DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Sudah 9.000 Tentara Ukraina Tewas Sejak Operasi Militer Rusia, Enam Bulan Lalu

image
Sekitar 9000 Pasukan Ukraina Tewas Sejak Invasi Rusia

ORBITINDONESIAOperasi militer Rusia ke Ukraina telah menewaskan sekitar 9.000 tentara Ukraina sejak dimulai hampir enam bulan lalu, kata seorang jenderal. Pertempuran Senin, 22 Agustus 2022, tidak menunjukkan tanda-tanda bahwa perang akan mereda.

Pada acara veteran, kepala militer Ukraina, Jenderal Valerii Zaluzhnyi, mengatakan, banyak anak-anak Ukraina perlu dirawat karena “ayah mereka pergi ke garis depan dan, mungkin, adalah salah satu dari hampir 9.000 pahlawan yang tewas.”

Di Nikopol, di seberang sungai dari pembangkit listrik tenaga nuklir utama Ukraina, penembakan oleh Rusia melukai empat orang Senin, kata seorang pejabat.

Baca Juga: Qatar Menahan 60 Pekerja yang Memprotes Terlambatnya Pembayaran Upah Sebelum Piala Dunia 2022

Kota di Sungai Dnieper itu telah menghadapi serangan tanpa henti sejak 12 Juli. Ini telah merusak 850 bangunan dan membuat sekitar setengah dari 100.000 penduduknya mengungsi.

“Saya merasa benci terhadap orang Rusia,” kata Liudmyla Shyshkina, 74 tahun, berdiri di tepi apartemen lantai empatnya yang hancur di Nikopol, yang tidak lagi berdinding.

Dia masih terluka akibat ledakan 10 Agustus, yang menewaskan suaminya yang berusia 81 tahun, Anatoliy.

“Perang Dunia Kedua tidak menewaskan ayah saya, tetapi perang Rusia yang mengambilnya,” kata Pavlo Shyshkin, putranya.

Baca Juga: Jangan Sombong, Kita Semua Diciptakan Tuhan dari Debu dan Tanah 

PBB mengatakan 5.587 warga sipil telah tewas dan 7.890 terluka dalam invasi Rusia ke Ukraina yang dimulai pada 24 Februari, meskipun perkiraan tersebut kemungkinan kenyataannya lebih besar.

Badan anak-anak PBB mengatakan pada Senin, setidaknya 972 anak-anak Ukraina telah terbunuh atau terluka sejak Rusia menginvasi.

Direktur Eksekutif UNICEF Catherine Russell mengatakan, ini adalah angka yang diverifikasi oleh PBB tetapi “kami yakin jumlahnya jauh lebih tinggi.”

Presiden AS Joe Biden dan para pemimpin Inggris, Prancis, dan Jerman pada Minggu meminta Rusia untuk mengakhiri operasi militer yang begitu dekat dengan pembangkit nuklir Zaporizhzhya - yang terbesar di Eropa.

Baca Juga: Amerika Serikat dan Korea Selatan Memulai Latihan Militer Gabungan Terbesar

Tetapi Nikopol dihujani tembakan tiga kali semalam dari roket dan mortir. Rumah-rumah, taman kanak-kanak, stasiun bus, dan toko-toko menjadi sasaran, kata pihak berwenang.

Ada kekhawatiran yang meluas bahwa penembakan dan pertempuran yang terus berlanjut di daerah itu dapat menyebabkan bencana nuklir.

Rusia telah meminta pertemuan mendesak Dewan Keamanan PBB pada Selasa, 23 Agustus 2022, untuk membahas situasi tersebut. Ini sebuah langkah “keberanian” yang dikecam oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dalam pidato video malamnya.

“Jumlah total rudal jelajah Rusia yang digunakan Rusia untuk melawan kami mendekati 3.500. Tidak mungkin menghitung jumlah serangan artileri Rusia; ada begitu banyak, dan mereka sangat gencar,” kata Zelensky, Senin.

Baca Juga: Daftar Lengkap 24 Nama Anggota Polisi yang Dimutasi Kapolri Terkait Brigadir J, Ada Bharada RE dan Bripka RR

Negara-negara Barat telah menjadwalkan pertemuan Dewan Keamanan PBB pada Rabu, 24 Agustus 2022 – tepat peringatan enam bulan invasi Rusia - mengenai dampaknya terhadap Ukraina.

Vladimir Rogov, seorang pejabat administrasi yang dipasang Rusia di wilayah Zaporizhzhia yang diduduki, mengklaim bahwa karena penembakan dari Ukraina, jumlah staf di pembangkit nuklir itu telah dipotong tajam.

Ukraina mengatakan Rusia menyimpan senjata di pabrik dan telah memblokir area untuk pekerja nuklir Ukraina.

Pengumuman Senin tentang cakupan kematian militer Ukraina sangat kontras dengan militer Rusia, yang terakhir memberikan pembaruan pada 25 Maret. Ketika itu dikatakan, 1.351 tentara Rusia tewas selama bulan pertama pertempuran.

Baca Juga: Mantan PM Pakistan, Imran Khan, Dituduh Terlibat Terorisme

Para pejabat militer AS memperkirakan dua minggu lalu bahwa Rusia telah kehilangan antara 70.000 hingga 80.000 tentara, baik yang tewas maupun yang terluka dalam aksi tersebut.***

Berita Terkait