DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

MENGERIKAN: Seorang Ilmuwan Mengatakan, Singularitas Akan Terjadi pada 2031

image
Ilustrasi Artificial Intelligence atau AI.

ORBITINDONESIA.COM - Seorang ilmuwan mengatakan, Singularitas akan terjadi pada tahun 2031

“Singularitas”, yaitu momen ketika kecerdasan buatan atau AI tidak lagi berada di bawah kendali manusia, tinggal kurang dari satu dekade lagi—menurut salah satu pakar AI.

Semakin banyak sumber daya yang dikerahkan untuk mewujudkan kecerdasan umum buatan dan mempercepat pertumbuhan AI. Perkembangan AI juga datang dari berbagai sektor, mendorong kemajuan teknologi lebih cepat dari sebelumnya.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Baca Juga: Tottenham Hotspur Kena Comeback Wolves Jelang Akhir Laga di Pekan ke 19 Liga Inggris

Setidaknya ada satu pakar yang meyakini bahwa “singularitas”—momen ketika kecerdasan buatan melampaui kendali manusia—hanya tinggal beberapa tahun lagi. Angka tersebut jauh lebih pendek dibandingkan prediksi saat ini mengenai garis waktu dominasi AI, terutama mengingat dominasi AI tidak dapat dipastikan.

Ben Goertzel, CEO SingularityNET—yang memegang gelar Ph.D. dari Temple University dan pernah bekerja sebagai pemimpin Humanity+ dan Artificial General Intelligence Society—mengatakan kepada Decrypt bahwa dia yakin kecerdasan umum buatan (AGI) akan terjadi tiga hingga delapan tahun lagi.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

AGI adalah istilah untuk AI yang benar-benar dapat melakukan tugas sama baiknya dengan manusia, dan ini merupakan prasyarat untuk singularitas yang akan segera menyusul.

Percaya atau tidak, tidak ada tanda-tanda dorongan AI akan melambat dalam waktu dekat. Model bahasa besar seperti Meta dan OpenAI, serta fokus AGI dari xAI Elon Musk, semuanya berupaya keras untuk mengembangkan AI.

Baca Juga: Kejutan Piala Dunia U17 2023: Argentina Takluk dari Senegal, Amara Diouf Jadi Pahlawan Kemenangan

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

“Sistem ini telah meningkatkan antusiasme dunia terhadap AGI,” kata Goertzel kepada Decrypt, “sehingga Anda akan memiliki lebih banyak sumber daya, baik uang maupun energi manusia—semakin banyak generasi muda yang cerdas ingin terjun ke dunia kerja dan mengerjakan AGI.”

Ketika konsep AI pertama kali muncul—pada awal tahun 1950an—Goertzel mengatakan bahwa pengembangannya didorong oleh militer Amerika Serikat dan dipandang terutama sebagai alat pertahanan nasional yang potensial.

Namun belakangan ini, kemajuan di bidang ini didorong oleh berbagai faktor pendorong dengan beragam motif. “Sekarang pertanyaan ‘mengapa’ menghasilkan uang bagi perusahaan,” katanya, “tetapi yang juga menarik, bagi artis atau musisi, hal ini memberi Anda alat yang keren untuk dimainkan.”

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Namun, untuk mencapai singularitas memerlukan lompatan yang signifikan dari titik pengembangan AI saat ini.

Baca Juga: Hasil Grup D Piala Dunia U17 2023: Sempat Terhenti Karena Hujan Jepang Sukses Tebas Polandia

Meskipun AI saat ini biasanya berfokus pada tugas-tugas tertentu, dorongan menuju AGI dimaksudkan untuk memberikan teknologi pemahaman dunia yang lebih mirip manusia dan membuka kemampuannya.

Ketika AI terus memperluas pemahamannya, AI semakin mendekati AGI—yang menurut sebagian orang hanya selangkah lagi dari singularitas.

Baca Juga: Jadi Juri Zayed Award 2024, Megawati Diwawancarai Radio Vatikan

Teknologinya belum ada, dan beberapa ahli memperingatkan bahwa kita sebenarnya sudah jauh dari yang kita perkirakan—kalau kita bisa mencapainya. Tapi pencariannya tetap berlangsung.

Musk, misalnya, menciptakan xAI pada musim panas 2023 dan baru-baru ini meluncurkan chatbot Grok untuk “membantu umat manusia dalam pencarian pemahaman dan pengetahuan,” menurut Reuters. Musk juga menyebut AI sebagai “kekuatan paling mengganggu dalam sejarah.”

Dengan banyaknya raksasa teknologi paling berpengaruh—Google, Meta, dan Musk—yang mengejar kemajuan AI, kebangkitan AGI mungkin akan semakin dekat daripada yang terlihat. Hanya waktu yang akan membuktikan apakah kita akan sampai di sana, dan apakah singularitas akan menyusul. ***

Berita Terkait