solo Kompak Dukung Ganjar-Mahfud, Sampai Bikin Pernyataan Sikap

image
Ini Alasan Puluhan Seniman dan Budayawan di Solo Kompak Dukung Ganjar-Mahfud, Sampai Bikin Pernyataan Sikap/Antara

ORBITINDONESIA.COM- Puluhan seniman dan budayawan di Kota Solo, Jawa Tengah kompak memberikan dukungan kepada pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md pada Pemilihan Presiden 2024.

Pernyataan sikap para seniman dan budayawan itu tersebut dipimpin oleh perwakilan seniman sepuh St Wiyono dan perwakilan seniman muda Ahmad Anwar di Taman Sunan Jogo Kali Solo, Jawa Tengah, Senin malam 6 November 2023.

Pernyataan dukungan para seniman dan budayawan itu pada prinsipnya akan mendukung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md di Pilpres 2024.

Baca Juga: TPN Ganjar-Mahfud Ajak Masyarakat Waspadai Sabotase Suara, Amarsyah Purba: Jangan Bekerja Sendirian

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Para seniman menyatakan ada harapan mempertahankan dan pelestarian nilai-nilai budaya bangsa yang dilakukan oleh pasangan Ganjar-Mahfud.

"Dengan kesadaran kami menyampaikan pernyataan mendukung pencalonan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebagai pasangan capres-cawapres Pilpres 2024," katanya.

"Dengan seluruh kemampuan kami siap menghantar Ganjar Pranowo-Mahfud MD memimpin Indonesia periode 2024-2029," seru mereka.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Baca Juga: Imigrasi DKI Jakarta Awasi Ketat Orang Asing Jelang Pemilu, Sandi Andaryadi: Cegah Pelanggaran Sedini Mungkin

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan elemen alam, yakni tanah, air, dan tumbuhan dari Tim Perjalanan Simbolik dari Blitar yang akan melakukan perjalanan ke Batutulis, Bogor.

Tiga elemen tersebut diterima oleh Ketua DPC PDIP Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo. Pada kesempatan tersebut Rudy mengatakan kegiatan tersebut merupakan ide dari para relawan Jawa Barat yang ingin mengadakan gelar budaya.

"Dengan mengambil tanah dari bumi Blitar dibawa ke Batutulis, karena Solo dilewati maka diserahkan ke kami. Habis ini nanti ke Jogja, Purwokerto, Cirebon, Pasundan, Batutulis," katanya.

Baca Juga: Kasus Bullying Tinggi, Federasi Serikat Guru Indonesia Minta Setiap Sekolah Bentuk Tim Pencegahan

Terkait tiga elemen tersebut, dikatakannya, sebagai bagian dari pernyataan cinta terhadap tanah air.

"Apa yang disampaikan Pak Ganjar, ekonomi hijau dan ekonomi biru. Kami ingin langit kita jadi langit biru, bisa jadi udara segar, sehat, adanya tanah, air, pohon," katanya.

Sebagai penutup juga diselenggarakan pergelaran wayang kulit dengan dalang Ki Blacius Subono yang membawakan lakon Milik Anggendhong Lali.

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Rudy mengatakan judul tersebut berpesan bahwa sebagai umat manusia jangan lupa dengan apa yang sudah diberikan Tuhan kepada umatnya.***

Berita Terkait