DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Hasil Grup A Piala Dunia U17 2023 Timnas Indonesia Hanya Mampu Imbangi Ekuador

image
Timnas Indonesia menahan imbang Ekuador dalam laga pembuka Grup A Piala Dunia U17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya Jumat 10 November 2023 malam WIB

ORBITINDONESIA.COM – Laga perdana Grup A Piala Dunia U17 2023 hadirkan Timnas Indonesia melawan Ekuador berakhir imbang 1-1.

Laga perdana Piala Dunia U17 2023 antara Timnas Indonesia melawan Ekuador berlangsung di Stadion Gelora Bun Tomo Surabaya Jumat 10 November 2023 malam WIB.

Sejak wasit Espen Eskas dari Norwegia membuka pertandingan, Timnas Indonesia dan Ekuador saling menenkan membuat laga semakin menarik.

Baca Juga: Piala Dunia U17 2023: Aprisman Aranda Jadi Wasit ke 4 Laga Mali Melawan Uzbekistan

Peluang pertama di peroleh Ekuador ketika laga berjalan dua menit lewat tendangan keras dilepaskan Juan Rodriguez dari luar kotak penalti.

Beruntung bagi Timnas Indonesia, bola yang datang masih bisa diamaankan oleh Ikram AL Giffari dan kedudukan masih 0-0 untuk kedua tim.

Timnas Indonesia tebar ancaman pada menit ke 8 lewat tendangan Ji Da Bin, namun bola pemain diaspora dari Korea Selatan ini masih melambung tinggi di atas gawang Ekuador.

Baca Juga: Pemain Mali, Mamadou Doumbia Langsung Pimpin Daftar Top Skor Piala Dunia U17 2023 Usai Taklukkan Uzbekistan

Irkham kembali lakukan penyelamatan dengan memotong bola umpan dari Elkin Ruiz di menit ke 10. Afrsial berhasil mencuri bola dari kiper Ekuador pada menit ke 16.

Lalu lepaskan tendangan langsung menuju gawang Ekuador, namun laju boa masih terlalu lemah hingga mampu diamankan barisan belakang Ekuador.

Pada menit ke 21, Ekuador kembali menciptakan peluang lewat tendangan Michael Bermudez di depan gawang Timnas Indonesia namun masih melambung tinggi.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia U17 2023 Grup A, Maroko Sukses Raih Tiga Angka atas Panama

Timnas Indonesia berhasil memimpin lebih dulu atas Ekuador pada menit ke 22 yang berawal dari Afrisal dari sisi kiri pertahanan Ekuador lalu berikan umpan ke kotak penalti.

Bola yang datang sempat ditepis oleh kiper Ekuador namun bola muntah tersebut dicetak oleh Arkhan Kaka Purwanto.

Gol ke gawang Ekuador catatkan Arkhan Kaka Purwanto sebagai pemain Timnas Indonesia pertama yang mencetak gol di arena Piala Dunia U17.

Baca Juga: Piala Dunia U17 2023: Timnas Mali U17 Habisi Uzbekistan di Laga Perdana Penyisihan Grup B di Stadion Manahan

Timnas Indonesia unggul lebih dulu 1-0 atas Ekuador. Namun keunggulan Timnas Indonesia dapat dibalas oleh Ekuador pada menit ke 28.

Berawal dari aksi Santiago Sanchez di sisi kanan pertahanan Indonesia mampu lepaskan umpan lambung ke kotak penalti timnas Indonesia.

Penyerang Ekuador Allen Obando yang berdiri bebas tanpa kesulitan lepaskan tandukkan membuat bola bersarang ke pojok kanan atas gawang Ikram. Skor pun berubah bagi Ekuador menjadi 1-1.

Baca Juga: Bencana Kemanusiaan di Gaza: Tragedi 92 Anggota Staf PBB yang Gugur di Balik Blokade

Ekuador mencetak gol keduanya lewat Jari Collahuazo di menit ke 45 usai manfaatkan kemelut di depan gawang Timnas Indonesia.

Namun gol tersebut dianulir wasit Espen Eskas setelah pemain dianggap offside, keputusan tersebut keluar setelah mendapatkan informasi dari wasit VAR

Hingga tambahan waktu 4 menit dan wasit Espen Eskas meniupkan peluit tanda berakhirnya babak pertama dengan kedudukan 1-1 untuk kedua tim.

Baca Juga: Inilah Dia Profil Lengkap Wamenkumham Eddy Hiariej yang Jadi Tersangka Suap dan Gratifikasi

Lepas turun minum, pertandingan semakin menarik karena Ekuador maupun Timnas Indonesia saling jual beli serangan dalam menambah pundi pundi golnya.

Ekuador mendapatkan peluang lewat Michael Bermudez di depan gawang Ikhram di menit ke 56 namun masih melebar di sisi gawang Timnas Indonesia.

Petaka bagi Timnas Indonesia harus kehilangan Jehan Pahlevi di menit ke 62 karena cidera dan harus ditandu ke luar lapangan dan posisinya digantikan oleh Nabil Asyura.

Baca Juga: Fakta Unik Jang Dong Yoon, Pemeran Song Yoo Chan, di Drakor Daily Dose of Sunshine yang Pernah Jadi Pahlawan

Timnas Indonesie mendapatkan peluang pada menit ke 80 lewat tendangan spekulasi Achamad Zidan namun masih melebar di sisi kanan gawang Ekuador

Hingga tambahan waktu 13 menit dan wasit Espen Eskas dari Norwegia meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan dengan kedudukan 1-1 bagi Ekuador dan Timnas Indonesia.

Bagi Timnas Indonesia ini adalah poin pertama dan bersejarah dalam debutnya di ajang Piala Dunia U17 2023.

Baca Juga: Fedi Nuril Ungkap Sosok Pahlawan Inspiratif yang Mengajarkan Kesabaran dan Dedikasi, Ternyata Ini

Selanjutnya Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Panama yang sebelumnya kalah dari Maroko pada Senin 13 November 2023 pukul 19.00 WIB.

Sementara Ekuador akan bentrok dengan Maroko yang sukses membuka laga Piala Dunia U17 2023 dengan kemenangan atas Panama pada hari yang sama pukul 16.00 WIB ***

 

Berita Terkait