DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Swedia Mengontrak KMW Jerman untuk Memperbarui Armada Tank Leopard 2 Miliknya

image
Ilustrasi Tank Leopard 2 buatan Jerman yang dimiliki Swedia.

ORBITINDONESIA.COM - Administrasi Materiel Pertahanan (FMZ) Swedia, badan pengadaan pertahanan Pemerintah, telah mengontrak Krauss-Maffei Wegmann (KMW), produsen tank tempur utama (MBT) Leopard 2 asli Jerman, untuk melakukan retrofit 44 unit pada akhir tahun 2026.

Perjanjian tersebut, yang ditandatangani oleh KNDS (perusahaan induk KMW) dan FMZ di pameran senjata internasional AUSA di Washington, juga mencakup opsi untuk memodernisasi semua MBT Leopard 2 Swedia.

Konsultan intelijen terkemuka, GlobalData, memberitakan bahwa Angkatan Darat Swedia saat ini mengoperasikan 120 unit tank berusia 30 tahun, yang awalnya pengadaannya antara tahun 1994-1999.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Baca Juga: Penjelasan Ending Dari Drakor Daily Dose of Sunshine, Apa yang Akan Terjadi di Akhir Perjalanan Jung Da Eun

Ditunjuk sebagai 'Stridsvagn 122', MBT Swedia dimodelkan pada KNDS' Leopard 2, namun dibedakan dari lapis baja pelindung ranjaunya mengikuti definisi konsep oleh kelompok kerja internasional dari Swiss, Belanda, Swedia dan Norwegia, di bawah pimpinan badan pengadaan Jerman.

Selain itu, MBT memiliki dispenser asap GALIX Prancis, tempat penyimpanan yang berbeda, dan palka kru yang lebih tebal.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Leopard 2 Jerman memiliki berat 62 ton, memiliki panjang 7,7m, lebar 3,7m dan tinggi 3m.

Stasiun komandan memiliki periskop independen, PERI-R 17 A2 dari Rheinmetall Defense Electronics (sebelumnya STN Atlas Elektronik) dan Zeiss Optronik.

Baca Juga: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Raih Penghargaan Terbaik dalam Indeks Tata Kelola Pengadaan

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

PERI-R 17 A2 adalah pemandangan periskop panorama yang distabilkan untuk pengamatan siang/malam dan identifikasi target, yang memberikan pandangan sekeliling dengan lintasan 360°. Gambar termal dari periskop komandan ditampilkan di monitor.

Sebuah program telah dilaksanakan untuk menggantikan sistem hidrolik H-WNA yang ditingkatkan dengan E-WNA, yang merupakan sistem lanjutan senjata listrik.

Penggantian dengan E-WNA memberikan keuntungan sebagai berikut: turret tidak memiliki cairan hidrolik bertekanan, tingkat kebisingan yang lebih rendah dan konsumsi daya dan pembangkitan panas yang lebih rendah, keandalan yang lebih baik dan persyaratan perawatan dan servis yang lebih rendah, penghematan biaya pengoperasian, dan properti penyimpanan jangka panjang yang baik. 

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Sementara itu, pesanan terbaru FMZ terdiri dari peningkatan daya tembak, tingkat perlindungan yang lebih tinggi dan langkah-langkah digitalisasi tambahan, serta paket logistik.

Pesanan ini sudah lama datang karena upgrade ini akan dikirimkan 25 tahun setelah Angkatan Darat Jerman mengupgrade 225 tank 2A5 miliknya menjadi konfigurasi 2A6, yang pertama dikirimkan pada Maret 2001. ***

Berita Terkait