DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Deplu AS Setujui Penjualan Sistem Senjata Tomahawk ke Jepang

image
Ilustrasi rudal jelajah Tomahawk yang dijual ke Jepang.

ORBITINDONESIA.COM - Departemen Luar Negeri AS telah mengambil keputusan untuk menyetujui kemungkinan Penjualan Sistem Senjata Tomahawk dan peralatan terkait kepada Pemerintah Jepang dengan perkiraan biaya sebesar $2,35 miliar.

Badan Kerja Sama Keamanan Pertahanan menyampaikan sertifikasi yang diperlukan dan memberi tahu Kongres tentang kemungkinan penjualan ke Jepang.

Pemerintah Jepang telah meminta untuk membeli hingga 200 Tomahawk Block IV All Up Rounds (AURs) (RGM-109E); hingga 200 AUR Tomahawk Blok V (RGM-109E); dan 14 Sistem Pengendalian Senjata Tomahawk Taktis (TTWCS).

Baca Juga: Bursa Transfer Liga 1: Resmi, Rizky Pellu CLBK dengan PSM Makassar

Baca Juga: Hasil Grup F Piala Dunia U17 2023, Kalahkan Selandia Baru Meksiko Kubur Mimpi Timnas Indonesia ke Babak 16 Besar

Juga termasuk dukungan untuk Tomahawk Weapon System (TWS), All Up Round, Tactical Tomahawk Weapon Control Systems (TTWCS) dan Mission Distribution Software Suite Centers (MDSSC).

Serta kontainer; studi kelayakan; perangkat lunak; perangkat keras; pelatihan; pemeliharaan rudal yang tidak terjadwal; suku cadang; dukungan dalam layanan; peralatan komunikasi; uji terbang operasional; publikasi; keteknikan dan keahlian teknis untuk menjaga kemampuan TWS.

Baca Juga: Ingin Berkebun Tapi Halaman Sempit, Ini Tips Budidaya Kangkung dengan Sistem Hidroponik

Juga rekayasa yang tidak berulang; angkutan; dan elemen logistik dan dukungan program terkait lainnya. Perkiraan total biaya adalah $2,35 miliar.

Usulan penjualan ini akan mendukung tujuan kebijakan luar negeri dan tujuan keamanan nasional Amerika Serikat dengan meningkatkan keamanan sekutu utama yang menjadi kekuatan stabilitas politik dan kemajuan ekonomi di kawasan Indo-Pasifik.

Baca Juga: Timnas Indonesia Dipastikan Tersingkir dari Piala Dunia U17 2023 Setelah Terdepak Dari Empat Besar Peringkat Tiga Terbaik

Baca Juga: Kemenkumham DKI Gelar Diseminasi Penjaringan Calon Pemberi Bantuan Hukum, Ibnu Chuldun: Semangat Mengabdi

Penjualan yang diusulkan ini akan meningkatkan kemampuan Jepang dalam menghadapi ancaman saat ini dan masa depan dengan menyediakan rudal permukaan-ke-permukaan konvensional jarak jauh dengan jangkauan serangan yang signifikan sehingga dapat menetralisir ancaman yang semakin besar.

Jepang tidak akan mengalami kesulitan untuk menyerap barang-barang tersebut ke dalam angkatan bersenjatanya. Usulan penjualan peralatan dan dukungan ini tidak akan mengubah keseimbangan dasar militer di wilayah tersebut.

Kontraktor utamanya adalah Raytheon, Tucson, AZ. Tidak ada perjanjian penggantian kerugian yang diusulkan sehubungan dengan potensi penjualan ini.

Baca Juga: Piala AFF U19: Kalahkan Filipina 5-1, Peluang Indonesia ke Semifinal Tetap Terbuka

Implementasi usulan penjualan ini tidak memerlukan penugasan tambahan dari Pemerintah AS atau perwakilan kontraktor ke Jepang. Tidak akan ada dampak buruk terhadap kesiapan pertahanan AS akibat usulan penjualan ini.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia U17 2023: Burkina Faso Bikin Korea Selatan Alami Kekalahan Ketiga di Fase Grup E

Uraian dan nilai dolar adalah untuk perkiraan kuantitas dan nilai dolar tertinggi berdasarkan persyaratan awal. Nilai dolar sebenarnya akan lebih rendah tergantung pada persyaratan akhir, otoritas anggaran, dan perjanjian penjualan yang ditandatangani, jika dan ketika telah disepakati. ***

Berita Terkait