DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Hentikan Perang di Gaza, OKI dan Liga Arab Beri Mandat kepada Indonesia

image
Presiden Jokowi hadiri KTT Luar Biasa OKI dan Liga Arab di Riyadh dimana Indonesia dan beberapa negara lainnya diberi mandat untuk membantu proses politik menuju perdamaian Israel Palestina

ORBITINDONESIA.COM – Untuk menghentikan perang di Gaza Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan Liga Arab memberikan mandat kepada sejumlah negara salah satunya Indonesia untuk membantu memulai proses politik untuk mewujudkan perdamaian antara Israel dan Palestina.

Negara yang diberi mandat oleh OKI dan Liga Arab adalah Indoneisa, Saudi Arabia, Mesir, Yordania, Qatar Nigeria dan Turki dan hal ini.

Terkait Indonesia diberi mandat, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam pernyataan tertulis yang dirilis usai maengikuti KTT OKI tersebut mengatkan bahwa ini merupakan pengakuan OKI terhadap keaktifan atau kontribusi aktif Indonesia yang terus mencoba menyelesaikan masalah Palestina.

Baca Juga: Kehabisan BBM, RS Indonesia di Gaza Berhenti Operasional

“Paragraf 11 (dalam resolusi) ini merupakan pengakuan dari OKI terhadap keaktifan atau kontribusi aktif Indonesia yang terus mencoba menyelesaikan masalah Palestina, terutama akhir-akhir ini adalah situasi di Gaza,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi sebagaimana dilansir dari Antara.

Menurut Menlu Retno Marsudi resolusi tersebut berisikan 31 pesan OKI yang bernada kuat dan keras untuk menghentikan konflik Israel Palestina di Gaza.

Selain mengecam kekejian Israel di Gaza, para pemimpin OKI termasuk Presiden RI Joko Widodo juga mendesak Dewan Keamanan PBB untuk bertindak hasilkan resolusi sehingga kekejaman dapat segera diakhir, bantuan dapat masuk dan pentingnya mematuhi hukum internasional.

Baca Juga: Stasiun Kereta Cepat Whoosh Karawang Dipastikan Beroperasi Awal 2024, Begini Faktanya

OKI juga mengecam tindakan pemindahan paksa 1,5 juta warga Palestina dari utara ke Selatan Gaza yang sebagaimana Konvensi Jenewa ke 4 merupakan kejahatan perang.

“OKI juga mendesak DK PBB untuk mengeluarkan resolusi guna mengecam perusakan rumah sakit di Gaza oleh Israel,” kata Menlu Retno Marsudi.

KTT Luar Biasa OKI digelar bersamaan dengan KTT Liga Arab yang menyoroti situasi terkini diGaza.

Baca Juga: Beredar Video Alat Peraga Kampanye Prabowo-Gibran Gunakan Foto Sandiaga Uno, Begini Responsnya

Keberlangsungan KTT OKI dan Liga Arab ini dinilai sangat penting untuk menunjukkan solidaritas negara negara anggota OKI untuk menemukan upaya tambahan agar kekejaman Israel terhadapa Palestina dapat segera dihentikan. ***

 

Berita Terkait