DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Mengenal Pesawat Latih TNI Super Tucano yang Jatuh di Lereng Gunung Bromo Pasuruan

image
Mengenal Pesawat Latih TNI Super Tucano yang Jatuh di Lereng Gunung Bromo Pasuruan

ORBITINDONESIA.COM- Pesawat milik TNI AU jatuh dikabarkan jatuh di lereng gunung Bromo, Pasuruan, Jawa Timur, Kamis 16 November 2023.

Pesawat milik TNI AU yang jatuh dikabarkan jenis pesawat latih Super Tucano.

Dikutip Orbit Indonesia dari laman resmi TNI AU, berikut spesifikasi pesawat Super Tucano. Pesawat Super Tucano yang dirilis dalam laman resmi tersebut yakni jenis EMB-314.

Baca Juga: Ada dua Pesawat Milik TNI AU yang Jatuh di Gunung Bromo, Hancur dan Terbakar

EMB-314 Super Tucano sejatinya merupakan pesawat latih lanjut yang berkemampuan COIN (Counter Insurgency) atau pesawat anti perang gerilya.

Dari desainnya, pesawat ini sangat pas untuk mendukung misi-misi pengintaian, close air support, dan penumpasan pemberontak.

Indonesia memiliki 16 pesawat EMB-314 Super Tucano yang dibeli Pemerintah Indonesia dari Brasil pada 2012 lalu yang di tempatkan di Skadron 21 Abd Malang.

Baca Juga: BREAKING NEWS: Pesawat TNI AU Jatuh di Gunung Bromo, Pasuruan

Armada baru ini bertugas menggantikan pesawat OV-10F Bronco yang kini telah di grounded karena usianya yang tua.

EMB-314 Super Tucano terdiri dari dua versi, tipe A-29ALX (kursi tunggal) dan AT-29B (kursi ganda).

Khusus versi kursi ganda juga dapat digunakan sebagai elemen pesawat latih lanjut, dan versi inilah yang dimiliki oleh TNI AU.

Baca Juga: PROFIL LENGKAP Dokter Qory yang Viral di Twitter X, Nama Lengkap, Pendidikan, Pekerjaan, Alamat, dan Ciri-cirinya

EMB-314 Super Tucano merupakan hasil pengembangan pesawat latih EMB-312 Tucano yang dirilis pertama kali oleh Embraer pada tahun 1983. EMB-314 Super Tucano sendiri baru diluncurkan pada tahun 1992.***

Berita Terkait